Open

Ronaldo Masih yang Terbaik?

Banyak yang begadang semalaman termasuk gue hanya untuk menyaksikan penerimaan penghargaan untuk pemain terbaik Eropa: Ballon D’Or 2013 yang pada akhirnya jatuh (kembali) ke tangan si pemilik nomor togel punggung #7 Real Madrid, Christiano Ronaldo dos Santos Aveiro. CR7 akhirnya mematahkan dominasi El Messaya yang meraih trofi Ballon D’Or empat tahun berturut-turut sebelumnya.


Nggak bisa dipungkiri, hanya dua nama ini yang menjadi kandidat terkuat meski beberapa pekan sebelumnya sempat mencuat pernyataan dari striker Bayern Munchen, Frank Ribery bahwa ia lebih layak mendapat trofi pemain terbaik Eropa 2013 dibanding Messi dan Ronaldo yang diunggulkan. Tentu saja pernyataan itu bukan tanpa alasan. Ribery menjadi pemain terbaik Liga Jerman musim ini dan membawa FC Hollywood menyabet gelar Liga Champions dan Bundesliga. Juga turut berperan saat Barcelona, klub Lionel Messi “diajari” main bola oleh Si Merah dari Jerman itu. Masih ingat dong?


Kita semua tahu, musim lalu Real Madrid yang terkenal sebagai klub kaya raya dengan segudang pemain mahal mengakhiri musim tanpa gelar satu pun di bawah kepemimpinan Jose Mourinho yang sekarang comeback ke Chelsea, ketemu lagi sama Frank Lampard. Kita semua tahu, musim lalu Messi dan separuh musim ini Messi lebih banyak duduk di bangku cadangan karena cedera. Dan kita semua tahu, semalam Ronaldo merebut kembali gelar pemain terbaik Eropa.
Tapi, bukan itu point of view-nya.

Pertama, Ronaldo memang jadi pemain terbaik, tapi klub terbaik masih tetap dipegang Barcelona. Dan itu kenyataannya.

Kedua, Ronaldo mampu meraih Ballon D’Or di dua klub berbeda. Messi meraih empat trofi empat tahun berturut-turut di klub yang sama. Itu poin pentingnya.
Ketiga, kita semua tahu, sebelum Messi meraih Ballon D’Or empat kali berturut-turut, Ronaldo sudah lebih dulu meraihnya. Dan tadi malam, Ronaldo kembali meraihnya.

Keempat, ketika Messi menjadi yang nomor satu, siapa yang nomor dua empat tahun berturut-turut juga?

Kelima, gue udah banyak kali bilang, "Kita semua tahu", abaikan aja.

If you know what I mean, kalian pasti bisa menyimpulkan, siapa yang sebenarnya pemain terbaik. Do you agree?

Gue bukan mau men-judge bahwasanya Messi lebih baik dari Ronaldo atau pun sebaliknya, karena gue sama sekali bukan penggemar kedua klub elite ini. Gue lebih mau mendukung Persib Bandung main di Liga Champions Asia dan PSM Makassar main lagi di Liga Super Indonesia.

2 comments:

  1. gue udah bilang ga ngerti bola, ngapa lu masih maksa gue buat baca?! :(

    ReplyDelete