5 Manfaat Asuransi Kesehatan Rawat Jalan yang Wajib Kamu Ketahui



Memiliki asuransi kesehatan rawat jalan punya banyak manfaat, salah satunya melindungi kamu dan keluarga kamu dari kerugian finansial dengan cara yang sama seperti asuransi rumah atau mobil. Bahkan jika kamu dalam keadaan sehat, kamu tidak pernah tahu kapan akan mengalami kecelakaan atau sakit. Perjalanan ke rumah sakit bisa jauh lebih mahal dari yang kamu duga.


Namun, dengan asuransi rawat jalan, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum dan spesialis secara online maupun tatap muka. Ini adalah salah satu manfaat memiliki asuransi kesehatan rawat jalan. Kesehatan itu sangat penting, oleh karena itu memiliki asuransi kesehatan sama pentingnya dengan menjaga tubuh kamu tetap sehat dan bugar.


Apa Itu Asuransi Rawat Jalan?

Asuransi rawat jalan adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan dengan menjamin konsultasi dengan dokter umum dan spesialis, baik secara online maupun janji temu dan pembelian obat yang diresepkan.


Rawat jalan adalah layanan medis yang dilakukan tanpa harus tinggal di rumah sakit. Jenis layanan ini cenderung lebih murah karena perawatannya lebih sedikit dan tidak memerlukan kehadiran pasien secara terus-menerus di rumah sakit.


Sebagian besar polis asuransi kesehatan berkualitas dengan tunjangan rawat jalan memberikan pertanggungan untuk layanan umum berikut:

  1. Konsultasi dokter umum
  2. Konsultasi spesialis
  3. Obat resep
  4. Pemindaian dan tes diagnostik
  5. Peralatan dan perlengkapan medis


Beberapa polis memiliki batas manfaat terpisah untuk pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi yang tidak terkait dengan gejala yang ada. Ada peringatan dan pengecualian lain yang khusus untuk paket individu. Sebagian besar perusahaan menyediakan tabel manfaat yang menjelaskan apa saja yang tercakup, apa yang tidak tercakup, dan rujukan atau persyaratan lainnya. Pastikan untuk membaca polis kamu dengan teliti.


Manfaat Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Kesehatan kamu adalah aset yang paling berharga. Dengan rencana asuransi kesehatan yang baik, kamu membantu melindungi kesehatan dan masa depan keuangan kamu dan keluarga kamu seumur hidup. Jadi, pastikan kamu memiliki asuransi kesehatan rawat jalan. Berikut beberapa manfaat asuransi kesehatan:


#1 Memberikan Perlindungan Kesehatan

Tidak ada yang bisa memprediksi kapan kita akan sakit. Untuk memberikan perlindungan terhadap risiko kesehatan, maka memiliki asuransi kesehatan sangat penting. Ketika kamu sakit, asuransi dapat menanggung biaya konsultasi atau biaya berobat. Hal ini memungkinkan pemegang polis untuk mengambil tindakan cepat untuk pergi konsultasi dengan dokter.


Asuransi kesehatan adalah akses ke jaringan dokter dan rumah sakit, dan sumber daya lain untuk membantu kamu tetap sehat. Dengan asuransi kesehatan rawat jalan, kamu akan menemukan bantuan yang kamu butuhkan dari dokter umum maupun spesialis. Serta, mendapatkan ketenangan pikiran dan lebih sedikit kekhawatiran karena kamu tau kamu terlindungi. Akses ke informasi perawatan dan kesehatan yang terjangkau membuat kamu tetap sehat.


#2 Menjaga Kestabilan Finansial

Kamu tidak dapat memprediksi kapan masalah medis dapat terjadi pada kamu atau keluargamu. Jika kamu memiliki asuransi kesehatan rawat jalan, dan kamu melakukan konsultasi dengan dokter, maka  perusahaan asuransi kamu akan mengurus tagihan medis sementara kamu dapat berkonsentrasi pada proses perawatan jalan.


Kesehatan adalah aset yang sangat berharga dari apa pun, dan jika kamu sakit itu bisa membutuhkan biaya yang besar. Itu karena perawatan medis bisa mahal. Tidak heran banyak yang kehilangan banyak uang untuk biaya pengobatan apabila mereka tidak memiliki asuransi kesehatan.


Orang-orang yang memiliki asuransi kesehatan lebih tenang karena memiliki perlindungan terhadap kesehatan dan keuangannya. Saat kondisi kesehatan bermasalah, mereka bisa melakukan pengobatan tanpa dipusingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan pada saat pengobatan.


#3 Tenangkan Pikiran Kamu

Ingat, keadaan darurat medis dapat terjadi kapan saja, terlepas dari kesehatan kamu saat ini atau gaya hidup kamu. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan dan melindungi keluarga dan diri kamu dari situasi medis yang tidak terduga. Pastikan bahwa kamu dan keluarga kamu tetap terlindungi secara finansial untuk menghadapi risiko terkait kesehatan yang bisa jadi masalah.


Asuransi kesehatan rawat jalan adalah pilihan terbaik untuk melindungi kesehatan kamu. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum maupun spesialis saat kamu merasa kurang sehat. Konsultasi dengan dokter bisa dilakukan secara online atau bisa janji temu.


#4 Perlindungan dalam Keadaan Darurat

Kunjungan rawat jalan terjadi lebih banyak daripada rawat inap, jadi meskipun biaya setiap kunjungan rawat jalan tidak dapat disangkal lebih rendah, kunjungan tersebut jauh lebih sering terjadi. Selain itu, ketika seseorang mengambil asuransi kesehatan rawat jalan, mereka cenderung pergi ke dokter lebih sering daripada biasanya.


Saat kamu merasa kesehatan kamu bermasalah, kamu bisa segera konsultasi dengan dokter. Ini bisa kamu lakukan tanpa harus datang langsung ke klinik atau rumah sakit. Kamu bisa konsultasi dan diberikan resep obat sesuai dengan keluhan kesehatan kamu.


#5 Kemudahan Mendapatkan Fasilitas Kesehatan

Perawatan rawat jalan dapat mencakup layanan rutin, seperti pemeriksaan, dan proses penyembuhan. Asuransi kesehatan rawat jalan berperan penting di sini. Bayangkan jika kamu melakukan rawat jalan secara rutin dan kamu tidak memiliki asuransi rawat jalan, maka setiap konsultasi dengan dokter, kamu akan terus mengeluarkan uang.


Namun, jika memiliki asuransi rawat jalan, kamu tidak perlu memikirkan biaya konsultasi dan pembelian obat yang diresepkan. Karena ini akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi rawat jalan setiap kamu melakukan konsultasi dengan dokterbaik dokter umum maupun spesialis.


Jadi, apakah kamu sudah memiliki asuransi kesehatan rawat jalan? Jika belum dan kamu peduli dengan kesehatan kamu, maka membeli asuransi kesehatan rawat jalan perlu kamu lakukan sekarang.


Kamu bisa membeli asuransi kesehatan rawat jalan Garda Healthtech yang memberikan perlindungan dan jaminan konsultasi dengan dokter umum dan spesialis secara online dan tatap muka serta pembelian obat yang diresepkan.

Copyright © N Firmansyah
Founder of Artifisial Indonesia.