Strategi Kelola Keuangan Ramadan Anti Boros bersama Bank Digital



SELAMA Ramadan pengeluaran makin membengkak. Selain harga barang yang merangkak naik, kebutuhan harian juga bertambah, seperti menu yang berbeda dari hari biasa dan takjil untuk berbuka. Ketika bulan puasa, banyak keluarga yang juga sudah berbelanja untuk persiapan Lebaran–ini yang menambah pengeluaran. Bank digital dapat membantu mengelola keuangan agar lebih baik.

Kemudahan dalam membuka rekening bank digital merupakan solusi bagi siapa saja yang ingin mengatur keuangan dengan lebih bijaksana. Jangan sampai karena boros selama Ramadan menjadikan kondisi keuangan memburuk yang berakibat tidak terpenuhinya berbagai kebutuhan yang lebih penting setelah Lebaran.

Cara Bijak Mengelola Keuangan Selama Ramadan dengan Bank Digital


Bank digital merupakan layanan keuangan online yang dikeluarkan oleh bank untuk memberikan kemudahan bertransaksi bagi nasabahnya. Dalam satu aplikasi yang tersedia, nasabah bisa melakukan pembayaran, membeli produk investasi, sampai melihat histori transaksi keuangan. Salah satu bank yang memberikan fasilitas digital banking adalah digibank by DBS.

Penggunaan rekening bank digital bisa membantu nasabah mengelola keuangan selama Ramadan dengan lebih baik. Meski untuk melakukan transaksi lebih mudah, fitur yang terdapat di dalam aplikasi bisa menjadi alternatif bagi pengguna dalam memanfaatkan saldo rekeningnya. Cara mengelola keuangan selama Ramadan berikut bisa menjadi referensi agar tetap aman.

Membuat daftar belanja


Sebelum berbelanja, jangan lupa untuk membuat daftar, termasuk jumlah barang yang akan dibeli dan estimasi harganya. Dengan daftar tersebut akan meminimalkan kemungkinan lupa membeli barang yang dibutuhkan. Selain itu juga agar tidak berbelanja dalam jumlah berlebih yang hanya akan menjadi mubazir saja.

Momen Ramadan seharusnya bisa menjadi waktu untuk memperbaiki diri, termasuk dalam masalah keuangan. hadirnya bank digital akan membantu siapa saja agar tidak menjadi boros dan bisa menggunakan pendapatan dengan baik.

Pastikan membeli barang seperlunya


Pastikan daftar tersebut berisi kebutuhan yang sudah habis dan akan segera digunakan. jangan tergiur membeli barang dalam jumlah banyak karena iming-iming harga lebih murah. jika akhirnya tidak terpakai dan rusak hanya akan membuang uang saja.

Penjual sudah membuat kalkulasi yang tetap menguntungkan meski menjual barang dengan murah, karena itu jangan sampai terkecoh. Belum tentu barang yang dijual murah tersebut kita butuhkan. Tidak jarang pula penjual yang menjual barang dengan murah karena merupakan stok lama yang mendekati masa expired. Jika tidak segera kita gunakan bisa jadi kedaluwarsa.

Buat skala prioritas


Ketika melihat barang dagangan, tidak sedikit yang ingin memborongnya. Strategi marketing memang bertujuan untuk menarik calon konsumen. Sebagai pembeli yang bijak, kita harus bisa membuat skala prioritas sehingga uang yang ada bisa bermanfaat secara maksimal. Tidak perlu mengikuti gaya hidup orang lain karena kebutuhan dan kondisi finansial bisa jadi berbeda.

Berbelanja secara online


Belanja secara online bisa menjadi solusi berhemat selama Ramadan. Dengan belanja online, kita tidak perlu meninggalkan rumah sehingga tetap bisa berpuasa dengan baik. Saat Ramadan banyak toko yang menjual barang dengan harga murah dan memberikan fasilitas bebas ongkos kirim. Hal tersebut bisa membantu untuk lebih berhemat. Untuk pembayarannya bisa menggunakan bank digital.

Dengan memiliki rekening bank digital bisa memudahkan dalam bertransaksi, termasuk ketika berbelanja online. Cukup menggunakan smartphone, kita bisa menemukan barang yang diinginkan, melakukan pembayaran, dan barang tersebut akan segera dapat diterima.

Jangan lupa membayar zakat


Membayar zakat merupakan kewajiban umat muslim yang mampu. Dengan membayar zakat, harta yang dimiliki akan lebih berkah dan bermanfaat. Membayar zakat tidak akan mengurangi harta, karena itu bisa segera menunaikannya. Jangan lupa untuk memasukkan pengeluaran untuk membayar zakat sebagai kebutuhan.

Saat ini untuk membayar zakat lebih mudah. Banyak bank yang menyediakan fasilitas bank digital dengan fitur pembayaran zakat. Cukup dengan membuka fitur tersebut, kita bisa menunaikan kewajiban sebagai muslim dan mendapatkan rasa cukup dengan harta yang dimiliki serta membangun rasa empati sehingga bisa menekan kebiasaan boros.

Membayar secara cashless


Langkah dalam mengelola keuangan selama Ramadan berikutnya adalah dengan membayar belanja secara cashless. Ketika menggunakan uang tunai untuk berbelanja sering kali menerima uang kembalian yang akhirnya hilang. Selain itu, tidak sedikit penjual yang menawarkan kepada pembeli untuk membelanjakan sisa uang cash yang dibawa sehingga tidak perlu ada kembalian.

Ini mendorong kita menjadi lebih boros. Dengan membayar menggunakan rekening bank digital, kita bisa mengeluarkan uang dengan jumlah tepat sesuai yang harus dibayar tanpa harus meminta kembalian. Hal ini menjadikan kita bisa lebih berhemat. Jangan sepelekan uang recehan karena jika dikumpulkan jumlahnya bisa menjadi banyak.

Kelola Keuangan Bisnis dengan digibank by DBS



Bank digital merupakan solusi bagi yang ingin bertransaksi secara mudah, termasuk dalam mengelola keuangan selama Ramadan. Aplikasi yang recommended adalah Aplikasi digibank by DBS karena memiliki fitur lengkap dan user friendly.

Dengan bertransaksi menggunakan rekening bank digital, kita lebih mudah memenuhi semua kebutuhan Ramadan. Selain itu karena tersedia dalam bentuk aplikasi, histori transaksi secara otomatis akan tercatat dan tersimpan. Dengan demikian memudahkan untuk melakukan evaluasi antara rencana pengeluaran dan realisasinya. Aplikasi digibank by DBS juga memiliki banyak keunggulan, seperti:

  • Proses transaksi lengkap, aman, dan mudah
  • Beragam pilihan produk asuransi dan lebih dari 150 produk investasi
  • Terdapat penawaran kartu kredit dan pinjaman dengan approval 60 detik.

Bank digital dari digibank by DBS merupakan solusi bagi siapa saja yang ingin mengelola keuangan, termasuk selama bulan puasa. Dengan pengelolaan yang baik kita bisa mendapatkan kebebasan finansial dan mampu mencukupi semua kebutuhan. Manfaatkan Aplikasi digibank by DBS sekarang juga dengan akses pada link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page
Copyright © N Firmansyah
Founder of Artifisial Indonesia.