6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Klinik Kecantikan

Woman Having a Massage: Pixabay on Pexels

Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk tampil cantik, dan salah satu cara yang paling praktis dan cukup diminati banyak wanita adalah dengan pergi ke klinik kecantikan. Tingginya permintaan masyarakat di bidang jasa kecantikan membuat klinik kecantikan mudah ditemukan di mana saja. Apalagi di daerah perkotaan, jumlahnya sampai-sampai tak terhitung lagi.

Karena itu, banyaknya jumlah klinik kecantikan ini membuat persaingan antara klinik kecantikan satu dengan yang lainnya menjadi sangat ketat. Tidak jarang, setiap klinik kecantikan selalu berusaha tampil berbeda dengan yang lain dari segi pelayanan maupun fasilitas kepada para pelanggannya. Namun, pelayanan yang lebih baik dan fasilitas yang lebih lengkap tentu saja membutuhkan modal yang juga lebih besar. Buat kamu yang modalnya minim, tentu saja akan mempertimbangkan untuk membuat klinik kecantikan yang sederhana dulu. Dari sana, jika sudah memiliki pelanggan tetap dan keuntungan yang besar, barulah mulai membangun klinik kecantikan yang lebih besar dari sebelumnya (dan tentu saja lebih lengkap dari segi fasilitas).

Nah, bagi kamu-kamu yang tertarik untuk membuka klinik kecantikan, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui tata cara dan syarat membuka klinik kecantikan agar tidak mengalami masalah seperti hukum terkait perizinan dan lain-lainnya. Berikut ini enam hal yang harus kamu perhatikan, yaitu…

Tentukan Siapa Target Pasar

Siapa saja yang menjadi target pasar kamu? Remaja, anak muda, orang-orang tua? Buatlah klinik kecantikan yang sesuai dengan gaya target pasar. Sesuaikan juga harga perawatan dengan isi kantong target pasar kamu agar tidak terjadi ketimpangan. Bila segmen atau target pasar dari klinik yang kamu bangun adalah kelas menengah ke atas, maka buatlah klinik kecantikan yang cukup mewah dari berbagai segi seperti segi bagunan dan tata letak peralatan di dalam klinik kecantikan tersebut. Dan yang terpenting, sediakan lahan parkir yang cukup karena kalangan atas biasanya selalu menggunakan kendaraan pribadi.

Pilih Lokasi yang Strategis

Ya. Kita semua tau bahwa lokasi yang strategis juga sangat menentukan sukses atau tidaknya sebuah usaha. Jadi, memang untuk membuat klinik ramai, haruslah dibangun di daerah yang padat penduduk seperti di perkotaan. Masalahnya adalah, biaya sewa yang sangat strategis tentu saja sangat mahal. Salah satu cara menyiasati masalah ini adalah, pilih lokasi yang agak jauh dari pusat kota, tetapi masih tetap dilalui banyak kendaraan dan bisa terlihat dengan jelas. Pastikan fasilitas penunjang untuk memanjakan pelanggan sudah tersedia seperti AC, lahan parkir, teleivisi, wi-fi, dan sebagainya. Buatlah pelanggan kamu nyaman dan betah.

Mengurus Surat Izin Usaha

Bagian ini juga sangat penting karena mengurus surat izin usaha menandakan bahwa usaha kamu resmi berbadan hukum dan terhindar dari penggusuran, penutupan paksa, atau hal lain yang tidak diinginkan di kemudian hari. Biasanya, klinik kecantikan yang sudah mendapat izin dari departemen kesehatan (depkes) lebih dipercaya oleh orang-orang sehingga lebih laris dibandingkan dengan klinik kecantikan biasa.

Peralatan dan Sarana yang Digunakan

Mba-mba beralis paripurna via Center-Spa.RU
Sediakan semua peralatan yang telah memenuhi standar untuk mendukung setiap praktik klinik kecantikan. Apalagi jika klinik kecantikannya menargetkan pasar di kelas menengah ke atas, sudah pasti peralatan yang digunakan harus memiliki kualitas yang bagus (kalau perlu yang terbaik). Selain peralatan, penting juga untuk menyediakan sarana penunjang lain seperti tempat tidur matras, meja, kursi, steamer, dan lampu. Untuk masalah harga, kembali lagi ke atas; sesuaikan dengan budget dan target pasar.

Pelayanan yang Memuaskan

Bagaimanapun, segala fasilitas tadi tidak akan ada artinya tanpa pelayanan yang memuaskan. Berikan pelayanan terbaik, gunakan tenaga ahli di bidangnya, agar fasilitas-fasilitas terbaik yang disediakan bisa memuaskan para pelanggan sehingga mereka betah dan akan terus datang ke klinik yang sama dari waktu ke waktu. Keuntungan dari hal ini juga adalah, orang-orang akan mempromosikannya secara cuma-cuma jika pelayanannya memuaskan.

Lakukan Promosi

Tentu saja agar sebuah klinik kecantikan ramai dan dikenal banyak orang maka harus dilakukan promosi. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan seperti membuat iklan yang unik, promosi di media sosial, bekerja sama dengan endorser, dan lain-lain. Kegiatan promosi sangat diperlukan agar bisnis kamu semakin dikenal luas. Lewat media sosial, kemungkinan untuk dikenal tidak hanya sebatas di dalam kota tetapi hingga luar kota bahkan seluruh dunia.

Selain itu, kamu bisa juga memasarkan bisnis dengan cara bergabung bersama perusahaan startup. Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi sekarang ini membuat banyak usaha yang memanfaatkan dunia digital sebagai media pemasarannya.

Kamu bisa bergabung dengan software bisnis klinik yang ada di Fitnesia. Fitnesia adalah platform untuk menemukan dan memesan aktivitas olahraga, spa, dan salon terdekat dengan kamu. Salah satu layanan dari Fitnesia sendiri adalah menjadi software bisnis klinik kecantikan yang memudahkan usaha agar dikenal luas di masyarakat, memudahkan pelanggan untuk melakukan booking perawatan, menawarkan program membership, dan produk. Selain itu, software klinik kecantikan juga bisa membantu kamu untuk mendata pelanggan, staf, pemasaran, laporan, dan segala hal penting lainnya dalam menjalankan bisnis klinik kecantikan.

Jadi gimana, tertarik tidak bergabung dengan Fitnesia? Langsung saja hubungi nomor WhatsApp 0878-8660-2954 untuk informasi lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment