4 Jenis Bisnis dengan Modal Kecil yang Bisa Menghasilkan Untung Berlimpah

Pixabay on Pexels

Mencari penghasilan dengan melakukan usaha mempunyai banyak perbedaan dibandingkan dengan bekerja sebagai seorang pegawai/karyawan.

Sebagai seorang wiraswasta dibutuhkan kemampuan untuk menganalisis bisnis seperti apa yang dengan modal kecil dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Oleh sebab itu, banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya dengan cara menacari sumber informasi.

Sering kali orang berpikir bahwa untuk memiliki usaha, orang harus mempunyai modal terlebih dahulu.  Modal yang dimaksud di sini selalu identik dengan uang.

Pola berpikir seperti ini tidak selalu benar.

Zaman sekarang sudah banyak tersedia berbagai jenis usaha kecil maupun menengah yang bisa menghasilkan untung besar tanpa modal atau uang yang besar. Kamu bisa menjadi seorang wiraswasta dengan modal minim. Bahkan bisa kamu mulai dengan mengajukan pinjaman uang online untuk mendapatkan uang dengan jumlah yang tidak terlalu besar dan cepat.

Dengan zaman yang semakin berkembang saat ini memungkinkan pebisnis untuk mendapatkan informasi dari banyak sumber. Pada dasarnya, bagi pebisnis yang lebih dulu mendapatkan informasi dan bisa menerapkannya, akan lebih berpeluang memimpin di bidang usaha tersebut. Salah satu cara untuk memperoleh informasi yang tepat untuk mengetahui bisnis dengan untung yang besar adalah dengan menggunakan fasilitas internet.

Sekarang siapa sih yang tidak mengenal internet?

Dengan internet, memungkinkan para pelaku usaha mencari berita atau informasi mengenai perkembangan pasar, tren, dan produksi di banyak tempat serta cara melakukan usaha yang sesuai dengan waktu dan tempat tertentu.

Didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, di mana cara untuk mengakses internet dapat dilakukan dengan berbagai perangkat teknologi yang mudah diperoleh di pasaran. Ponsel pintar modern tentunya telah memiliki banyak aplikasi yang menunjang untuk melakukan bisnis. Laptop dan tablet menjadi produk yang populer dan semakin banyak dimiliki orang terlebih sebagai pebisnis. Tablet memiliki kemampuan yang relatif serupa dengan ponsel cerdas, hanya saja tablet memiliki ukuran yang lebih besar.

Sebenarnya banyak sekali usaha yang dapat kamu jalankan dari rumah saja atau bisnis rumahan yang dapat dilakukan baik sebagai bisnis utama ataupun bisnis sampingan terlebih untuk bisnis dengan modal kecil.

Apa itu bisnis dengan modal kecil?

Bisnis dengan modal kecil adalah suatu usaha yang dana investasinya berupa uang dalam nilai kecil untuk menjalankan bisnis tersebut. Bagaimana cara mengetahui nilai besar atau kecil tersebut? Tentu setiap orang memiliki patokan masing-masing yang berbeda.

Jika melihat pada definisi dari usaha kecil di negara ini, berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”. Ada beberapa persyaratan yang termasuk pada Keputusan Presiden tersebut di antaranya:

Memiliki nilai kekayaan bersih maksimal Rp.200.000.000,-, bukan termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
Memiliki nilai penjualan tahunan maksimal Rp.1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah).

Jika mengikuti peraturan tersebut nilainya lumayan besar. Tapi itu hanya sekadar definisi saja. Sedangkan kita akan membahas contoh bisnis modal kecil yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Bisnis Isi Ulang Pulsa Elektrik

Sudah banyak yang mengetahui bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang kecil. Dari sekian banyak tempat yang memberikan tawaran sebagai rekan bisnis agen jual pulsa elektrik, kamu tidak akan dimintai biaya pendaftaran apa pun. Yang diperlukan hanya mendaftarkan diri, memiliki ponsel untuk beroperasi dan membeli deposit pulsa yang nanti akan kamu jual. Jumlah deposit yang dapat kamu beli sekitar Rp. 100.000,- saja. Bisa dikatakan ini merupakan bisnis dengan modal seratus ribu rupiah saja.

Dropship

Usaha ini bisa dibilang sebagai bisnis tanpa modal sama sekali. Karena untuk memulai bisnis ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Lalu apa itu bisnis dropship? Ini merupakan usaha bagi reseller, dengan menjual kembali sebuah produk di mana kamu berperan sebagai perantara bagi si pemilik barang dan pembeli.

Sebagai reseller, tugas kamu adalah mencari pembeli dari pemilik barang. Apabila calon pembeli setuju dengan penawaran kamu, maka pembeli dapat menyerahkan uang sesuai harga yang kamu tawarkan kemudian kamu menginformasikan adanya transaksi dan menyerahkan uang sebesar harga yang kamu dapatkan dari pemilik barang, dan pemilik barang segera mempersiapkan barang untuk dikirim langsung kepada pembeli.

Jadi sebagai dropshipper atau reseller kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga antara pembeli dan pemilik barang. Besar keuntungannya tentu tergantung seberapa besar kamu mematok harga. Ini merupakan bisnis potensial yang dapat kamu lakukan di rumah dengan menggunakan tablet atau ponsel kamu.

Menjual Ebook

Ebook atau electronic book atau buku elektronik adalah buku dengan format digital, yang umumnya berupa file dengan ekstensi PDF, MS. Word, PowerPoint dll.

Jika kamu memiliki banyak ide yang ingin dijual kepada pihak lain, kamu dapat membuatnya dalam bentuk ebook. Asalkan kamu memiliki ide dan pemikiran yang sesuai dengan pasar, ide ini bisa kamu coba.

Afiliasi

Apa itu afiliasi? Pada dasarnya afiliasi memiliki konsep yang tidak beda jauh dengan dropshipper dan reseller, di mana kamu sebagai perantara bagi pemilik barang dan penjual. Namun afiliasi ini umumnya melakukan usahanya secara online. Di mana para affiliate atau pihak yang melakukan afiliasi ini memiliki situs, blog dan akun-akun media sosial untuk mempromosikan dagangan mereka. Untuk menekan biaya promosi, kamu bisa menggunakan berbagai fasilitas gratis yang tersedia di internet untuk memasarkan usaha kamu seperti menggunakan media sosial atau toko online.

Itulah tadi beberapa usaha dengan modal kecil yang bisa memberikan banyak keuntungan. Memiliki sebuah usaha tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Dengan ketekunan dan kepintaran, sebenarnya kamu sudah bisa melakukan usaha dengan modal kecil.

No comments:

Post a Comment