Open

Nge-Blog Nggak Melulu Soal Menulis



Kalo ada yang bilang untuk nge-blog harus jago nulis, gue harus bilang kalo nge-blog nggak melulu soal menulis seperti judul postingan gue. Banyak orang yang memilih untuk nggak usah nge-blog karena berpikir “ah, gue nggak suka nulis”, “ah, gue nggak jago nulis”, atau “gue lebih suka membaca” dan semacam itu deh, apalagi sampai bilang “nggak bakal ada yang baca tulisan gue” padahal nge-blog emang bener nggak melulu soal menulissss...

Emang sih, hampir seluruh isi blog orang yang pernah gue kunjungi 90% adalah tulisan yang diselipkan gambar. Tujuannya biar nggak keliatan membosankan atau bikin pembaca ngantuk karena tulisan semua. 10% sisanya adalah tulisan doang, gambar doang, video doang, dan... copy-paste-an.
Youtube adalah contoh kalo sebuah situs nggak melulu berisi tulisan, tapi video. Flickr adalah contoh untuk gambar. Dan, Blogger adalah tempat di mana gue nge-blog #halah.

emang bener juga sih, dibutuhkan kerja keras buat sebuah keberhasilan yang luar biasa. Raditya Dika (lagi-lagi Radit) waktu pertama nge-blog, gue yakin nggak ada yang baca blog-nya kecuali dia sendiri. Tapi karena tekun dan konsisten, akhirnya berhasil. Teori sotoy gue ini juga berlaku buat semua hal kok. Ronaldo waktu pertama main bola, gue yakin juga banyak yang raguin dia bisa jadi pemain terbaik dunia. Tapi dengan kerja keras, latihan terus-menerus, dan makan martabak impian yang terus hidup, dia akhirnya bisa seperti sekarang. Gue kok kayak motivator sih? Udah lebih bersinar dari Mario Teguh... kepalanya.

Just keep posting adalah slogan yang harus dijunjung tinggi untuk blogger. Nggak peduli itu copy-paste-an atau bukan, karena pada saatnya kita akan sadar merasa butuh untuk nge-post karya yang original, seperti yang gue pernah lakukan. Seenggaknya, gue udah punya usaha untuk nggak bikin blog gue gersang seperti gurun pasir.

But, anyway, semua kembali pada pribadi masing-masing, pengin ngeblog, pengin tulisannya dibaca orang lain, atau cuma pengen baca tulisan orang lain. Pengin gambarnya diliat orang lain, atau cuma pengin liat gambar orang lain. Semua itu pilihan.

2 comments: