Area Strategis Membeli Hunian di Jakarta Timur



Jakarta Timur, salah satu kota administrasi di ibu kota dengan jumlah penduduk yang naik sebesar 6.02% pada tahun 2018. Jumlah penduduk yang menginjak 2.84 juta jiwa tersebar di 10 kecamatan dan 65 kelurahan. Jakarta Timur memiliki daya tarik bagi penduduk sekitar yang ingin mencari hunian karena akses yang mudah menuju pusat kota dan tempat hiburan di bagian selatan dan utara Jakarta.

Pesatnya kenaikan penduduk tidak membuat harga rumah dijual di Jakarta Timur ikut naik. Berdasarkan data di Lamudi.co.id, harga rumah di Kota Jakarta Timur tetap stabil satu tahun ke belakang, yaitu Rp13.100.000 per meter persegi.

Berbatasan dengan beberapa kota di Jawa Barat seperti Bekasi, Depok, dan Bogor membuat para kaum urban berbondong-bondong pindah ke daerah ini.

Beberapa daerah di Kota Jakarta Timur masih dapat dibilang memiliki harga batas wajar, berikut adalah daftarnya.

Cijantung

Cijantung adalah salah satu kelurahan yang berada di bagian selatan Jakarta Timur dengan luas 2,37 km2 dan memiliki penduduk sebanyak 46.746 jiwa. Menjadi salah satu daerah yang berbatasan dengan Depok dan dekat dengan beberapa sarana dan prasarana seperti unit pendidikan yaitu Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, dan Universitas Pancasila. Unit kesehatan seperti Rumah Sakit Kesdam Jaya dan Rumah Sakit Harapan Bunda. Ditambah lagi harga hunian di daerah Cijantung masih dibilang cukup murah dengan rata-rata harga Rp500 juta hingga Rp1 milyar ini menjadi salah satu alasan mengapa kaum urban mengincar unit-unit rumah dijual di Jakarta Timur.

Halim Perdanakusuma

Area yang sering disebut Halim adalah salah satu kelurahan di bagian utara Jakarta Timur. Area ini menjadi salah satu tempat incaran para pendatang yang mencari rumah dijual di Jakarta Timur dengan penawaran menarik. Hunian sederhana dengan 2 lantai dan 3 kamar tidur rata-rata dibanderol dengan harga Rp400 juta hingga Rp1,5 milyar. Halim memiliki bandara andalan yakni Bandara Internasional Halim Perdanakusuma. Selain itu, Halim juga dekat ke beberapa fasum-fasos seperti RS Polri pada unit kesehatan, Lippo Plaza Kramat Jati dan Pusat Grosir Cililitan yang hanya memakan waktu 10 menit, SMA negeri serta universitas dengan jurusan Teknik Penerbangannya yang sudah terkenal di Indonesia. Juga, Stasiun Cawang hanya berjarak 6 km saja dari daerah ini.

Cakung

Kawasan ini menjadi salah satu lokasi rumah dijual di Jakarta Timur dengan harga miring. Cakung merupakan pusat pemerintahan dari kota administrasi Jakarta Timur. Cakung berbatasan dengan Cilincing, Pulo Gadung, Duren Sawit, dan Bekasi Barat. Bukan hanya itu, Cakung dikenal sebagai kawasan industri karena sangat dekat dengan Pulo Gadung yang merupakan kawasan industri tertua di Indonesia. Untuk hunian, rata-rata harganya pun bervariasi. Mulai dari R 250 juta untuk hunian sederhana ukuran 50 m2 hingga Rp3 milyar untuk rumah dengan luas bangunan 250 m2. Cakung juga memiliki beberapa akses terdekat seperti AEON Mall Jakarta Garden City yang merupakan mall ikonik di Cakung. Poros pendidikan dan kesehatannya yang cukup tinggi karena terdapat sejumlah SMA Negeri dan Swasta serta beberapa rumah sakit ternama.

No comments:

Post a Comment