Open

4 Cara Ampuh untuk Mencegah Ular Masuk ke Rumah


Banyaknya kebutuhan rumah di Indonesia membuat para pengembang perumahan bekerja keras untuk membangun rumah di Indonesia. Tentunya ini adalah untuk memenuhi kebutuhan para masyarakat yang membutuhkan hunian.

Maka jangan heran ketika banyak pengembang yang membuka lahan untuk membuat rumah. Mereka membangun rumah di kawasan rasa, atau kebun yang sebelumnya bahkan nggak terjamah oleh bangunan sama sekali. Lihat saja banyak rumah dijual di Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, atau kota besar lain yang kini sudah menggunakan lahan bekas persawahan atau perkebunan.

Hal ini tentu membuat beberapa hewan yang biasanya menempati daerah tersebut kehilangan habitat, seperti ular misalnya. Sehingga ular-ular tersebut menjadi kerap masuk ke dalam rumah. Tentunya ini sangat mengganggu dan bisa berisiko bagi penghuninya.

Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki rumah baru yang berada di kawasan seperti yang gue sebutkan di atas, maka akan besar kemungkinan rumah kamu akan dimasuki oleh hewan liar seperti ular. Tapi nggak perlu khawatir karena kamu dapat menggunakan beberapa langkah berikut untuk mencegah hal tersebut terjadi…

Satu, jaga kebersihan rumah dan lingkungannya.

Ular adalah binatang yang menyenangi tempat yang gelap dan juga dingin. Bagian tak terlihat dari tumpukan barang-barang merupakan tempat yang sering digunakan ular untuk bersemayam. Maka dari itu, cobalah bersihkan rumah dari banyak tumpukan barang-barang sehingga rumah bersih dan tidak memancing ular untuk masuk.

Tidak hanya di dalam ruangan, cobalah untuk membersihkan lingkungan di luar rumah seperti taman, semak-semak, dan juga pohon yang ada di halaman rumah. Ada pula ular yang senang untuk tinggal di genangan air, maka cobalah untuk membersihkan genangan air di lingkungan rumah kamu.

Dua, bersihkan rumah dari makanan ular.

Ular senang dengan rumah yang memiliki makanan untuknya. Makanan ular di antaranya adalah tikus, dan juga beberapa serangga kecil. Maka dari itu, bebaskan rumah kamu dari tikus dan cobalah untuk membersihkan rumah sehingga tidak ada serangga-serangga yang dapat menjadi makanan ular. Dengan begitu, ular tidak akan memiliki alasan untuk masuk ke rumah yang kamu huni.

Tiga, gunakan benda yang ditakuti ular.

Sebenarnya, ada banyak hal yang ditakuti oleh ular. Di antaranya adalah garam dan juga ijuk. Cobalah juga untuk memelihara binatang yang memiliki kuku tajam seperti anjing, kucing, ayam, elang, dan lainnya. Selain itu, manfaatkan tanaman lidah mertua dan juga pohon tanjung yang tidak disukai oleh ular.

Empat, jangan berikan celah untuk ular masuk.


Cobalah untuk mencari celah-celah yang dapat dijadikan pintu masuk oleh ular. Celah yang sempit dan dingin merupakan tempat yang sering dijadikan tempat bersemayam bagi ular. Tidak hanya itu, celah tersebut dapat menjadi pintu masuk bagi ular. Tutuplah tempat-tempat yang memungkinkan itu agar ular tidak memiliki akses untuk masuk ke dalam rumah.

No comments:

Post a Comment