3 Bahasa Pemrograman yang Perlu Dipelajari Developer Pemula

Monday, January 13, 2020



Memasuki tahun 2020, permintaan pasar akan pekerja kreatif semakin meningkat. Ijazah tidak jadi satu-satunya penentu kesuksesan kamu dalam berkarir. Tingginya persaingan di dunia kerja juga memengaruhi meningkatnya kebutuhan akan skill yang mumpuni di berbagai bidang. Salah satu skill yang tergolong high demand adalah pemrograman atau coding.

Bukan tanpa alasan mengapa kemampuan menguasai bahasa pemrograman tergolong skill yang semakin banyak dicari. Saat ini, ada banyak perusahaan yang memanfaatkan pemasaran online dengan jasa pembuatan website murah dan profesional dalam menjalankan bisnisnya. Tidak heran jika posisi developer pun makin sering digaungkan melalui platform lowongan kerja.

Baca juga: Cara Mendesain Website bagi Pemula dengan 5 Langkah Mudah
Dengan perkembangan marketing ke arah digital tentu membuat permintaan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang digital ikut bertambah. Perkara cara membuat akun email pun sudah jadi sesuatu yang lumrah dikuasai, sehingga kemampuan tersebut tidak begitu spesial.

Jika begini keadaannya, kamu pun harus memenuhi kebutuhan pasar dengan skill yang digital related, seperti menguasai bahasa pemrograman. Apakah kamu harus menempuh kuliah di bidang IT dengan tuntutan pasar semacam ini? Tidak juga. Saat ini sudah banyak tersedia platform yang mengakomodir pembelajaran online, termasuk kursus bahasa pemrograman.

Baca juga: 5 Cara Membangun Bisnis Online Rumahan untuk Pemula
Bagi kamu yang masih belum familier, bahasa pemrograman pada dasarnya adalah kumpulan sintaks sebagai perintah perangkat lunak di komputer atau membuat program dengan menggunakan logika komputer. Bahasa pemrograman biasa ditujukan untuk pembuatan aplikasi mobile, website, dan produk digital lain.

Jika ingin mulai mempelajarinya, bahasa pemrograman apa saja yang perlu kamu pelajari sebagai pemula? Berikut 3 bahasa pemrograman yang perlu dipelajari developer pemula.

Python

Sebagai bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh para developer perusahaan besar, Python termasuk dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python banyak diaplikasikan oleh programmer sekelas NASA, Google, Yahoo, Instagram, YouTube, hingga Reddit.

Dalam penggunaannya, Python biasa digunakan untuk membuat aplikasi, baik dalam bentuk mobile maupun website dan cukup populer di kalangan developer. Jika kamu mencari di Facebook, akan ada banyak grup yang eksklusif membahas Python dengan puluhan ribu user yang bergabung di dalamnya.

Baca juga: 3+ Cara Optimasi Website Toko Online dengan SEO
Bukan tanpa alasan mengapa akhirnya Python menjadi bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan pemula. Python termasuk dalam bahasa yang tidak begitu sulit untuk dipelajari sehingga tergolong beginner friendly. Kelebihan dari Python adalah struktur sintaksnya yang tidak rumit dan cukup sederhana.

Walau begitu, bahasa pemrograman satu ini juga memiliki beberapa kekurangan yang terkadang bisa mempersulit developer atau kamu yang baru saja mempelajarinya untuk kebutuhan coding. Beberapa kekurangan tersebut seperti tidak efisiennya bahasa ini sebagai statis, terutama jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman kompilasi seperti C.

Java

Walaupun belum pernah belajar coding, kamu pasti sudah familier dengan bahasa pemrograman yang satu ini. Java biasa dikenal sebagai bahasa yang cocok digunakan untuk membuat aplikasi dekstop. Walau begitu, saat ini Java juga sudah sering digunakan dalam pembuatan aplikasi mobile.

Bahasa pemrograman yang dikembangkan sejak 1991 ini sudah menjadi favorit para developer sejak pertama kali dirilis pada 1995. Dalam perkembangannya, bahasa ini tergolong populer pada 2018 untuk kebutuhan pemrograman website. Pencarian tentang Java di Google pun mencapai lebih dari 22% dari seluruh total pencarian.

Baca juga: 10 Web Browser Terpopuler yang Paling Sering Digunakan
Sebagai bahasa pemrograman yang digemari, Java telah memberikan dinamika baru bagi perkembangan teknologi dan informasi. Apalagi Sun memberikan source code Java secara cuma-cuma saat diluncurkan melalui internet. Open source inilah yang akhirnya menjadi kekuatan Java hingga terkenal di kalangan para developer seluruh dunia.

Dengan tingkat kepopuleran yang cukup tinggi, Java menjadi bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh pemula. Hampir seluruh programmer pernah, atau bahkan masih, menggunakannya dalam berbagai project. Sehingga jika kamu benar-benar berniat untuk bisa mengembangkan website maupun aplikasi mobile, bahasa ini wajib kamu kuasai.

PHP

Dikembangkan pada 1994, PHP telah dikenal sebagai bahasa pemrograman yang cukup favorit digunakan dalam pengembangan website. Popularitasnya dibuktikan dengan banyaknya pencarian mengenai bahasa komputer ini di Google yang mencapai lebih dari 8%. Selain itu, jumlah website yang menggunakan bahasa pemrograman ini sudah lebih dari 10 juta.

Kepopuleran PHP dalam perkembangan website tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak website kelas mega yang mengaplikasikannya sebagai salah satu komponen penting di dalamnya. Contoh yang paling jelas datang dari Joomla dan WordPress. Sebagai CMS (Content Management System), kedua website tersebut telah menjadikan PHP pilar kinerjanya.

Baca juga: Hal-hal yang Bikin Betah Menatap Layar Gadget
Dalam penggunaannya, PHP sudah didukung oleh berbagai macam web server yang bisa ditemukan secara mudah, seperti Lighttpd, IIS, Xitami maupun apache. Konfigurasinya pun tergolong mudah, sehingga pengembangannya pun juga tidak begitu sulit. Namun, jika kamu tidak jeli dalam menggunakannya, isu keamanan bisa muncul sewaktu-waktu.

Kelemahan pada sisi keamanan ini pada dasarnya bukan suatu masalah apabila kamu melakukan pemrograman dengan teliti dan benar-benar memperhatikan konfigurasi dari PHP. Walau demikian, bahasa ini tidak disarankan untuk project berskala besar. Jika dibandingkan dengan Java, fungsi dari PHP tidak mendukung sistem pemrograman yang mengorientasikan objek sesungguhnya.

Kesimpulan

Semakin meningkatnya perkembangan digital dalam dunia pemasaran memaksa kita untuk terus belajar dan mengikuti permintaan pasar akan kompetensi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah kompetensi untuk mengembangkan website dengan coding dan memahami bahasa pemrograman.

Walau tergolong segmented dan terlihat sulit dipelajari oleh orang awam, tidak ada salahnya untuk mulai belajar mengenai bahasa pemrograman. Mulailah dengan mempelajari salah satu dari tiga bahasa di atas untuk masuk ke dunia pemrograman dan menjadi developer profesional. Selamat belajar!


No comments :

Post a Comment

Back to top
Copyright © 2020 N Firmansyah
Designed by Joanna Bogacz.