Ingin Kuliah Jurusan Musik? Berikut 4 Universitas Terbaiknya



Pinjaman bank bisa menjadi salah satu opsi untuk menyokong biaya pendidikan yang kian mahal. Apalagi untuk jurusan seni seperti musik, tentu membutuhkan lebih banyak dana.

Bagi orang yang memang melihat musik sebagai sesuatu yang lebih dari sekadar hobi, dan hendak meniti karir di dunia seni musik tentu perlu menempuh pendidikan tinggi. Sekolah musik dengan kualitas terbaik masih terpusat di luar negeri, dan di sini akan dibahas rekomendasi universitas musik terbaik yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu.

4 Universitas Terbaik di Dunia untuk Mendalami Musik


Bagi kamu ataupun anggota keluarga yang hendak melanjutkan pendidikan di sekolah musik, tentu sudah menyiapkan berbagai hal. Apalagi dengan fakta bahwa kuliah musik merupakan salah satu yang termahal. Apabila dana yang disiapkan belum mencukupi, kamu bisa mengajukan pinjaman bank untuk membiayai application ke universitas musik impian kamu. Berikut daftarnya, manakah yang jadi tujuan kamu?

Royal College musik (RCM)


RCM berlokasi di London, dan merupakan salah satu universitas musik terbaik yang ada di dunia. Berdiri sejak tahun 1882, RCM menempati ranking kedua terbaik di dunia setelah The Juilliard School. Sementara di Eropa sendiri, RCM menempati ranking 1 sebagai universitas terbaik dengan jurusan performing arts.

Komposer ternama seperti Vaughan Williams merupakan alumni dari lembaga ini. Begitu juga dengan konduktor Leopold Stokowski dan Sir Roger Norrington. Jika kamu hendak melanjutkan pendidikan musik di RCM, kamu perlu menyiapkan dana Rp300 jutaan tiap tahunnya untuk membayar tuition fees.

Conservatoire de Paris


Menjadi salah satu sekolah musik yang tertua di dunia, Conservatoire de Paris menjadi pusat inovasi pendidikan musik dunia. Berdiri sejak 1795, persaingan untuk bisa menjadi mahasiswa di sini bisa dibilang sangat ketat. Sekolah ini dikabarkan hanya menerima sekitar 30 siswa setiap tahunnya, atau persentase penerimaannya hanya 3%.

Jika telah memiliki bakat luar biasa dan banyak portofolio, tentu tak ada salahnya untuk menjajal sekolah ini. Dana yang diperlukan untuk setiap tahunnya bisa mencapai angka ratusan juta. Dengan pinjaman dana di bank hingga Rp300 juta, kamu dapat membiayai pendaftaran pendidikan di Paris.


Berklee College of Music


Hal yang membuat Berklee berbeda dengan sekolah musik lainnya: kampus ini memiliki goal untuk mencetak artis yang berhasil merajai tangga lagu dengan kecakapan serta kepiawaian akan pop culture. Tak heran jika banyak alumni Berklee yang mendulang sukses di kancah musik internasional.

Mereka menjadi pionir di bidang orchestra dan komposisi musik klasik. Kebanyakan alumni juga fokus untuk berkarier di bidang pop, rock hingga genre modern yang lainnya. Untuk bisa menikmati pendidikan di Berklee, dibutuhkan hingga Rp300 juta untuk tuition fees per tahunnya.

The Juilliard School


Didirikan sejak 1905, akademi yang satu ini menjadi pemimpin dunia yang bersaing dengan RCM di jurusan performing arts. Tak cuma mengajarkan pendidikan musik, di sini ada juga dance dan drama. Alumni yang terkenal dari kampus ini adalah Audra McDonald, William Schuman, Kevin Spacey, dan banyak lagi.

Rata-rata pendaftar di universitas ini tiap tahunnya mencapai 1.400 siswa. Biaya yang dibutuhkan juga mencapai Rp300 juta per tahunnya.

Tips Bermanfaat untuk Memulai Pendidikan Musik


Bagi kamu yang mungkin sudah familiar dengan musik–ataupun instrumen musik dan ingin mengukuhkan kemampuan di institusi pendidikan resmi, kamu bisa menerapkan tips bermanfaat di bawah ini agar hasil lebih maksimal. Selain itu, juga supaya kamu dapat menikmati masa-masa terbaik sembari mengembangkan potensi di kampus impian.

Perbanyak Latihan


Latihan tidak cuma berlaku untuk permainan instrumen musik atau vokal saja, tetapi juga jenis karya atau bidang lainnya. Jika fokusnya di komposisi lagu, maka berlatihlah di bagian tersebut. Jika kritik musik, maka perlu memperbanyak menulis dan membaca banyak topik musik. Tingkat keterampilan kamu bisa terus ditambah dengan latihan yang rutin.

Percaya pada Kemampuan, Fokus pada Tujuan


Di tingkat pendidikan yang lebih tinggi, apalagi di universitas luar negeri, kamu tentu akan menjumpai banyak siswa lain dengan bakat yang mungkin luar biasa dan lebih beragam. Sebaiknya kamu tetap percaya diri dan fokus untuk selalu bertanggung jawab akan perkembangan diri serta tujuan pribadi.

Perbanyak Performance dan Kolaborasi


Penting untuk mengumpulkan portofolio sebanyak mungkin selagi mendapatkan banyak akses berada di universitas musik. Cobalah untuk perform dengan teman kuliah ataupun senior, bahkan berpartisipasi di pertunjukkan yang digelar pengajar kamu.

Memperbanyak kolaborasi juga dapat meningkatkan kemampuan serta skill komunikasi, tak luput juga memperluas jangkauan koneksi. Percayalah bahwa memiliki koneksi akan lebih memudahkan langkah kamu selanjutnya.

Wujudkan Pendidikan Musik dengan Pinjaman Dana di Bank


Tak perlu ragu untuk mewujudkan impian menempuh pendidikan tinggi musik di institusi ternama yang ada di luar negeri. Dengan memanfaatkan pinjaman bank produk DBS KTA, kamu bisa mendapatkan dana pendidikan hingga Rp300 juta.

Caranya cukup mudah, bagi kamu yang berdomisili di Jabodetabek dengan penghasilan bulanan minimal Rp5 juta dan memiliki kredit bank lain setidaknya limit Rp10 juta, bisa apply secara online. Siapkan NPWP dan e-KTP, cicilan fleksibel hingga 36 bulan tentu tak memberatkan dengan bunga flat mulai dari 0.88% saja per bulannya. Kamu bisa mendapatkan approval pinjaman hanya dalam 3-5 hari saja.

Tunggu apalagi? Dapatkan info lengkap tentang DBS KTA di sini https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page.
Copyright © N Firmansyah
Founder of Artifisial Indonesia.