5 Cara Suporter Menunjukkan Cintanya pada Sepakbola



Menggemari olahraga, terutama sepakbola bukan hal yang asing lagi bagi kita. Ada banyak orang di sekitar kita yang tergila-gila pada olahraga ini. Tidak hanya karena mereka punya tim-tim favorit yang selalu mereka ikuti dengan menonton setiap pertandingannya, membeli baju bola​ maupun pernak-pernik yang berkaitan dengan tim tersebut, hingga rela mengumpulkan uang demi bisa menonton langsung para pemain-pemain pujaannya langsung di stadion.

Sebagai penggemar berat sepakbola, 5 cara berikut ini sering dilakukan oleh para suporter sepakbola untuk menunjukkan kecintaannya tersebut.

#1 Membeli Jersey

Setiap orang memiliki klub favorit masing-masing. Ada yang menyukai Barcelona, Manchester United, Real Madrid, Juventus, Bayern Munchen, dan lain-lain. Selain klub-klub besar, banyak juga yang kadung jatuh hati pada klub-klub yang lebih kecil sekelas Fiorentina, Sevilla, Newcastle, dan lain-lain. Untuk membuktikan kecintaan mereka pada klub tersebut, biasanya mereka akan membeli baju bola dari klub favorit.

Bagi mereka yang budgetnya terbatas, biasanya hanya akan membeli jersey kualitas KW. Tapi bagi mereka yang benar-benar cinta dengan tim favoritnya, pasti rela menabung demi bisa membeli dan mengenakan jersey asli yang harganya bisa setara harga kambing.

#2 Bangun tengah malam untuk menonton setiap pertandingan tim favorit

Cara kedua para penggemar sepakbola menunjukkan cintanya pada olahraga ini adalah dengan selalu mengikuti atau menonton setiap kali tim bertanding. Mereka rela bangun tengah malam atau begadang hanya untuk bisa mendukung tim favorit dari layar kaca.

Gue sendiri kadang sampai bela-belain nggak tidur sama sekali kalau tim kesayangan gue mau main.

#3 Beli tiket dan datang ke stadion

Bagi para suporter tanah air yang mendukung klub kesayangan masing-masing, hadir di stadion untuk memeriahkan pertandingan sekaligus mendukung tim yang mereka bela adalah sebuah keharusan. Membeli tiket dan datang ke stadion untuk bergabung dengan para suporter yang lainnya lalu menyanyikan chants (mars atau yel-yel) untuk memberikan semangat pada para punggawa tim kesayangan, adalah cara para suporter menunjukkan dukungan dan cintanya pada klub.

Bagi mereka yang sudah telanjur cinta pada sebuah klub, biasanya rela merogoh kocek lebih dalam demi bisa menyaksikan langsung permainan tim favorit tersebut. Tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga hingga luar negeri.

Mereka rela datang jauh-jauh hingga ke Eropa demi bisa menyaksikan tim yang mereka dukung berlaga. Terutama, ketika ada laga-laga besar seperti derby atau pertandingan final yang memang selalu menyuguhkan pertandingan menarik yang sering dibumbui tensi tinggi.

#4 Membeli segala bentuk pernak-pernik kesayangan

Saking cintanya pada dunia sepakbola, tidak sedikit orang yang dengan sengaja mengoleksi berbagai pernak-pernik sepakbola. Mulai dari yang berhubungan dengan tim favorit hingga Timnas negara sendiri.

Berbagai bentuk pernak-pernik sepakbola seperti baju bola​, syal, pin, gelang, dan lain-lain akan menjadi buruan mereka dalam setiap pertandingan. Biasanya, pedagang pernak-pernik sepakbola akan kebanjiran pembeli apabila ada salah satu tim yang memenangi pertandingan.

#5 Membeli stiker atau poster pemain dan tim kesayangan

Selain dengan membeli baju bola​ (jersey) tim kesayangan, biasanya para penggemar sepakbola juga membuktikan cintanya dengan membeli berbagai rupa stiker dan poster pemain atau tim kesayangan. Stiker tersebut biasanya akan ditempel di cermin, di lemari, hingga di kendaraan. Kalau pas matchday malah sampai ditempel di jidat. Ada-ada aja emang.

Tidak jauh berbeda dengan stiker, para penggemar sepakbola juga akan memampang poster-poster tim kesayangan dan pemain idolanya di kamar. Bagi para penggemar, pemain-pemain favorit adalah inspirasi sekaligus penyemangat yang akan selalu membuat mereka getol menyaksikan setiap pertandingan sepakbola.

No comments:

Post a Comment