10 Film yang Mindblowing Abis



Setelah nonton film-film tentang dunia paralel dan menuliskannya dalam satu postingan, gue lanjut lagi menonton film dengan aliran yang nggak jauh-jauh dari situ.

Gue memang suka sama film yang bikin penontonnya ikutan mikir, meski gue juga harus bilang kalau gue juga menonton hampir semua jenis film termasuk yang memang cuma sebagai hiburan seperti film komedi atau petualangan.

Akhirnya gue pun terus mencari dan menonton film-film yang bisa bikin gue ikutan mikir biar otak gue ini juga kepake (otak gue jarang banget dipake mikir yang berat-berat soalnya, wkwk), dan gue pun dapat ide lagi buat bikin daftar 10 film yang mindblowing abis, seperti berikut ini:

#1 The Machinist (2001)


Sutradara       : Brad Anderson
Produksi         : Castelao Production
Genre              : Thriller, drama
Durasi             : satu jam empat puluh menit

Gue kenal Christian Bale pertama kali dari film ini ketika ia berperan sebagai Trevor Reznik, seorang pekerja atau ahli mesin di salah satu pabrik mesin yang ternyata saking seriusnya dia dengan pekerjaannya dia udah enggak tidur selama setahun lamanya.

Gue enggak tahu gimana caranya orang bisa enggak tidur selama setahun, soalnya gue enggak tidur dua hari aja rasanya udah lemas banget. Reznik ini, setiap dia ingin mencoba tidur atau ketiduran pasti ada aja yang mendistrak, dan gara-gara enggak bisa tidur itu pun dia jadi mulai berhalusinasi. Efek enggak bisa tidur ternyata seram.

Untuk pertama kalinya gue memilih mending nggak bisa bangun daripada nggak bisa tidur sehabis nonton The Machinist.

#2 Hide and Seek (2005)


Sutradara       : John Polson
Produksi         : 20th Century Fox
Genre              : Misteri, thriller
Durasi             : satu jam empat puluh menit

Premis film ini sebenarnya sederhana; seorang anak yang dibawa sama bokapnya ke rumah baru setelah nyokapnya meninggal karena bunuh diri di bathub. Sisanya, gue enggak paham.

Mungkin kalau film ini genrenya drama atau romansa, enggak akan gue tonton sampai habis karena pace-nya lumayan lambat. Namun karena genre misteri dan ada banyak thriller-nya, gue jadi suka. Dan kayaknya ini pertama kali gue nonton film dengan pace lambat tapi senang.

Yang main Robert de Niro dan Dakota Fanning pas masih anak-anak. Agak gemesin gimana gitu.

#3 Timecrimes (2007)


Sutradara       : Nacho Vigalondo
Produksi         : Carbo Vantas Entertainment
Genre              : Misteri, thriller
Durasi             : sejam setengah

Judul asli film ini adalah Los Cronocrimenes dan asalnya dari Spanyol, bukan dari Hollywood sana. Ceritanya juga tentang perjalanan waktu yang menciptakan dunia paralel dan mengakibatkan paradoks, tetapi gue memasukkannya ke dalam daftar ini karena gue cukup senang setelah nontonnya.

Gue cukup senang dengan cara film ini membuat gue pengin balik lagi ke adegan awal lagi dan lagi sampai beberapa kali setelah mengetahui apa yang sebenarnya terjadi hanya untuk melihat bagaimana adegan demi adegan disusun sedemikian rapi.

#4 The Box (2009)


Sutradara       : Richard Kelly
Produksi         : Radar Pictures
Genre              : Drama, thriller
Durasi             : Dua jam

Apa yang akan kalian lakukan kalau tiba-tiba ada orang asing datang ke rumah dan nanya, “tirai dua, atau sesuatu yang ada di kantong saya?”?

Kalau gue sih bakal bilang “KENA DEH!” sambil nyari kameranya ada di mana.

Di saat kondisi finansial Norma (Cameron Diaz) dan Arthur (James Marsden) sedang terpuruk, tiba-tiba datang seseorang yang mereka enggak kenal, bawain uang satu juta dolar dengan syarat: mereka mau menekan tombol yang ada di dalam kotak, dan dikasih waktu maksimal 24 jam.

Kalau mereka menekan tombol di dalam kotaknya, mereka akan dikasih uang itu tapi akibat dari perbuatan itu adalah akan ada orang yang tak dikenal oleh mereka yang mati. Masalahnya adalah, kalau mereka menolak, tombol itu akan direset dan ditawarkan ke orang lain yang berarti bisa saja mereka menjadi korban.

Kalau yang ini beneran mindblowing abis dari awal sampai akhir sih.

#5 Triangle (2009)


Sutradara       : Christopher Smith
Produksi         : UK Film Council
Genre              : Fantasy, thriller
Durasi             : sejam empat puluh

Perputaran cerita di film Triangle ini sebenarnya mirip dengan Timecrimes, bedanya Timecrimes menggunakan mesin waktu sebagai jembatan, sedangkan Triangle enggak. Dan Triangle dibumbui banyak adegan-adegan fantasi yang sama kayak di film Ghost Ship.

Keduanya menarik buat ditonton sih, terutama buat yang suka film yang banyak darah-darahnya. Gue suka Triangle karena sebenarnya enggak begitu banyak film menarik yang mengusung cerita seperti ini. Kayak waktu gue memilih 10 film tentang dunia paralel, sebenarnya ada sekitar tiga puluhan film dengan cerita itu, tapi enggak banyak yang menarik dari segi cerita.

#6 Shutter Island (2010)


Sutradara       : Martin Scorsese
Produksi         : Phoenix Pictures
Genre              : Thriller, drama
Durasi             : Dua jam lebih

Sebenarnya ini film psikologi sama kayak Hide and Seek sih. Gue enggak tau kenapa orang-orang Amerika sana hobi banget bikin film tentang gangguan mental kayak gini, tetapi kabar baiknya adalah filmnya selalu dibikin seru dan menegangkan.

Meski di film Shutter Island ini banyak adegan yang bikin gue ah-eh-ah-eh kenapa mesti ada adegan kayak gitu, tetapi ceritanya cukup bagus. Saking bagusnya, gue sampai bingung yang gila sebenarnya yang mana sampai akhirnya gue menemukan bahwa penontonlah yang gila.

Gue Googling gimana sebenarnya konklusi dari film ini dan ternyata banyak sekali orang yang memiliki pertanyaan sama, termasuk orang-orang di Hollywood sana juga. Gue tiba-tiba membayangkan ketika gala premiere film ini dan orang-orang sehabis nonton keluar dari studio dengan otak bernanah, menatap satu sama lain dengan kebingungan tingkat dewa.

#7 Enemy (2013)


Sutradara       : Denis Villeneuve
Produksi         : Entertainment One
Genre              : Thriller, misteri
Durasi             : Satu setengah jam

Kalau ada yang sudah nonton film ini, tolong kasih tau apa maksudnya. Kayaknya apa yang terjadi di akhir film ini klunya ada di bagian awal sih, tetapi gue udah dua kali nonton dan belum ngeh juga.

Di film ini diceritakan Adam Bell yang diperankan oleh Jake Gylenhaal bertemu dengan Anthony yang juga diperankan oleh Jake Gylenhaal. Adam Bell adalah seorang dosen sedangkan Anthony adalah aktor. Keduanya sudah beristri, tapi jangan khawatir karena kedua istrinya tidak diperankan oleh Jake Gylenhaal, kok.

#8 The Double (2013)


Sutradara       : Richard Ayoade (bukan saudaranya Ayokaka)
Produksi         : Alcove Entertainment
Genre              : Drama, misteri
Durasi             : Satu jam setengah lebih dikit

Salah satu film yang meskipun mindblowing tapi tetap menyenangkan untuk ditonton. Film ini bisa jadi motivasi untuk orang-orang yang mungkin pendiam atau penakut, atau suka enggak punya keberanian mengemukakan ide dan pendapat kepada atasan di tempat kerja.

Jadi film ini ceritanya ada dua orang yang kerja di kantor yang sama. Yang satu namanya Simon, yang kedua namanya James. Keduanya bernama lengkap Simon James, memiliki wajah yang sama persis tapi yang satu pendiam dan cenderung penakut sedangkan yang satu lagi ceria dan berani mengambil keputusan.

Dari film ini kita bisa mengambil contoh dampak yang akan terjadi ketika kita berani bersuara, dan dampak ketika kita diam saja padahal seharusnya bisa berbuat sesuatu.
Gue pribadi suka banget sih sama film ini.

#9 Filth (2013)


Sutradara       : Jon S. Baird
Produksi         : Steel Mill Pictures
Genre              : Drama, kriminal
Durasi             : Sejam setengah lebih dikit lah.

Salah satu film yang bikin gue mencari lebih banyak tentang film-film lain yang pernah dibintangi sama James McAvoy karena di sini aktingnya beliau kampret banget. Lalu kemudian gue menemukan Split yang jauh lebih gila.

Satu kata buat aktingnya Mas Avoy: DANCOK!

Jadi ceritanya Bruce Robertson (James McAvoy) yang berperan sebagai detektif ini punya kecanduan terhadap obat-obatan dan sering berhalusinasi sementara di saat yang sama ia ditugaskan untuk menangani kasus pembunuhan seorang berwarganegara Jepang. Lokasi filmnya sendiri di Skotlandia. Twsitnya enggak ketebak banget deh.

#10 Who Am I (2014)


Sutradara       : Baran bo Odar
Produksi         : Wiedemann & Berg Film
Genre              : Drama, kriminal
Durasi             : Hampir dua jam kayaknya

Ini adalah salah satu film terbaik yang pernah gue tonton sih. Sampai sekarang gue belum bisa mengetahui sebenarnya pelaku utama di film ini ada satu atau empat orang. Kalian yang udah nonton, menurut kalian pelakunya ada satu atau empat orang?

Who Am I bercerita tentang seorang hacker bernama Benjamin yang kemudian bertemu orang-orang yang mengajaknya membuat grup hacker (beda dengan grup WhatsApp keluarga ya) yang lalu berkembang menjadi grup kriminal paling ditakuti di dunia, dunia nyata dan dunia maya.

Gara-gara nonton film ini, gue sempat punya keinginan untuk menjadi seorang hacker, tapi selalu mentok hanya bisa ngehack akun orang-orang yang pernah jadi pacar gue alias mantan. Kalau orang lain, selalu gagal.

DASAR HACKER SEGMENTED!

By the way, kalian punya film favorit yang mindblowing juga, enggak?

No comments:

Post a Comment