Era Baru Dalam Pencarian Kerja


Bukan rahasia lagi bahwa setiap hari ribuan orang menghadapi masalah pengangguran dan secara aktif mencari kerja untuk dapat hidup dengan layak dan baik. Proses ini termasuk sangat rumit dan sulit, sehingga membutuhkan banyak energi dan daya tahan dari pelamar kerja. Apalagi, sekarang ini ada berbagai perusahaan yang tidak jujur atau pemberi kerja dari daftar hitam yang menyediakan loker yang tak berkualitas atau bahkan ingin membohongi seorang pencari kerja. Masalah ini telah disampaikan oleh perwakilan perusahaan Jooble, agregator lowongan kerja internasional yang sudah cukup lama beroperasi di Indonesia.

Sebenarnya, agregator lowongan kerja sengaja diciptakan untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut dan mengumpulkan semua lowongan kerja pada satu situs. Alasan yang utama untuk pendirian situs tersebut adalah menghemat waktu yang biasanya dihabiskan oleh pelamar kerja ketika browse di berbagai situs lowongan kerja. Seringkali, pada situs-situs tersebut terdapat lowongan yang sama, sehingga seseorang bisa saja by chance melamar dua kali. Nah, di sini muncul pertanyaan, “untuk apa”? Contohnya, tiga tahun yang lalu beberapa situs lowongan kerja Indonesia kena spam iklan lowongan dengan posisi “Pembuat pena”. Loker tersebut ditayangkan di puluhan situs sekaligus dengan adanya 6-10 loker yang sama pada satu situs. Masalah ini terjadi karena tidak adanya moderasi yang sesuai.

Jooble

Tujuan utama Jooble adalah agar kamu dapat menemukan kerja dengan cepat, mudah, dan tentu saja aman. Supaya para pengguna Jooble tidak pernah merasa dibohongi, tim mendirikan beberapa departemen moderasi khusus yang secara berurutan mengecek setiap lowongan kerja yang masuk ke Jooble dari situs-situs lain. Pada prinsipnya, Jooble sangat mirip dengan sistem kerja Google tetapi bergerak khususnya di bidang lowongan kerja. Sangat mudah kok, tinggal memasukkan jenis posisi dan lokasi, dan kamu akan segera mengakses daftar lowongan terbaru dari seluruh Indonesia pada satu halaman.

Realitasnya adalah bahwa saat ini tingkat penipuan terus membesar dan kita sangat susah percaya pada semua yang terjadi di sekitar kita, apalagi dalam proses pencarian kerja. Maka, jika kamu tidak yakin dalam kualitas lowongan yang ditemukan pada suatu situs lowongan kerja, coba cek loker tersebut pada salah satu agregator lowongan kerja. 


Usahalah lakukan pekerjaan kamu dengan semakin baik dan profesional, sehingga di masa depan kamu dapat di-hunting dan di-hire oleh perusahaan top. Kembangkan diri setiap hari dan kamu akan meraih kesuksesan yang kamu impikan!

No comments:

Post a Comment