Kenali False Alarm Keuangan Darurat beserta Solusinya, di Sini!




Cara investasi Reksadana pada zaman maju seperti sekarang ternyata makin mudah. Kamu bisa melakukan investasi lewat aplikasi online secara praktis tanpa ribet. Investasi ini nantinya bisa kamu jadikan sebagai simpanan dana darurat dan dapat dimanfaatkan kapan saja kamu butuhkan.

Bicara soal dana darurat, kamu pasti tahu bahwa ini adalah salah satu kewajiban alokasi dana yang penting untuk diperhatikan. Dana darurat akan membantu menjaga kondisi keuangan tetap stabil. Hanya saja, masih banyak orang yang tidak mengelola dana darurat dengan benar. Bahkan banyak yang tidak menyadari adanya false alarm dalam pengelolaan dana tersebut.

Apa Itu False Alarm Dana Darurat?


Mari berkenalan dulu dengan false alarm dalam pengelolaan dana darurat. Sesuai namanya, ini merupakan sebuah alarm atau sinyal yang salah. Dalam hal ini bisa diartikan bahwa ada sinyal pemakaian dana darurat yang kurang tepat. Jadi kamu menggunakan dana darurat tersebut bukan pada tempatnya–bukan dalam situasi yang memang darurat.

False alarm dalam pengelolaan dana darurat ini sangat berbahaya. Kamu bisa saja menghabiskan dana darurat untuk kebutuhan yang padahal bisa ditunda dan bukan masuk kategori darurat. Kalau sudah begini, kamu pasti akan bingung saat kondisi darurat yang sesungguhnya tiba. Pada akhirnya, finansial jadi tidak stabil karena kesalahan tadi.

Saat ada tanda situasi darurat, perhatikan baik-baik. Jangan langsung mengeluarkan dana untuk kebutuhan tersebut. Lihat apakah itu memang menjadi kebutuhan atau tidak. Perhatikan lagi apakah memang harus dipenuhi sekarang, atau masih memungkinkan untuk ditunda.

Lebih mudahnya, kamu bisa melihat apakah hal tersebut akan berpengaruh pada hidup kamu dalam jangka waktu singkat atau panjang. Jangan menjadikan dana darurat sebagai tameng bagi kamu untuk memenuhi hasrat pribadi yang tidak masuk kategori darurat.



Cara Efektif Mengatur Dana Darurat


Dibutuhkan langkah yang tepat untuk mengelola dana darurat agar tidak terjebak dalam false alarm tadi. Tentu sangat disayangkan jika kamu selalu terjebak dalam kondisi tersebut. Bisa saja uang tabungan dan dana darurat kamu habis dalam sekejap untuk memenuhi kebutuhan yang tidak begitu penting. Berikut ini beberapa cara efektif yang bisa diterapkan dalam mengatur dana darurat:

Simpan di Rekening Terpisah


Letakkan dana darurat kamu di rekening terpisah. Ini adalah prinsip penting yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Sediakan akun rekening khusus untuk menyimpan dana darurat. Dana ini memang tidak seharusnya diletakkan di akun rekening yang kamu pakai untuk memenuhi kebutuhan transaksi sehari-hari.

Jika kamu menyimpan dana darurat di rekening terpisah, maka kecil kemungkinan dana tersebut akan terpakai. Apalagi jika kamu sudah punya prinsip untuk tidak menyentuh dana di rekening tersebut.

Pahami Kondisi Darurat Versi Kamu


Kamu harus paham kondisi darurat seperti apa yang mengharuskan kamu memakai dana darurat. Tentu setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda mengenai kondisi darurat ini. Kamu bisa menentukan kondisi darurat menurut versi kamu sendiri dan jadikan hal tersebut sebagai pedoman.

Jangan menggunakan dana darurat untuk situasi yang tidak masuk kategori darurat versi kamu. Bahkan jika orang lain menganggapnya darurat sekalipun, jika menurut kamu belum masuk kategori tersebut, maka tidak perlu dipikirkan lebih jauh.

Disiplin Adalah Kuncinya


Salah satu kunci penting dalam mengelola dana darurat adalah disiplin. Kamu harus disiplin menyisihkan dana darurat dari total uang yang kamu miliki. Selanjutnya, kamu juga harus menjaga kedisiplinan dalam mengelola uang tersebut. Jika sudah berkomitmen untuk menyisihkan dana darurat, maka harus siap disiplin dalam mengelolanya.

Investasikan Dana Darurat


Ada satu cara efektif untuk menyimpan dana darurat tanpa khawatir terus berkurang, yaitu dengan berinvestasi. Jika kamu meletakkan dana darurat ke instrumen investasi, nilainya justru bisa terus bertambah. Ini menjadi sebuah cara tepat untuk menyimpan dana darurat dengan aman dan efektif.

Kamu bisa melakukan investasi ke beberapa jenis instrumen. Tinggal dibedakan saja mana investasi jangka pendek dan jangka panjang sehingga kebutuhan dana darurat kamu makin lengkap. Saat dibutuhkan, kamu bisa langsung melakukan penarikan, dan jika tidak dibutuhkan dana bisa tetap disimpan agar terus bertumbuh jadi makin banyak.

Mulailah Investasi Reksadana bersama digibank by DBS


Dana darurat bisa dialokasikan dalam bentuk investasi. Mulailah berinvestasi dalam bentuk instrumen Reksadana bersama digibank by DBS. Cara investasi Reksadana di sini sangatlah mudah dan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa kamu nikmati jika berinvestasi Reksadana di aplikasi digibank by DBS:

  • Modal investasi mulai dari Rp100 ribu saja
  • Transaksi pembelian Reksadana berkala lebih fleksibel
  • Tersedia 3 kategori yaitu Reksadana kinerja terbaik, scoring terbaik, dan terpopuler
  • Menawarkan lebih dari 50 produk Reksadana
  • Bisa daftar SID (Single Investor Identification), jual, beli, sekaligus switch Reksadana di satu aplikasi mobile.

Nikmati keuntungan investasi Reksadana bersama aplikasi digibank by DBS sekarang juga. Di sini kamu bisa merasakan kemudahan dalam berinvestasi. Dana investasi tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai dana darurat demi menjaga stabilitas finansial pada masa yang akan datang. Jadi jangan ragu untuk memulai investasi dari sekarang agar target finansial bisa tercapai.

Cara investasi Reksadana di aplikasi digibank by DBS sangat mudah dan modalnya juga terjangkau. Makin awal kamu memulai, makin mudah juga untuk mencapai target investasi yang diharapkan. Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk mendapat informasi lebih lengkap dan segera jalankan strategi investasi kamu.
Copyright © N Firmansyah
Founder of Artifisial Indonesia.