Pengalaman Belajar di Harisenin.com Bootcamp Digital Marketing


Saya udah memulai menulis blog sejak tahun 2010 dan sempat mengalami masa di mana blog masih menjadi hal baru, media sosial muncul dan begitu diminati, blog dan media sosial berjalan beriringan, sampai akhirnya sekarang media sosial dengan berbagai format kembali muncul jadi raja.

Sebagai seorang blogger yang bekerja sebagai penulis konten, merangkap Social Media Specialist, dan kadang-kadang mengisi posisi sebagai Business Development, saya merasa enggak lengkap rasanya kalau enggak belajar dan mengerti mengenai Digital Marketing.

Bekerja di industri kreatif—terutama online—tapi enggak belajar soal Digital Marketing rasanya sama kayak makan sayur tanpa garam alias hambar. Karena itu, saya terus mencari tau platform atau website apa saja yang menyediakan kelas Digital Marketing dengan layanan dan harga terbaik.

Pertimbangan saya dalam memilih kelas Digital Marketing sangat sederhana.

Satu, tampilan website-nya sederhana, menarik, dan loading-nya cepat. Iya, dong? Di dunia yang serba digital dengan pengguna yang enggak sabaran ini, website yang skor GT Metrix-nya enggak ada di rentang A-C saya rasa akan sangat mudah ditinggalkan. Sebuah website yang fully loaded lebih dari tiga detik buat saya sudah terhitung lambat. Jadi, kecepatan sangat penting.

Dua, fitur dan harga transparan dan lengkap. Saya enggak mau liat banner dengan tulisan promo ini-itu, tapi pas bayar masih harus bayar pajak A dan B dan C, atau biaya tambahan lain yang enggak disebutkan di awal. Jadi, mending langsung kasih harga penuh aja di awal.

Tiga, pake feeling. Kadang saya udah berjam-jam mantengin sebuah website buat beli produk atau layanannya. Namun karena feeling-nya enggak dapat, sering saya urungkan transaksinya.

Sama halnya ketika saya lagi nyari kelas Digital Marketing. saya menemukan setidaknya tiga website: RevoU, Dibimbing, dan Harisenin.com. Secara tampilan, ketiganya sama-sama menarik. Dilihat dari skor di GT Metrix, RevoU dan Dibimbing punya skor D dan F, sedangkan Harisenin berada di grade C. Maka, saya langsung menjatuhkan fokus ke Harisenin Bootcamp Digital Marketing.



Secara harga, bootcamp yang ada di Harisenin cukup transparan. Begitu ngeklik kelas yang pengin saya ambil, daftar harga langsung terpampang berikut detail dan fasilitas yang akan didapatkan kalau ikut kelasnya. Menariknya, di Harisenin ada kelas yang bayarnya bisa dicicil.

Sampai di sini, poin satu dan dua sudah oke. Tinggal poin tiga. Hampir seharian saya scroll up-scroll down website-nya Harisenin buat nyari tau sebanyak mungkin tentangnya. Selain Digital Marketing, ada beberapa kelas lain yang juga tersedia:

UI/UX Design dan Product Management

Di kelas ini, kamu akan belajar dasar UI/UX Design dan Product Management, hingga essential skills yang harus kamu miliki termasuk cara membangun portofolio kalau kamu mau serius di bidang ini.

Full-Stack Web Developer

Di kelas ini kamu akan belajar hampir seluruh bahasa pemograman paling populer seperti HTML, CSS, Javascript, NodeJS dan ReactJS, bahkan ada silabus buat jadi pegangan selama mengikuti kelas atau bootcamp.

Auditor & Financial Analyst

Kelas ini menurut saya pembahasannya sangat sensitif karena menyangkut keuangan, di mana kondisi kesehatan keuangan perusahaan akan cukup bergantung pada hal ini. Kalau kamu ikut kelas ini, kamu akan belajar tentang Auditing dan Financial Analyzing dari dasar hingga advance.

Human Resources

Tentu saja kelas Human Resources juga ada untuk memastikan posisi HRD nantinya diisi oleh orang-orang yang tepat dan kompeten.

Tanpa berpikir lebih lama lagi, saya pun ikutan daftar bootcamp Digital Marketing.

Benefit Ikut Harisenin Bootcamp Digital Marketing


Selama mengikuti bootcamp Digital Marketing, saya paling tertarik saat pembahasan Content Marketing dan Search Engine Optimization. Kenapa? Karena dua hal ini yang paling dekat dengan pekerjaan saya. Dan tentu saja materinya sangat fresh.



Selain itu, ada beberapa benefit lain yang bisa kamu dapatkan kalau ikut Harisenin Bootcamp Digital Marketing:

  • Pelatihan 1-on-1 dan langsung dengan ahlinya.
  • Garansi uang kembali up to 110% kalau dalam setahun setelah ikut kelas belum dapat kerjaan juga.
  • Dapat koneksi ke perusahaan-perusahaan ternama.
  • Kesempatan untuk jadi Professional Partner Harisenin.
  • Dapat soft skill, hard skill-nya juga enggak ketinggalan.
  • Sertifikat (Ini udah pasti ada, tapi enggak jadi fokus utama. Fokusnya adalah ilmu).

Oh, satu lagi. Harisenin tidak memberikan tes kepada pendaftar, dan ini bisa jadi nilai plus buat orang-orang yang baru belajar soal Digital Marketing karena enggak semua orang suka bootcamp yang modelnya kayak Ujian Nasional. Apalagi kalau lagi 1-on-1, nanti malah jadi berasa dipanggil atasan buat dikasih SP 1, HAHA!

Fase Pembelajaran yang Menarik


Salah satu hal yang bikin saya makin tertarik ikut bootcamp Digital Marketing di Harisenin adalah fase pembelajarannya yang terstruktur dan rapi. Jadi, di sini ada dua fase belajar yang akan diikuti: RISE Learn dan RISE UP+.



Singkatnya, pada fase RISE Learn kamu akan belajar dasar teknis dan soft skill terkait Digital Marketing, sedangkan RISE UP+ akan lebih fokus pada pengembangan karir di dunia Digital Marketing. Dan seperti yang saya bilang tadi, pada fase ini kamu akan mulai dikenalkan cara membangun portofolio, project beneran, dan bertemu koneksi profesional yang meningkatkan kesempatan bekerja sama dengan mereka secara langsung!

Bagian yang Jadi Kejutan


Di antara semua benefit yang saya sebutkan di atas, ada satu hal yang paling bikin saya amazed sama tim Harisenin. Ada satu hal yang mungkin di tempat lain enggak dibahas: Mental Health at Work 101.



Kesehatan mental menjadi hal yang sangat sering dibahas dalam beberapa tahun terakhir. Bedanya, dulu orang enggak begitu aware akan hal ini. Sekarang, mulai banyak perusahaan yang memberikan kompensasi berupa konsultasi gratis ke psikolog untuk menjamin “kewarasan” karyawan. Nah, di Harisenin Bootcamp Digital Marketing saya juga mendapatkan sedikit pencerahan tentang apa yang harus saya tau, apa yang harus saya lakukan, dan bagaimana saya melakukannya di pekerjaan berkaitan dengan kesehatan mental.

Penutup dan Kesimpulan


Ikut Harisenin Bootcamp Digital Marketing menjadi salah satu pengalaman menarik buat saya pribadi karena jadi punya kesempatan buat memperdalam pengetahuan mengenai Digital Marketing. Selama ikut bootcamp, saya merasa masih ada beberapa bagian minor yang bisa ditingkatkan lagi, tetapi secara keseluruhan saya bisa memahami materi dengan baik karena tutornya juga sudah menguasai materinya.

Kalau bisa saya simpulkan, bootcamp di Harisenin ini cocok untuk pemula atau fresh graduate yang baru akan masuk dunia kerja tapi udah punya skill duluan, atau buat pekerja yang ingin memperdalam ilmunya. So … saya rasa uang yang dikeluarkan sepadan dengan ilmu dan pengalaman yang didapatkan.
Copyright © N Firmansyah
Founder of Artifisial Indonesia.