HD-X

via Tookapic on Pexels

Kali ini gue mau ngomongin soal harddisk.

Harddisk yang ada saat ini ada dua jenis yaitu harddisk internal yang merupakan bawaan dari gadget atau perangkat komputer, dan jenis harddisk eksternal yang terpisah dari perangkat. Bagi yang ingin menyimpan film, drama (Korea, Turki, Zimbabwe, whatever) dan juga berbagai data lainnya bisa menggunakan harddisk eksternal. Biasanya harddisk eksternal ini juga sering digunakan sebagai alat untuk backup data karena akan lebih aman untuk menyimpan data apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada gadget atau perangkat komputer suatu hari nanti.

Seperti yang gue sebutkan di atas, untuk mendapatkan harddisk eksternal sendiri kalian perlu membelinya secara terpisah.

Buat kalian yang mau membeli dan mendapatkan harddisk eksternal terbaik bisa membaca dan mencoba beberapa tips dari gue berikut ini.

#1 Perhatikan besarnya kapasitas harddisk

Tips pertama untuk mendapatkan harddisk eksternal yang akan digunakan untuk menyimpan data adalah dengan memperhatikan besaran kapasitasnya. Ada banyak sekali pilihan kapasitas harddisk eksternal yang bisa kalian pilih-sesuaikan dengan kebutuhan. Buat kalian yang ingin menyimpan banyak data maka bisa memilih besaran kapasitas harddisk yang besar, mungkin hingga 1TB (terabyte, bukan triliun booo). Atau di bawahnya dikit juga nggak papa, pokoknya sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jangan sampai aja data yang mau disimpan ukurannya mencapai 1TB tapi memilih harddisk yang kapasitasnya 500GB.

#2 Perhatikan juga merek harddisknya

Tips selanjutnya yang bisa kalian coba ketika akan membeli harddisk eksternal terbaik adalah dengan melihat dari mereknya. Ada beberapa merek harddisk eksternal terkenal yang ada di pasaran dan kalian bisa memilih yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan dan budget yang telah kalian siapkan.

Pilihlah merek harddisk yang memang sudah terbukti memiliki kualitas bagus sehingga tidak mudah rusak dan tidak lemot saat digunakan. Karena digunakan untuk menyimpan data yang penting, maka akan sangat disayangkan apabila suatu ketika saat data dibutuhkan, harddisk eksternal tersebut tidak bisa dibuka dan rusak. Oleh karena itu perhatikan merek harddisk yang terbaik untuk mendapatkan kualitas yang terjamin.

#3 Perhatikan juga harganya

Hal berikutnya yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli harddisk eksternal jelas adalah harganya. (Selain sesuaikan dengan kebutuhan). Kalian bisa membelinya dari budget yang telah disiapkan dan sesuai dengan kemampuan keuangan.

Kalau budgetnya hanya cukup untuk membeli harddisk dengan kapasitas 500GB, jangan ngeyel minta yang 1TB. Daripada kalian ditampol sama penjualnya.

Umumnya harga harddisk akan dipengaruhi oleh besarnya kapasitas yang dipilih dan juga kualitas yang akan didapatkan. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah kalian bisa membelinya dalam kondisi seken alias bekas alias udah dipake sama orang alias ih bekas orang kok dipake. Jelas harganya akan lebih murah daripada membeli baru, dengan begitu budget yang perlu dipersiapkan juga lebih murah. Tapi gitu deh.~

#4 Perhatikan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan

Terakhir nih.

Ketika akan membeli harddisk eksternal yang terbaik, juga harus memperhatikan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan. Misalnya saja untuk beberapa fitur yang ada mulai dari kecepatan rotasi, penghubung, dan juga kecepatannya ketika memindahkan data. Kecepatan rotasi merupakan berputarnya harddisk sehingga akan memengaruhi lama atau cepatnya baca/tulis (read/write) data dan memindahkannya. Selain itu juga kalian sebaiknya memperhatikan penghubung harddisk pada gadget seperti laptop atau komputer. Karena hal tersebut juga akan memengaruhi kecepatan memindahkan data dari gadget ke gadget lainnya.

No comments:

Post a Comment