Pulsa

via Steve Johnson on Pexels.

Zaman sekarang masih ada nggak sih orang yang nggak punya ponsel? Kayaknya nggak ada deh. Bahkan, nggak jarang satu orang punya lebih dari satu ponsel bahkan beberapa. Gue sendiri menggunakan dua ponsel, satu khusus untuk internetan dan satu lagi khusus buat SMS dan telepon. Rencananya, bulan ini juga gue mau nambah satu lagi buat cadangan kalau ponsel yang gue pake sekarang tiba-tiba meledak. #ciyegitu

Menggunakan lebih dari satu ponsel memang meningkatkan jumlah pengeluaran, mulai dari pemakaian pulsa dan kuota internet yang berlipat, sampai penggunaan listrik yang lebih banyak dari biasanya (anak ekonomi mah gitu, semuanya dihitung). Belum lagi kalau baterai ponsel mulai boros. Tapi, sepanjang kegunaannya masih menunjang pekerjaan, nggak masalah, kan?

Faktanya, smartphone tanpa kuota data memang tidak lebih sekadar featured phone. Dan featured phone tanpa pulsa juga nggak terlalu banyak berguna. Penggunaan ponsel mulai dari SMS, telepon, chatting, dan gaming, semuanya membutuhkan pulsa. Ya kali kirim SMS bayarnya cash. Bokap, sebagai seorang pengusaha, udah nggak bisa lagi yang namanya punya ponsel nggak ada pulsanya. Isi pulsa setiap hari udah kayak kebutuhan pokok manusia, bahkan kadang kalau sedang sibuk-sibuknya berkomunikasi dengan rekannya, Bokap ngisi pulsa tiga kali sehari, udah kayak minum obat.

Tapi gara-gara itu Bokap jadi sangat boros dalam hal pengeluaran membeli pulsa. Karena itu gue selalu menyarankan ke beliau buat menggunakan provider yang bersahabat dan pintar-pintar memilih provider yang menawarkan harga paling hemat setiap transaksi biar nggak tau-tau kantong udah jebol terus marah-marah nggak jelas karena duit di dompetnya tau-tau udah habis aja.

Kebutuhan pulsa yang sudah sama seperti kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi membuat berbagai macam bisnis yang berhubungan dengan pengisiannya, muncul. Konsumen diberikan banyak sekali pilihan untuk isi pulsa yang lebih mudah, di antaranya…

#1 Beli pulsa online

Sistem beli pulsa yang satu ini memang sedang marak-maraknya dan terbukti sangat banyak peminatnya karena orang tidak perlu pergi ke mana-mana untuk memesan atau membelinya melainkan bisa langsung mengisi lewat ponsel pintarnya di toko online yang mendukung fitur tersebut.

Caranya sendiri cukup mudah, tinggal memasukkan nomor tujuan, nominal, lalu bayar dan pulsa akan langsung masuk ke nomor tujuan yang telah dimasukkan.

#2 Beli pulsa lewat ATM

Beberapa bank besar saat ini menawarkan pengisian pulsa langsung lewat ATM. Bank-bank tersebut di antaranya adalah BRI, Mandiri, BNI, dan BCA. Semua bank ini memberikan fasilitas pembelian pulsa langsung yang bisa dilakukan di ATM tersebut. Kelebihannya adalah bank tidak memberikan biaya administrasi sehingga bisa lebih hemat.

#3 Beli langsung ke konter terdekat

Sampai sekarang masih banyak yang menggunakan cara ini untuk mengisi pulsa. Kelebihan menggunakan cara ini adalah tidak perlu khawatir pulsa tidak masuk setelah dibayar atau pulsa salah kirim. Selain itu bisa langsung dibayar tunai kepada penjualnya. Kelemahannya adalah, penjual pulsa seperti ini jarang ada yang 24 jam sehingga jika butuh pada waktu tertentu, tidak bisa diandalkan. Dan, juga agak buang waktu kalau kalian adalah orang yang sibuk.

#4 Beli lewat Indomaret atau Alfamart

Pembelian lewat minimarket sekarang juga semakin mudah. Beberapa minimarket mulai menerapkan layanan isi pulsa langsung seperti saat membeli secara online. Bedanya hanya, pembeli harus datang langsung ke minimarketnya untuk melakukan transaksi.

Itulah beberapa pilihan mengisi pulsa yang bisa kalian coba. Karena sudah jadi kebutuhan, belakangan banyak orang yang juga tertarik untuk terjun ke bisnis yang satu ini. Siapa tau kalian juga tertarik? Modalnya minim dan risikonya juga kecil.

No comments:

Post a Comment