Cermati Indonesia

Public Domain Pictures on Pixabay

Memiliki usaha sendiri tentunya merupakan idaman setiap orang, baik anak muda hingga orang dewasa. Kebebasan finansial adalah tujuan dari memiliki usaha sendiri, tak terikat waktu yang terlalu ketat alias waktu yang lebih fleksibel, maupun pemasukan yang bisa lebih memuaskan jika dibandingkan bekerja di perusahaan milik orang lain. Namun demikian, untuk memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah, perlu perhitungan yang matang mulai dari target market, target pemasukan untuk mendorong motivasi kerja, hingga supervise terhadap anak buah yang menjadi kaki usaha yang akan kita rintis. Namun terlepas dari sisi strategi tersebut, sering kali yang menjadi momok menakutkan adalah modal dalam membuka usaha.

Namun saat ini kamu tidak perlu terlalu pusing memikirkan sumber modal usaha. Ada pepatah mengatakan selama ada kemauan akan ada jalan. Saat ini ada banyak sekali start up digital yang bergerak di bidang keuangan atau yang biasa disebut dengan Financial Technology (Fintech) serta berbagai sumber dana yang berasal dari bank konvensional, hingga crowdfunding. Namun memilih produk kredit untuk keperluan modal usaha pun patut kamu perhitungkan, mulai dari besaran bunga, hingga cicilan perbulan apakah mampu kamu bayar atau justru sebaliknya. Hal ini mengingat kredit untuk modal usaha terbilang cukup besar nominalnya dan biasanya memiliki tenor cicilannya juga cukup lama.

Untuk mempermudah kamu dalam membandingkan antara produk kredit untuk modal usaha satu dengan yang lain, kamu bisa menggunakan aplikasi Cermati maupun portal Cermati.com. Umumnya jenis kredit yang digunakan untuk modal usaha adalah jenis kredit multiguna. Kelebihannya biasanya memiliki tenor yang panjang, serta menawarkan bunga yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Namun demikian memang jenis kredit multiguna ini mewajibkan nasabahnya untuk mengagunkan aset yang kamu miliki. Artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan mencari produk kredit multiguna yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu melalui aplikasi Cermati, sehingga kamu tidak salah langkah dalam memilih produk kredit multiagunan. Berikut adalah ulasan selengkapnya…

#1 Bebas Memilih Jumlah Pinjaman

Kredit Multiguna terkenal dengan jumlah pinjaman yang cukup besar. Melalui aplikasi Cermati, kamu bisa memilih jumlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Namun ingat, sebelum memilih jumlah pinjaman, ada baiknya kamu memperhitungkan return usaha yang kamu jalankan, jangan sampai usaha yang belum terlalu menghasilkan return tinggi justru harus terbebani dengan cicilan. Akan lebih baik jika kamu mengajukan pinjaman kecil terlebih dahulu, jika dirasa usaha yang kamu jalankan telah mampu menghasilkan return yang tinggi, kamu dapat memperhitungkan apakah kamu akan menambah aset yang kamu miliki untuk keperluan usaha.

#2 Pilihan Tenor yang Bervariasi

Kelebihan mengajukan pinjaman melalui aplikasi Cermati adalah banyaknya pilihan tenor cicilan lantaran produk pinjaman yang disediakan di Cermati terbilang cukup bervariasi dan dapat kamu bandingkan antara yang satu dengan yang lain. Lagi-lagi, sebelum kamu memutuskan lamanya tenor, ada baiknya kamu memperhitungkan juga kemampuan bayar kamu. Tenor cicilan semakin lama justru akan semakin membebani kamu meskipun dengan nominal cicilan kecil, namun biasanya bunganya justru akan lebih banyak jika dibandingkan dengan cicilan dengan tenor pendek. Oleh karenanya, memilih tenor cicilan pun harus melihat keadaan usaha yang tengah kamu jalankan, jika memang kamu bisa membayar lebih cepat, kenapa harus memilih cicilan yang lebih lama yang justru dapat mengganggu arus kas perusahaan kamu?

#3 Informasi Suku Bunga per Tahun Jelas

Kelebihan selanjutnya jika kamu mengajukan pinjaman Multiguna melalui apliaksi Cermati adalah informasi suku bunga per tahun yang jelas. Jika kamu masih ragu dengan informasi yang tertera di Cermati, kamu pun bisa langsung menghubungi pihak bank terkait yang telah bekerja sama dengan pihak Cermati. Informasi bunga tersebut setiap banknya memiliki jumlah yang berbeda-beda, melalui aplikasi Cermati maupun portal Cermati.com, kamu bisa membandingkan produk kredit satu dengan yang lain dengan lebih mudah.

#4 Informasi Cicilan per Bulan Jelas

Selain informasi suku bunga per tahun yang jelas, informasi cicilan per bulan yang wajib kamu bayarkan pun tertera dengan jelas. Hal ini bisa kamu jadikan acuan untuk membandingkan antara produk keuangan satu dengan yang lain, selain itu kamu juga bisa menjadikan informasi cicilan per bulan sebagai bahan pertimbangan apakah sesuai dengan kemampuan kamu atau justru sebaliknya. Untuk dapat menghasilkan nilai kemampuan bayar hutang, kamu harus memperhitungkan jumlah keuntungan usaha yang sedang atau akan kamu jalankan. Misalnya dengan menggunakan neraca, dan lain sebagainya. Selanjutnya barulah kamu bisa memperhitungkan kemampuan bayar kamu. Perlu diperhatikan, jangalah terlalu memaksakan kemampuan jika memang usaha yang kamu jalankan belum terlalu banyak menghasilkan keuntungan. Hal ini dapat mengakibatkan arus keuangan usaha kamu terganggu yang dapat berimbas pada aset serta pemasukan yang kamu miliki.

#5 Fitur Utama sebagai Bahan Pertimbangan

Fitur utama yang dimaksud adalah berisi tentang plafon pinjaman, tenor pinjaman, lamanya proses pencairan dana, hingga promo-promo menarik untuk kamu yang menjadi nasabah bank terkait. Fitur-fitur utama ini di setiap bank memiliki fitur yang berbeda-beda, tergantung dari bank yang bersangkutan.

#6 Banyak Pilihan Aset yang Diagunkan

Seperti kita semua tahu, produk Kredit Multiguna adalah kredit yang mewajibkan setiap nasabah memberikan dokumen berharga sebagai agunan. Dalam aplikasi Cermati, kamu bebas memilih jenis aset yang hendak diagunkan, mulai dari mobil, motor, properti, deposito, hingga SK Kerja.

#7 Persyaratan Tidak Berbelit-belit

Persyaratan yang dimaksud adalah persyaratan untuk mengajukan pinjaman. Setiap jenis produk kredit multiguna memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Persyaratan tersebut mulai dari pendapatan minimum bulanan, usia pemohon, siapa saja yang dapat mengajukan pinjaman (status kewarganegaraan), dan lain sebagainya.

#8 Tabel Simulasi Kredit

Kelebihan selanjutnya untuk kamu yang akan mengajukan kredit multiguna via aplikasi Cermati adalah adanya tabel simulasi kredit. Tabel simulasi kredit ini hanya akan keluar jika kamu telah menginput jumlah kredit, tenor kredit, harga aset yang diagunkan (misal untuk jenis aset mobil), tahun kendaraan, jenis asuransi yang dimiliki, dan lokasi. Sebagai contoh, kamu akan mengajukan pinjaman sebesar Rp 70.000.000 di BCA dengan tipe KKB BCA Refinancing, kamu memilih jumlah tenor cicilan selama 36 bulan, sedangkan harga mobil yang akan kamu agunkan memiliki harga Rp 100.000.000, dan asuransi yang kamu gunakan untuk kendaraan kamu adalah tipe komprehensif, maka cicilan per bulan yang wajib kamu bayarkan adalah sebesar Rp 2.246.700. Selain memuat jumlah tenor yang kamu pilih, pihak Cermati juga akan menyajikan jumlah cicilan dengan jumlah tenor cicilan sebanyak 12 bulan, 24 bulan dan 48 bulan.

Demikianlah beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan jika mengajukan pinjaman Kredit Multiguna melalui aplikasi Cermati. Tak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman selama kamu telah memperhitungkan kemampuan bayar cicilan. Semoga berguna!

No comments:

Post a Comment