Harbolnas

PHOTO: StockSnap on Pixabay
Akhirnya Harbolnas datang lagi.

Sebenarnya, mau itu belanja online ataupun belanja offline alias datang langsung ke toko untuk membeli barang yang kamu inginkan, semuanya butuh persiapan yang matang. Why so? Karena kegiatan belanja adalah keigatan yang nggak bisa terkontrol secara detail atau terperinci oleh setiap orang yang hendak belanja. Gue kasih contoh, misalnya dari rumah kamu berencana untuk membeli baju kerja dan perlengkapan mandi, tetapi sampai di tempat belanja kamu kalap melihat banner diskon di mana-mana dan akhirnya bukan cuma baju kerja dan perlengkapan mandi yang kebeli, tapi banyak barang lain yang tadinya nggak kamu niatkan untuk dibeli. Mending kalau tujuan utamanya terpenuhi. Gue, kadang-kadang dari rumah berniat untuk beli sikat gigi, tapi begitu selesai belanja gue malah nggak melihat sikat gigi di keranjang, malah penuh dengan barang lain. Biasanya banyakan mainan. Ehe.

Sama halnya dengan belanja online, butuh persiapan yang jelas dan matang apalagi menjelang adanya event besar seperti Harbolnas Bukalapak di mana akan sangat banyak orang yang ingin belanja online di sana dengan harga super spesial nantinya.

Hal pertama yang paling penting untuk semua orang yang akan berbelanja online adalah menyiapkan budget. Budget yang disediakan sebaiknya sudah diperhitungkan dan tidak mengganggu kebutuhan lainnya. Pastikan juga sumber budget kamu jelas, misalnya dari tabungan pribadi, atau minjem tabungan mantan. Bagian ini tentu saja penting dan berlaku baik ketika kamu ingin berbelanja online ataupun offline. Kalau nggak ada budget, terus belanjanya gimana? Ngutang? Emangnya toko nenek moyang lu!

Mengingat event Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas akan dapat diakses dan dilakukan oleh seluruh pengguna internet di Indonesia, maka sudah pasti bahwa jumlah peminat dan calon pembeli di Bukalapak juga akan sangat banyak jumlahnya dan pasti akan membuat orang-orang berlomba-lomba untuk segera memesan dan melakukan pembayaran untuk produk kesayangan mereka agara tidak keduluan sama pembeli lainnya. Sampai di sini, gue akan menyimpulkan bahwa selain budget, ada hal lain yang harus kamu persiapkan sebelum belanja di Harbolnas Bukalapak. Hal-hal tersebut di antaranya adalah…

Satu, persiapkan catatan kecil untuk mencatat semua barang penting yang ingin kamu beli nanti agar tidak ketinggalan atau kelupaan sebelum menekan tombol checkout.

Dua, siapkan koneksi internet yang baik. Gue pernah punya pengalaman kurang enak saat belanja online dengan koneksi yang nggak stabil dan gue kehabisan barang yang sudah lama gue incar. Jadi, internet memang jadi modal utama untuk bertransaksi online, kalau koneksi nggak stabil maka siap-siaplah mengalami hal serupa dengan yang gue alami.

Tiga, siapkan perbandingan harga. Kamu harus cermat, biasanya beda penjual beda harga jadi pastikan kamu mendapatkan barang yang kamu inginkan dari penjual yang memasang harga paling murah.

Harbolnas memang sedang jadi daya tarik yang luar biasa bagi semua kalangan terutama anak-anak muda yang memang gemar berbelanja online dan juga orang tua yang butuh perlengkapan rumah tangga atau kebutuhan untuk anak, dan Bukalapak memang sedang memberikan harga murah dalam rangka Harbolnas ini.


Dengan menyiapkan budget yang cukup dan hal-hal lainnya seperti yang gue sebutkan di atas, semoga kamu nggak kehabisan atau keduluan lagi sama orang lain saat akan membeli barang-barang yang sudah lama kamu idam-idamkan. Ingat, buat catatan kecil, pastikan koneksi internet stabil, dan temukan penjual dengan harga terbaik versimu lalu segera beli dan tunggu barangmu tiba. Good luck!

No comments:

Post a Comment