Extraception

via Pixabay on Pexels

Bentar lagi bulan ramadan, dan kalau sudah membahas bulan puasa gue selalu teringat sama acara ngabuburit dan buka bersama yang nggak pernah jadi-jadi. Biasanya percakapan di grup-grup kampus dan sekolah gue cuma mentok di kalimat-kalimat template kayak,

“Gue ngikut aja.”

“Kalau jadi kabarin gue aja ya.”

“Kalau A ikut, gue juga ikut.”

Dan kalimat-kalimat sejenis yang pada akhirnya nggak pernah di-follow up karena mereka masing-masing lebih memilih buat menghabiskan waktu bersama pacar, gebetan, hewan peliharaan, atau orangtua di rumah.

Gue sendiri lebih memilih menghabiskan waktu di depan kulkas. Ngadem. Soalnya pas bulan Ramadan cuaca pasti panas banget sedangkan iman cacing-cacing di perut gue lemah.

Selain ngabuburit dan buka bersama sebenarnya ada satu hal di keluarga gue yang jadi hal wajib setiap Ramadan tiba. Ya, betul. Pakaian baru. Pokoknya kalau udah H-7 lebaran, adik dan ponakan-ponakan gue udah harus punya pakaian baru mulai dari baju, celana, sandal, sepatu, sampai anu. Kaos kaki.

Kalau kayak tahun-tahun sebelumnya, berarti gue harus menemani adik dan ponakan-ponakan gue yang jumlahnya hampir sebanyak satu klub futsal beserta pemain cadangannya.

Dan juga menanggung bayarannya.

Jadi nggak ada itu istilah Ramadan Ekstra Hemat buat gue. Gue nggak bisa menghemat tenaga, pun isi dompet. Kadang malamnya gue nangis ketika liat mutasi rekening di gadget, namun gue berusaha untuk tetap tegar seperti judul lagu Rossa.

Untungnya sekarang belanja kebutuhan Ramadan udah bisa daring alias online. Kali ini, gue pengin memanfaatkan momen bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia. Kebetulan kemarin gue habis baca-baca tips belanja daring hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di sana.

Bandingkan harga setiap toko daring di Tokopedia

Memiliki banyak toko daring berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja daring saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu menggunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, salah satu e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kamu di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

Cari toko daring terdekat

Saat berbelanja daring, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (Ini dilema banget kalau mau beli barang yang harganya lebih mahal dari ongkirnya, untung ponakan gue banyak #LAH). Pilihlah toko daring yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kamu untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kamu bisa mengetahui lokasi toko daring secara detail sehingga kamu dapat memilih toko daring dengan lokasi terbaik.

Pilih cara pembayaran yang tepat

Salah satu kemudahan berbelanja daring di Tokopedia ada dalam hal pembayaran. Berbagai metode pembayaran bisa kamu gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja daring, bosque.

Pilih metode pengiriman paling efisien

Dalam melakukan pengiriman barang yang kamu beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi daring. Dalam memilih metode pengiriman ini, kamu bisa membandingkan biaya ongkos kirim terbaik di antara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja daring kamu.

Manfaatkan promo dan diskon

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kamu dalam berbelanja daring. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kamu gunakan untuk buat Ramadan yang makin Ekstra.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja daring “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja daring di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial?

Gue juga masih penasaran. Kita tunggu aja apa kejutan dari Tokopedia di Ramadan Ekstra terutama tanggal 25 Mei nanti. Pokoknya Ekstranya lebih Ekstra dan berisi Extra yang makin ekstra alias Extraception!

Catatan: Gue sengaja menggunakan kata "daring" alih-alih "online" untuk mengenalkan kosakata baru dalam bahasa Indonesia.

No comments:

Post a Comment