5 Alasan Kenapa Gamer Sejati Harus Punya ASUS ROG G752VS


Seorang gamer sejati pasti tidak akan bisa lama-lama jauh dari layar ataupun game kesayangannya. Ia pun pasti selalu update informasi terbaru soal game dan grafis terbaik untuk mendukung kegiatan gamingnya agar bisa merasakan pengalaman terbaik dalam bermain.

NVIDIA, salah satu vendor pembuat prosesor grafis terbaik di dunia belum lama ini resmi merampungkan pengembangan arsitektur kartu grafis terbaru mereka bernama Pascal untuk menggantikan chip grafis terdahulunya yang berbasis Maxwell. Saat ini, chip grafis NVIDIA Pascal yakni GTX1000 series juga sudah hadir untuk segmen notebook.

Sebagai pemilik brand Republic of Gaming, nama yang sangat identik dengan produk yang menawarkan pengalaman bermain terbaik, ASUS sangat serius memperkuat posisinya di segmen tersebut. Kali ini, ASUS kembali mempersembahkan pembaruan di lini notebook gaming dengan menghadirkan ASUS ROG G752VS yang sudah diperkuat oleh grafis NVIDIA Pascal GTX 1070 yang menjadikannya sebagai notebook terkuat.

Menurut Juliana Cen, Country Product Group Leader ASUS Indonesia, ASUS ROG ini adalah notebook gaming pertama yang hadir dengan kekuatan Pascal di pasaran. Dengan CPU Intel® Core™ i7-6820HK Processor 8MB cache @ 2.7GHz (3.6GHz Turbo, overclock up to 4GHz) dan memori RAM 64GB 2133MHz DDR4 jelas semakin mempertegas bahwa ASUS benar-benar berkomitmen untuk selalu mempersembahkan gaming machine yang tidak tanggung-tanggung untuk para gamers sejati.

ASUS ROG G752VS merupakan line up notebook gaming terbaru di 17 inchi. Ugrade yang disediakan adalah teknologi graphics card paling mutakhir buatan NVIDIA seri ke-10. Versi tersebut merupakan generasi VGA yang diperkenalkan NVIDIA baru-baru ini, yang tentu saja lebih kuat dan mumpuni dari generasi-generasi pendahulunya.
ASUS ROG G752VS tampak depan

“Kehadiran notebook gaming ROG G752VS tentu semakin mempertegas komitmen ASUS untuk selalu mempersembahkan gaming machine yang mumpuni bagi kalangan gamers,” ucap  Juliana Cen. “ASUS ROG G752VS dirancang dengan berbagai macam pembaruan dari aspek dapur pacu. Pada prosesor digunakan Intel generasi ke-6 core i7-6820HK yang merupakan prosesor versi unlock sehingga dapat di-overclock performanya. Juliana menambahkan.

Juliana melanjutkan, ASUS ROG G752VS pun telah mendukung teknologi Virtual Reality (VR) dan memiliki RAM DDR4 sebesar 64GB. Kartu grafis yang digunakan pada produk G752VS adalah NVIDIA GTX1070 dengan video memori sebesar 8GB berjenis DDR5.

Dengan kehadiran dukungan teknologi Virtual Reality di ASUS ROG G752VS yang mana adalah teknologi paling terkini dan sedang banyak ditunggu-tunggu para gamers, tentu saja akan menjadi pengalaman baru yang sangat tidak sabar ingin dinikmati para gamers karena dapat membuat pengalaman bermain game menjadi lebih hidup. Teknologi Virtual Reality ini jelas adalah pilihan yang sangat tepat yang diambil oleh ASUS.
Virtual Reality

Graphics Processing Unit (GPU) tersebut, sambung Juliana, merupakan VGA yang dipersiapkan khusus untuk perangkat mobile oleh NVIDIA. “Yang menarik, grafis berbasis arsitektur Pascal 16 nanometer ini didesain berbeda dengan generasi terdahulu,” imbuh Juliana lagi.

Jika NVIDIA grafis versi mobile generasi sebelumnya merupakan grafis versi desktop yang dipangkas berbagai fiturnya, grafis NVIDIA 1000 series pada notebook memiliki fitur sama dengan varian desktop. Dengan efisiensi energi yang sudah lebih baik, hanya nominal Thermal Dissipation Power (TDP) saja yang diturunkan. Artinya, performanya tetap gahar bagaikan performa grafis kelas desktop.

Keyboard Lengkap dan Sistem Pendingin Ganda

ASUS ROG G752VS menggunakan full-size chicklet keyboard yang dilengkapi dengan backlight dan jarak tekan sebesar 1.6 milimeter yang memastikan kenyamanan pengguna dalam bermain. Tak hanya itu, ASUS juga memperhatikan kebutuhan para gamers, oleh karena itu, ASUS menambahkan tanda khusus di tombol WASD untuk memudahkan pengguna saat bermain dalam suasana redup.

Yang menarik, keyboard yang digunakan pada notebook Strix ini sudah mendukung 30 keys anti-ghosting keyboard. Dengan fitur ini, para gamers dapat memainkan game sambil menekan berbagai kombinasi tombol di keyboard sekaligus untuk menjalankan instruksi atau melakukan gerakan tertentu di dalam game tanpa masalah.
Tampilan keyboard ASUS ROG G752VS

Pengguna juga tidak perlu khawatir akan suhu berlebih. ASUS yang merupakan produsen utama motherboard di dunia telah mempersiapkan teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU notebook ASUS ROG G752VS untuk menghasilkan pendinginan maksimal. Di samping itu, ASUS juga menyertakan fitur Ice Cool Technology yang menjaga bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin.

Pengalaman Multimedia Bertenaga

Dilengkapi kartu grafis NVIDIA GeForce GTX1070 dengan memori 8GB GDDR5 128-bit, notebook ini memang didesain untuk menunjang game berat. Dengan spesifikasi kartu grafis kelas menengah ke atas, tentu saja berbagai game berat dengan teknologi terbaru bisa dijalankan dengan resolusi dan detail yang tinggi.

Selain performanya yang memukau, kartu grafis ini juga sudah mendukung port HDMI 4K2K output jika pengguna ingin menggabungkannya dengan monitor atau bermain di layar yang lebih besar dengan resolusi maksimal.

Sebagai tambahan, ASUS turut melengkapi teknologi terbaru pada notebook ini dengan port USB Type-C (USB 3.1 Gen 2) dengan kecepatan transfer data yang tinggi hingga 20Gbps. Port USB Type-C ini pun memiliki bentuk yang kecil dan simetris, sehingga mempermudah pemasangan ke port USB tanpa khawatir terbalik.

Kehebatan ASUS ROG G752VS tidak berhenti sampai di situ, para gamers pun dimanjakan dengan penyimpanan ekstra lega mencapai 1TB yang terdiri dari 2 buah storage berjenis SSD berukuran 512GB NVME PCIEx4. Hal ini tentu akan semakin menambah keseruan dalam bermain karena para gamer bisa menyimpan game dalam jumlah banyak di dalamnya. Dengan menggunakan SSD pun membuat sistem akan mampu berjalan lebih lancar dan cepat.

Masih mengantongi rancangan desain Iron Man style, mata para gamers akan lebih dimanjakan dengan resolusi layarnya yang mencapai Ultra HD atau 4K yang telah dilengkapi dengan teknologi G-SYNC. Keren sekali, kan?
ASUS ROG G752VS yang mengusung Iron Man Style

ASUS ROG G752VS tampak belakang jika ditutup
ASUS ROG G752VS saat terbuka dilihat dari samping
ASUS ROG G752VS dilihat dari samping saat tertutup
Cooling system ASUS ROG G752VS dilihat dari dekat

“Teknologi G-SYNC akan men-sinkronisasi refresh rate display dengan GPU, menghilangkan screen tearing dan meminimalisir lag. Hasilnya, tampilan tampak instan, objek terlihat lebih tajam dan gameplay menjadi sangat lancar,” ucap Juliana.

Tampilan layar ASUS ROG G752VS dengan kejernihan yang memukau

Solusi Pendingin Cerdas dan Berlimpah

Selain itu, ASUS ROG G752VS punya solusi pendingin yang cerdas dan berlimpah. Sistem pendinginan pada ROG G752VS dirancang menggunakan teknologi dual copper (menggunakan dua kipas dan pendinginan berbahan tembaga) untuk menjaga suhu tetap rendah, bahkan selama sesi overclocking demi menjamin stabilitas. Kipas pendinginnya juga telah dipasang di GPU dan CPU untuk memaksimalkan efisiensi kinerja.


Di dalam mesin game mutakhir tersebut, terpasang tiga buah heatpipe (pipa pengalir panas) yang mengarah langsung pada GPU untuk mengeluarkan hawa panas. Suhu panas yang dialirkan itu dipastikan  tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna. Ini dikarenakan ventilasi udara telah didesain secara apik untuk membuang panas ke belakang laptop bukan ke samping ataupun bawah.

Solusi kedua, ASUS juga merupakan produsen notebook gaming pertama di dunia yang telah membenamkan notebook gamingnya dengan teknologi bernama 3D Vapor Pipe Chamber untuk mengangkal panas. Teknologi tersebut akan bekerja ketika perangkat mulai terdeteksi mereproduksi suhu panas berlebihan pada komponen CPU dan GPU. Nantinya panas yang dikeluarkan itu akan langsung dinetralisir oleh cairan (liqiud) yang terdapat pada ruang uap vapor tersebut.

Tidak hanya itu, ASUS ROG G752VS juga memiliki solusi manajemen panas bernama Anti Dust Thermal Tunnel. Fitur tersebut secara ekslusif didesain untuk membuang debu dan kotoran yang dapat menumpuk pada kipas sehingga tidak menempel pada heatpipe. Hal tersebut juga akan meningkatkan performa dari cooling system perangkat itu sendiri.

Dalam paket pembelian turut di-bundling secara gratis ROG Gaming mouse serta headset untuk pengguna. Di Indonesia, notebook gaming yang disediakan bersama sistem operasi bawaan Windows 10 ini dibanderol seharga Rp59.299 juta.

Berikut ini adalah spesifikasi lebih lengkap ASUS ROG G752VS


Jika mengaku sebagai gamer sejati, maka perangkat ASUS ROG G752VS ini wajib dimiliki. Jika disimpulkan, setidaknya ada 5 alasan paling mendasar kenapa para gamers sejati wajib memiliki perangkat gaming paling baru dan paling kuat dari ASUS ini.

Satu, world first mobile 3D favor pipe chamber cooling system.

Ya, ASUS adalah produsen notebook gaming pertama yang menyematkan teknologi pendingin terbaik ke dalam seri notebook-nya yaitu ASUS ROG. Dengan spesifikasi tingkat dewa dan teknologi pendingin ini, seorang gamer bisa memainkan game yang sangat berat hingga 8 jam non-stop. Sebagai gamer sejati, maka bermain game selama 8 jam non-stop dalam sehari adalah sebuah kewajiban dan ASUS ROG G752VS mampu memenuhi kewajiban para gamers tersebut.

Dengan spesifikasi dan teknologi itu juga, ASUS ROG G752VS mampu berjalan 55.7% lebih cepat dalam proses loading game yang berat dan 21% lebih cepat untuk saving bila dibandingkan dengan perangkat gaming pada umumnya. Hasilnya, pemain tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memainkan game favoritnya.

Dua, Anti-Dust Release.

Semakin lama dan semakin sering sebuah perangkat digunakan maka akan semakin rentan terhadap debu dan kotoran. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan teknologi anti-dust release atau anti-dust thermal tunnel yang ada di dalam ASUS ROG G752VS maka kotoran dan debu yang menempel atau menumpuk pada kipas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi di bagian belakang, dengan begitu kinerja dari ROG G752VS pun tidak akan terhambat dan performa dari cooling system semakin meningkat.

Tiga, anti-ghosting keyboard.

Semua gamers pasti pernah mengalami kejadian di mana pada saat mereka menekan lebih dari 5 tombol secara bersamaan, maka di layar akan tiba-tiba muncul pemberitahuan bahwa tombol yang ditekan terlalu banyak. Atau parahnya, hal tersebut memaksa game yang sedang berjalan berhenti secara paksa padahal datanya belum sempat tersimpan.

Dengan teknologi anti-ghosting keyboard dari ASUS ROG G752VS, para gamers dimungkinkan untuk menekan hingga 30 tombol keyboard dalam waktu bersamaan tanpa mengalami gangguan apa pun. Bahkan, disediakan juga fitur tombol makro yang dapat membuat pengalamn bermain game jadi semakin nyaman.

Empat, Virtual Reality.

Virtual Reality atau VR adalah hal paling baru dan paling keren yang ditemukan di dunia teknologi. Kehadirannya menjadi sesuatu yang sangat dinanti-nantikan oleh berbagai kalangan dan berbagai perusahaan berbasis teknologi di seluruh dunia. ASUS memanfaatkan peluang ini dan menyematkannya ke dalam perangkat ROG G752VS. Jadi, jika para gamers ingin menikmati sensasi berbeda dalam bermain game maka produk ini wajib dimiliki.

Lima, XSplit Game Caster.

XSplit Game Caster adalah salah satu fitur unggulan ASUS ROG G752VS yang kemungkinan belum dimiliki oleh notebook gaming yang lain.
Merekam aktivitas layar di ASUS ROG G752VS dengan XSplit Game Caster

Beberapa gamers kekinian sangat senang membagikan hasil kemenangannya saat bermain game ke media sosial, blog pribadi, atau mungkin channel YouTube yang dimilikinya. Dengan XSplit Game Caster, para gamers dapat merekam aktivitas bermain game mereka dan bisa langsung mengunggahnya ke YouTube. Penggunaannya sama seperti screen recorder pada umumnya namun di ASUS ROG G752VS dapat dinikmati secara gratis dan beberapa scene dapat dipotong dengan mudah sebelum mengunggahnya ke internet.


Itulah penjelasan dan 5 alasan dasar kenapa para gamers sejati harus punya perangkat ASUS ROG G752VS. Sensasi dan pengalaman bermain yang berbeda di ASUS ROG G752VS tidak akan membuat penggunanya menyesal sedikit pun.

Mungkin sampai di sini, beberapa gamers masih belum puas karena belum melihat hasil sebenarnya dari performa ASUS ROG G752VS ini. Ketika membahas performa, tentu saja ini adalah bagian yang paling krusial untuk dibicarakan. Terlebih lagi ketika membahas soal kinerja perangkat gaming, akan ada banyak harapan dan ekspektasi di dalam benak para gamers mengenai kesanggupan notebook tersebut untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan penggunanya. Berikut ini adalah beberapa hasil benchmark dari ASUS ROG G752VS yang membuktikan bahwa performanya begitu gahar maksimal.


Seperti yang terlihat, ASUS ROG G752VS menggunakan rangkaian spesifikasi  paling buas saat ini. Di dalamnya terpatri berbagai komponen mutakhir seperti prosesor Intel Core i7 6100HQ yang mampu di-overclock.


Bicara tentang prosesor, notebook ini juga dibekali dengan prosesor yang tidak kalah cepat dan menarik untuk dibahas. Karena saat ini prosesor Intel Core generasi terbaru yakni i7-6700HQ tercatat sebagai prosesor terkini yang menggunakan arsitektur Skylake 14 nm yang sangat kecil, Quad core dan 8 threads.

Prosesor ini memiliki frekuensi di angka 2.6 GHz dan bisa bekerja hingga 3.5 GHz dengan Intel Turbo Boost Technology. Chip tersebut juga memiliki nilai TDP sebesar 45 Watt.

Soal performa berdasarkan pengalaman penggunaan yang gue rasakan, rasa-rasanya sudah tidak ada lagi yang harus dikhawatirkan dari perangkat ini. Laptop bergaya Iron Man ini mampu melewati semua ujian yang penulis bebankan  dengan baik. Dari mulai bermultitasking ringan hingga high pressure.

Sebagai contoh level tertinggi gue menjalanka beberapa aplikasi sekaligus seperti bermain game, mengedit video, sambil mengedit dokumen, semuanya berjalan mulus tanpa hambatan. Suhu yang terjadi ketika full load bisa mencapi 70-79 derajat celcius lebih. Tetapi itu masih tergolong aman karena sudah disematkan teknologi pendingin yang sebelumnya dijelaskan. Serta masih juga ditambahkan dengan proses read and write aplikasi yang berjalan di sistem  juga terbilang sangat lancar. Dapat disimak hasil benchmark-nya melalui aplikasi CrystalDiskMark yang gue sajikan. Hal ini berkat penggunaan storage bertipe NVMe SSD pada perangkat tersebut.



Kemudian berikutnya adalah chip grafis NVIDIA GTX1070 yang tertanam di dalam ASUS ROG G752VS. NVIDIA mengklaim, mikroarsitektur pada NVIDIA Pascal akan membawa banyak sekali peningkatan pada pada perangkat gaming.


NVIDIA menjanjikan perbandingan perbedaan kekuatan yang cukup jauh pada arsitektur chip grafis berbasis Pascal dibandingkan dengan Maxwell. Pada GTX1070 kekuatannya mencapai 2,5X lipat dibandingkan dengan sang pendahulu GTX970.


GTX1070 membawa rentetan spesifikasi antara lain, memiliki jumlah CUDA Cores sebanyak 2048, VRAM sebesar 8 GB menggunakan dan memori speed mencapai 8 Gbps. Sedangkan tingkat boost clock-nya mencapai 1645 MHz.


Dibandingkan generasi sebelumnya, GTX 1070 memiliki nilai boost clock jauh lebih tinggi 1,4x dibandingkan dengan GTX970. Besaran video memori yang dimiliki juga meningkagt 2 GB menjadi 8 GB dari sebelumnya hanya 6GB.

Sementara pada G752VY, chip grafis yang digunakan adalah GTX980M yang memiliki jumlah CUDA Cores 1536. Kartu grafis tersebut juga menggunakna memori interface GDDR5 256 bit, yang kecepatannya dapat didongkrak hingga 1038 MHz.

Mungkin yang terakhir, adalah perbandingan paling menonjol antara kekuatan performa dari NVIDIA GTX1070 di dalam perangkat ASUS ROG G752VS dengan pendahulunya yaitu GTX980 dan GTX970.


Itulah 5 alasan ditambah fakta tentang performa gahar maksimal dari perangkat ASUS ROG G752VS yang akan membuat para gamers tercengang dan tidak sabar ingin "menungganginya".

No comments:

Post a Comment