3+ Cara Optimasi Website Toko Online dengan SEO

Friday, December 6, 2019

Rumah Sejuta Martabak Campbeltown PA28 6RF, Great Britain


Memiliki sebuah website toko online tidak menjamin usaha kamu akan diminati banyak orang. Walau langkah tersebut termasuk usaha yang perlu dilakukan agar produk yang kamu punya bisa terjual lebih banyak, memiliki toko online dengan web hosting murah saja tidak cukup. Masih ada sejumlah PR yang harus dikerjakan agar lebih banyak pembeli berkunjung ke website kamu.

Selain pemilihan daftar domain dan hosting di layanan yang tepat, salah satu usaha yang menjadi kunci sukses meningkatnya jumlah pengunjung ke website toko online kamu, adalah SEO. Search Engine Optimization, atau yang biasa disebut dengan SEO, adalah langkah untuk membuat website kamu berada di halaman pertama mesin pencari, seperti Google.

Jika kamu memperlakukan website toko online hanya sebagai sebuah etalase toko, sampai kapan pun Google tidak akan menggubris keberadaan website kamu. Website toko online yang layak bersaing di halaman pertama Google tidak hanya website dengan produk yang unik, tetapi juga konten yang menarik dan informatif bagi para peminat produk tersebut.

Baca juga: Cara Mendesain Website bagi Pemula dengan 5 Langkah Mudah
Maka dari itu, ada beberapa praktik SEO yang bisa kamu manfaatkan untuk menaikkan peringkat website toko online kamu dan membuatnya berada di halaman pertama Google. Praktik tersebut merupakan perpaduan antara struktur website, content marketing, serta on-page dan off-page SEO. Berikut 5 cara optimasi website toko online dengan SEO yang bisa kamu coba:

Keyword Research

Walaupun terdengar tipikan, pencarian keyword atau kata kunci merupakan dasar dari kinerja SEO secara keseluruhan. Saat mencari informasi di Google, kamu pasti memasukan kata kunci tertentu untuk mencari apa yang kamu butuhkan.

Misalnya kamu ingin mencari toko buku dengan harga murah di area Bandung, kamu bisa mencarinya dengan mengetik “toko buku murah Bandung” di mesin pencari. Untuk itu, sebagai pemilik website toko online pun kamu juga perlu melakukan riset untuk keyword yang berkaitan dengan produk kamu. Namun, bagaimana cara mengetahui keyword apa yang tepat?

Baca juga: 5 Cara Membangun Bisnis Online Rumahan untuk Pemula
Ada beberapa indikator yang bisa kamu gunakan dalam pencarian kata kunci. Indikator tersebut meliputi volume pencarian yang memperlihatkan potensi traffic yang akan didapat, tingkat kekuatan website dalam mesin pencarian, dan intensitas kata kunci yang digunakan.

Jika tepat dalam mengelola kombinasi dari ketiga indikator tersebut, peningkatan jumlah pengunjung pun akan semakin besar kemungkinannya. Tidak perlu terlalu memaksa untuk menggunakan kata kunci yang terlalu banyak dicari. Pemanfaatan long tail keyword bisa jadi lebih efektif untuk membuat konten kamu mudah ditemukan di halaman pertama Google.

Gunakan Produk Sebagai Keyword di Judul

Pada saat kamu sudah memiliki draf konten yang ingin dipublikasikan dan kata kunci yang ingin digunakan, langkah selanjutnya adalah melakukan on-page SEO. Pada langkah ini, kamu perlu menyebarkan kata kunci yang sudah didapatkan di beberapa “titik” penting suatu konten. Salah satu titik yang tidak boleh terlewat adalah judul konten.

Pada saat membuat judul konten, kamu harus memastikan bahwa judul yang dibuat benar-benar efektif untuk menarik perhatian pengunjung website. Jika ingin menjual suatu produk, jangan lupa untuk menyertakan nama produk tersebut pada judul konten yang akan diterbitkan. Sehingga, nama produk tersebut termasuk dalam kata kunci yang ditulis dalam format H1.

Baca juga: Sebuah Momentum
Dengan mencantumkan nama produk pada judul konten, para pengunjung website pun akan mengerti produk apa yang kamu jual di dalamnya. Maka apabila kamu menjual satu jenis produk saja di website toko online, kamu hanya perlu menuliskan nama variannya saja. Namun jika kamu menjual beberapa jenis produk, judul tersebut harus berupa nama brand produk dan variannya.

Sematkan Keyword pada Nama Dokumen dan URL

Dalam pembuatan suatu konten, dokumen di dalamnya juga menjadi aspek penting yang tidak boleh dilupakan. Adanya dokumen pendukung mampu membuat pengunjung bertahan lebih lama pada saat mengakses website kamu dan lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Sehingga, penambahan dokumen pendukung mutlak dilakukan dalam pembuatan suatu konten.

Itulah mengapa, layaknya sebuah judul, penamaan dokumen pun juga harus menggunakan keyword yang sudah ditentukan. Sama seperti judul, nama produk dan variannya pun perlu disematkan ke dalam nama dokumen. Hal ini juga menjadi faktor yang diperhitungkan Google untuk mendahulukan konten kamu untuk muncul di peringkat awal.

Baca juga: Sesuatu yang Lain
Tidak perlu ribet dalam menamai dokumen yang akan kamu gunakan sebagai “bumbu” konten yang akan dibuat. Cukup namai file tersebut secara padat, singkat, dan jelas. Jika nama file terdiri lebih dari satu kata, kamu harus memisahkannya dengan tanda (-) untuk memudahkan Google dalam membaca nama dokumen yang kamu sertakan. Contohnya: buku-today-i-am-grateful.jpeg

Selain nama dokumen, keyword pun perlu disematkan pada URL atau permalink. Google akan melakukan indexing lebih mudah apabila kamu menggunakan keyword yang sama dengan yang sudah kamu cantumkan di judul dan nama dokumen. Sehingga jika kamu sudah menyelesaikan draf konten tersebut, jangan lupa untuk mengubah link sesuai dengan keyword yang digunakan.

Tambahkan Review Produk

Jika sudah membuat konten untuk produk-produk yang ada di dalam website toko online kamu, langkah selanjutnya adalah menambahkan review produk. Review yang ditambahkan harus murni dari para pelanggan yang sudah membeli dan menggunakan produk kamu. Metode ini akan sangat berpengaruh pada SEO website toko online kamu.

Selain akan membuat pekerjaan kamu dalam membuat konten menjadi lebih ringan, cara ini juga akan mempengaruhi aspek marketing di dalam website kamu. Penambahan review ini bisa menjadi alternatif tambahan konten yang menguntungkan, terutama bagi kamu sebagai pemilik toko online.

Baca juga: Milenial, Profesional
Dengan memberikan freebies, pelanggan biasanya akan lebih tertarik untuk memberikan reviewnya. Melalui review tersebut, kamu bisa menahan pelanggan untuk menghabiskan waktu lebih lama di website toko online kamu.

Review juga menjadi aspek yang diperhitungkan calon pelanggan lain untuk meyakinkan mereka dalam memilih produk yang diinginkan. Dengan begitu, mereka akan mengakses halaman tersebut lebih lama untuk mendapatkan penilaian mengenai barang yang ingin dibeli.

Kesimpulan
Optimasi website dengan SEO adalah salah satu cara yang menjadikan toko online kamu dikenal lebih banyak orang yang mencari produk melalui mesin pencarian seperti Google. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengusahakan langkah-langkah di atas secara rutin. Dengan begitu, website toko online kamu bisa lebih sering berada di halaman pertama Google.

No comments :

Post a Comment

Back to top
Copyright © 2020 N Firmansyah
Designed by Joanna Bogacz.