Tetangga Belakang Rumah

via rawpixel

Masih teringat jelas beberapa tahun lalu ketika pertama kali gue datang ke bank untuk membuka rekening pribadi; harus mandi pagi-pagi, berpakaian rapi, datang cepat biar nggak antre, dan berhadapan dengan petugas bank untuk mengisi data diri yang lumayan banyak. Belum lagi, harus menyiapkan saldo minimal untuk disimpan di dalam rekening sebagai tabungan awal.

Lebih jauh ke belakang, gue jadi teringat dulu nyokap sering minta diantar ke berbagai tempat untuk bayar berbagai tagihan seperti tagihan telepon rumah, tagihan listrik, dan tagihan-tagihan lain setiap awal bulan.

Kalau dipikir-pikir lagi sekarang, ternyata proses semua itu panjang, ribet dan lama karena pasti harus antre, dan yang pasti tidak efisien sama sekali terutama buat orang yang superdupersibuk seperti… seperti… hm.. sebentar. Di keluarga gue yang superduper sibuk siapa ya..

Oh, BOKAP!

Bokap gue adalah orang yang sangat sibuk dan jarang di rumah sampai-sampai gue nggak ingat kapan dia pernah nganterin istrinya buat bayar tagihan bulanan. Dasar bokap gue pria karir! Untung uang bulanannya tetap dikasih. Huff.

Oke, berhenti bahas aib keluarga.

Balik lagi ke kepraktisan pembayaran ini-itu dan pembukaan tabungan, sekarang semuanya nggak lagi seribet dulu. Kini semuanya serba instan dan praktis. Misalnya untuk punya tabungan, nggak harus punya uang dengan nominal yang ditentukan. Cukup dengan mengunduh aplikasi Sobatku di Apple App Store untuk pengguna iOS dan Google Play Store untuk pengguna Android, daftar dengan mengisis data diri singkat, dan voila! Tabungan kalian sudah jadi.

Nggak ada biaya administrasi

Nggak ada minimum simpanan tabungan

Nggak ada teman malam Minggu.

Nah, semisal akun Sobatku yang kalian punya sudah ada saldonya, kalian juga bisa menggunakannya untuk bayar tagihan-tagihan seperti yang gue sebutkan di atas. Semua aktivitas itu bisa selesai hanya dalam beberapa klik di smartphone, nggak perlu lagi datang ke outlet yang disediakan offline. Praktis, efektif, dan efisien.

Ini apa sih, manggil Sobatku-Sobatku, sok akrab banget?

Jadi begini… *benerin sarung*

Sabtu 21 Juli 2018 lalu, gue menghadiri acara Pesta Jutawan Sulselbar oleh Sobatku yang dirangkaikan dengan pengundian Grand Prize berupa uang tunai #undian100JT, 4 paket #terbangumroh, dan satu buah motor Aerox khusus untuk pelanggan Sobatku yang berdomisili di Sulsel dan Sulbar. Acara yang digelar di Lapangan Karebosi, Makassar ini ternyata sudah yang keempat kalinya dan dirangkaikan juga dengan berbagai acara menyenangkan dan menyehatkan seperti senam Zumba dan Maumere. Sayangnya gue nggak bisa ikutan senam karena senamnya dimulai jam enam pagi sedangkan gue baru datang sepuluh menit sebelum jam sembilan.

Tapi kalaupun datang pagi gue juga nggak mau ikutan senam, sih. Wkwk.

Kalau kalian bertanya kok bisa Sobatku ini bagi-bagi hadiah yang jumlahnya besar sekali, ehem, maka kalian harus tahu kalau Sobatku yang resmi diluncurkan Juli 2017 kemarin ini didukung sepenuhnya oleh Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) dan Sampoerna Strategic Group.

Now we know right where the money come from. Ehe.

Yang menarik perhatian gue adalah komentar salah satu orang penting dalam acara ini.

“… khusus hadiah umrah yang telah kali kedua dilaksanakan, para pemenang hanya tinggal berangkat, kami yang akan mengurus semua administrasinya. Paket umrah juga dapat diuangkan, tergantung keyakinan dan kondisi pemenang.” — Dodong Cahyono, Ketua Pengawas KSP Sahabat Mitra Sejati.

Tergantung keyakinan.

TERGANTUNG KEYAKINAN.

Jadi, misal gue adalah salah satu dari empat pemenang paket umrah tersebut, tapi gue nggak yakin untuk berangkat karena masih merasa kotor dan banyak dosa, gue bisa membatalkan keberangkatan dan menggantinya dengan uang tunai.

Kan asik, pak.

Misal paket umrahnya diganti uang tunai, kan uangnya tetap bisa buat beli peci yang ada tulisan “HAMPIR HAJI” di depannya.

Aduh, bercanda terus nih. Maaf, maaf. Habis ini serius deh, serius.

Program undian Sobatku yang digelar secara rutin ini adalah program yang digelar sebagai wujud apresiasi kepada seluruh pengguna Sobatku yang membuka rekening Sobatku melalui smartphone tanpa harus datang ke cabang KSP Sahabat Mitra Sejati. Selain grand prize (yang diberikan setiap tiga bulan), Sobatku juga menyediakan ratusan hadiah bulanan berupa saldo Sobatku atau uang tunai dengan nominal Rp10jt, Rp5jt, Rp1jt, Rp500rb, dan Rp100rb untuk ratusan pemenang dengan total hadiah hingga miliaran rupiah lewat #undianmilyaranrupiah.

“Sejak diluncurkan pada Juli 2017 lalu, saat ini penabung Sobatku sudah mencapai hampir 50 ribu penabung dengan dana yang berhasil dihimpun lebih dari Rp 21 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menginginkan kemudahan agar semua bisa menabung,” tutur Dodong Cahyono.

Harapan gue, semoga saja dengan semakin banyaknya terobosan teknologi di dunia perbankan seperti ini, semakin meningkat pula kesadaran masyarakat untuk menabung di bank atau simpanan online seperti Sobatku, bukan lagi menaruh uang di bawah tempat tidur seperti yang dilakukan tetangga belakang rumah.

No comments:

Post a Comment