Apar

PHOTO: PatternPictures on Pixabay
Pernah dengar soal Apar?

Apar adalah singkatan dari alat pemadam kebakaran api ringan dan merupakan benda yang wajib ada di setiap tempat usaha. Tapi sebenarnya untuk alasan keamanan dan keselamatan yang utama, apar juga wajib digunakan oleh setiap rumah tangga karena memilki fungsi mencegah terjadinya kebakaran yang mungkin saja terjadi karena percikan api kecil. Api kecil bila tidak segera ditangani akan menjadi besar seketika. Hazeg.

Alat keamanan yang satu ini juga banyak disediakan di toko online jadi kamu akan lebih mudah menemukannya. Dan, nggak cuma tersedia apar dalam satu ukuran tabung seperti yang sering kita lihat di rumah sakit atau kantor-kantor, tapi ada juga bentuk dan ukuran lain yang lebih praktis dan cocok untuk ukuran kebutuhan rumah tangga. Harga apar 2017 yang ditawarkan oleh toko online ini juga sangat bervariasi, jadi bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Lagi pula, harganya relatif terjangkau, kok.

Tapi sebenarnya secara umum apar ini bisa kamu temukan dalam dua versi sesuai dengan sistem penggunaan dan pengoperasiannya, dan keduanya sama-sama berbentuk tabung.
Kalau kamu sudah mengumpulkan niat untuk membeli apar tapi masih bingung mau beli yang mana, berikut ini mungkin adalah jenis apar yang akan sering kamu temukan ketika berselancar di toko online…

Satu, apar dalam bentuk tabung dengan cartridge system, merupakan alat pemadam kebakaran yang memiliki bagian terpisah antara cairan pemadam dengan gas pendorong yang digunakan untuk mengeluarkan cairan tersebut.

Dua, apar bentuk tabung dengan sistem stored pressure. Apar jenis ini digabung antara gas pemadam kebakaran dengan cairan pendorongnya. Jenis apar yang kedua ini adalah jenis yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai alat keamanan di dalam rumah.

Kenapa apar dengan stored system lebih dianjurkan untuk digunakan di rumah? Karena lebih mudah digunakan dan sistem kerjanya lebih cepat, sehingga lebih mudah bahkan jika digunakan oleh anggota keluarga yang belum pernah menggunakan alat semacam apar tersebut sebelumnya. Harga apar sendiri yang beredar di toko-toko online saat ini berkisar antara 200 ribuan dan kelihatannya harganya terus naik, bergantung pada volume tabung dan kapasitas cairan pemadam yang ada dalam tabung tersebut. Tetapi harga standarnya ada di angka tersebut.

Kalau kamu juga berencana membeli apar secara online, pastikan kamu membeli di toko online terpercaya dengan penjual yang sama terpercayanya. Dan pastikan kamu sudah membandingkan harga dengan produk yang sama agak tidak kaget setelah beli dan ternyata ada yang lebih murah. Hehe. Oh, jangan lupa juga, apar yang kamu beli harus punya hal berikut ini..

Satu, punya sertifikasi dari Dinas Kebakaran dan dinas lain yang berkaitan dengan penggunaan apar.

Dua, punya garansi resmi dari pabrikan maupun toko online tempat kamu membelinya.

Kalau memungkinkan, mintalah ke pemilik toko untuk memberikan apar yang tidak memiliki sambungan a.k.a seamless, tanpa las pada permukaannya. Sebab, jenis tabung apar ini mampu mencegah terjadinya kebocoran cairan pemadam kebakaran pada tabung itu sendiri. Tabung yang lebih mulus permukaannya juga daya tahannya lebih lama.


Harga dan model lain dari apar ini bisa kamu temukan lebih banyak dan lebih lengkap di berbagai situs belanja online terpercaya yang ada di Indonesia, atau coba langsung saja browsing menggunakan browser kesayangan kamu. Pastikan kamu menyediakan apar di rumah agar lebih aman dan terhindar dari marabahaya. Safety first, people!

No comments:

Post a Comment