Open

6 Hal Positif yang Bisa Diambil dari Game Pokemon GO




Jaman dulu permainan yang paling seru buat gue adalah main petak-umpet. Jadi pulang sekolah gue makan lalu tidur siang, sorenya gue ngumpulin teman-teman gue buat dipencarin lagi dan nyari mereka satu per satu sampai diteriak-teriakin emak baru berhenti. Lalu semua permainan menyenangkan itu mulai menghilang sejak Negara Gadget menyerang.

Tapi beberapa waktu yang lalu, situs yang suka bahas gadget kesayangan gue nerbitin sebuah berita kalau ada permainan baru di gadget yang bisa ‘menghidupkan kembali’ permainan masa kecil gue.

Pokemon GO.

Pokemon GO adalah sebuah game yang memberikan warna baru dalam dunia game. Menggabungkan antara dunia nyata dan dunia virtual untuk mengumpulkan berbagai jenis Pokemon di seluruh penjuru dunia kampung. Permainan Pokemon GO hampir sama dengan permainan petak-umpet. Bedanya, dalam petak-umpet kamu disuruh mencari sendiri tempat persembunyian teman main sedangkan di Pokemon GO kamu dikasih tau dan disuruh mendatangi langsung tempat para Pokemon berada.

Awalnya gue nggak begitu tertarik dengan permainan yang diadaptasi dari anime Pokemon ini, tapi gara-gara timeline Twitter penuh dengan #PokemonGO gue jadi penasaran dan akhirnya mencoba juga. Dan gue menyimpulkan bahwa game ini sangat cocok untuk orang-orang dengan jiwa introvert yang nggak begitu memiliki ketertarikan dengan dunia luar dan juga anak-anak yang selama ini ketagihan bermain game di rumah.

Tapi bukan cuma itu, ternyata ada banyak hal-hal positif yang bisa diambil dari game Pokemon GO ini, dan beberapa hal itu antara lain…

Tubuh jadi lebih sehat karena beraktifitas lebih banyak di luar ruangan.

Memainkan Pokemon GO berarti kamu harus dituntut untuk beraktifitas di luar rumah untuk mencari lokasi di mana sang Pokemon berada. Ada yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan ada yang bisa ditangkap hanya dengan berjalan kaki. Hal ini bikin kamu jadi lebih aktif yang berarti bikin tubuh jadi lebih sehat dibanding game lain yang cuma memaksa kamu berdiam diri di kamar.

Bisa menurunkan berat badan tanpa biaya mahal.

Semahal-mahalnya biaya yang kamu keluarkan ketika memainkan Pokemon GO adalah kuota dan baterai yang boros karena GPS dan paket internet harus tetap aktif dan stabil untuk menemukan seekor Pokemon. In-App Purchase hanyalah pilihan yang sangat bisa kamu abaikan. Cobalah sekali-kali putuskan buat nyari Pokemon sambil jalan dan rasakan sendiri efeknya.

Bisa ketemu Pokemon Hunter lainnya.

Kalo ada yang nunduk-nunduk sibuk pegang gadget sambil sesekali celingak-celinguk kebingungan di jalanan, bisa jadi dia juga adalah orang yang sedang nyari Pokemon. Kamu bisa bertutur sapa dengannya dan bisa saling bertukar lokasi keberadaan Pokemon lainnya. Kalo sesama jenis, bisa kamu jadiin kakak atau adik, kalau lawan jenis ya bisalah dijadikan kakak atau adik juga. Yakali pacar. ~

Jadi hafal nama-nama Pokemon selain Pikachu.

Gue pribadi, sejak Pokemon nggak lagi muncul di televisi pas hari libur, gue cuma hafal dua jenis Pokemon; Pikachu dan Charmander. Dengan memainkan Pokemon GO gue jadi tau nama-nama Pokemon lain yang kekuatannya nggak kalah unik dari sekadar serangan listrik 100.000 volt atau kekuatan api yang bisa melemparkan empat ekor musuh sekaligus.

Jadi tau banyak tempat.

Letak para Pokemon sudah ditentukan oleh pembuatnya dan disebar di berbagai tempat di daerah masing-masing. Ada yang dilokasikan di tempat yang gampang ditemukan dan ada yang ditempatkan di lokasi yang mungkin masih asing buat kamu. Dengan memainkan Pokemon GO kamu bisa jadi tau dan hafal serta bisa menjadikan lokasi-lokasi itu sebagai penanda jalan biar nanti nggak tersesat.

“Ini kita ke mana lagi ya, Bro?”

“Oh, ini habis ngelewatin tempat Rattata belok kiri, habis itu jalan sampe mentok ketemu tempat Charmander belok kanan. Sebelum ketemu tempat Oddish belok kiri sampai ujung jalan ngelewatin tempat Spearow ada pertigaan belok kiri lagi.”

Kurang lebih seperti itu contoh percakapannya.

Bisa dijadiin alasan buat ketemu sama mantan.

Nggak ada kata buntu dalam memperbaiki hubungan yang sudah putus. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan game Pokemon GO. Kamu bisa datang ke rumah mantan kamu dengan ngasih alasan yang masuk akal ketika ditanya, “Ngapain kamu ke sini lagi, kita kan udah putus?!”

“Aku ke sini bukan buat ketemu kamu, kok. Aku lagi nyari Pokemon, katanya di sekitar sini ada dua jenis Pokemon. Crabby di dapur dan Poliwag di depan kamar kamu.”

Hal terburuk yang mungkin terjadi ketika kamu melakukannya paling digampar, tapi bisa jadi kamu bisa balikan sama mantan dengan cara itu juga. Tapi kemungkinan kedua hanya bisa terjadi kalau mantan kamu juga ternyata masih sayang sama kamu. Dicoba tak mengapa, gagal paling pipi bengkak kena gamparan.

No comments:

Post a Comment