Pompa Air tanpa Listrik dan Kelebihannya


Pernah nggak sih kalian dengar ada pompa air tanpa listrik? Harusnya udah pernah dong, secara kan pompa yang tidak memerlukan aliran listrik ini sudah dikenal dan digunakan masyarakat sejak lama, terutama untuk masyarakat yang daerah tempat tinggalnya belum terjamah oleh listrik. Pompa jenis ini bisa dengan gampang ditemukan di sumur bor dan cara kerjanya adalah dengan cara dipompa menggunakan tuas yang memanjang. Semakin cepat mengangkat dan menurunkan tuas, maka ember yang diisi air akan terisi penuh lebih cepat.

Lalu, apa kelebihan pompa tanpa tenaga listrik ini?

Listrik memang sudah menjadi hal lumrah dan kini tinggal sedikit daerah yang belum dimasuki oleh PLN sehingga masih memakai sumber cahaya dari lampu teplok. Tetapi tetap saja tidak sulit menemukan penggunaan pompa yang tidak memakai listrik ini. Alasannya sangat beragam, dan tentu saja beberapa orang yang masih bertahan menggunakan jenis pompa ini mengutamakan kelebihan yang dimiliki pompa tersebut. Menelisik kelebihan pompa yang dikatakan hemat energi listrik ini tentu tidak akan bikin rugi.

Penggunaan pompa yang masih menggunakan tenaga manusia alias sistem manual ini sampai sekarang masih bertahan. Di beberapa toko perkakas dan toko bahan bangunan bahkan masih sering ditemukan, sebab pompa ini ternyata memiliki banyak kelebihan di antaranya seperti berikut:

Sarana untuk berolahraga

Tuas yang terdapat pada pompa ini menuntut siapa pun yang membutuhkan air untuk memompanya. Secara otomatis hal tersebut memaksa tubuh untuk bergerak dan menariknya bisa dianggap sebagai alat olahraga semacam barbel. Pemakaian secara rutin untuk kurun waktu yang lama dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar dan terbentuk lebih atletis.

Tidak terpengaruh kebijakan PLN

Kita memang merasa beruntung sudah mengenal listrik sejak lama sehingga beragam barang elektronik di rumah menjadikan hidup semakin praktis dan mudah. Sayangnya, karena bergantung pada elektronik sejak lama, sekalinya listrik mati dalam jangka waktu yang cukup lama, eh malah kelabakan. Pasti pernah kan merasakan hal demikian? Beruntunglah orang-orang yang masih setia menggunakan pompa air tanpa listrik sehingga tidak pernah terpengaruh kebijakan PLN yang menerapkan sistem listrik mati bergilir.

Bisa digunakan kapan saja

Kapan saja kita membutuhkan air bersih maka kita hanya perlu datang ke sumur bor dan memompa tuas dan pompa tersebut akan menyediakan air tanah yang bersih. Tidak perlu lagi menunggu listrik menyala, kita bisa mengambil air kapan saja saat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan air. Sebab pompa ini dirancang mampu mengangkut air dari bawah tanah ke permukaan dengan tenaga manual yang lebih sederhana. Tidak memerlukan kursus dan instalasi kabel yang merepotkan sehingga selalu siap sedia menyediakan air bersih untuk berbagai kebutuhan.

Membantu masyarakat menghemat penggunaan air bersih

Ketika orang-orang mulai menggunakan pompa jenis ini, maka dijamin tidak ada kebiasaan menampung air bersih. Kalaupun ada, pasti jumlahnya terbatas. Kondisi ini memungkinkan masyarakat benar-benar menggunakan air bersih, bukan air yang diinapkan yang berkemungkinan besar terkontaminasi. Menariknya, karena untuk mendapatkan air melalui pompa ini butuh tenaga maka siapa saja akan lebih hemat dalam memakai air yang dipompanya dengan sekuat tenaga, sehingga konsumsi air bersih tidak berlebihan dan seenaknya.


Pompa air tenaga manusia ini memang lebih mudah dijumpai di daerah pedesaan, baik kawasan dataran tinggi maupun rendah. Selain pompa yang ditemukan di sumur bor rupanya ada beberapa jenis pompa yang tidak memerlukan listrik. Pompa jenis ini sering digunakan para petani untuk mengambil air dari sungai menuju ke tanah persawahannya agar tanaman tidak kering dan tanah menjadi subur. Setelah melirik 4 kelebihan pompa air tanpa listrik tentu akan menyadari betul bahwa pompa ini memang sangat fungsional.

No comments:

Post a Comment