Tips Memilih Kampus Pascasarjana di Jakarta





Jakarta merupakan kota metropolitan dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Berbagai gedung tinggi menjulang baik institusi pendidikan, pusat perbelanjaan, hingga apartemen tersedia di Jakarta. Dengan banyaknya pilihan khusunya di bidang pendidikan, bagi sebagian orang akan bingung memilih mana institusi terbaik di antara instusi-institusi yang ada di Jakarta. 

Sebenarnya ada banyak kampus pascasarjana di Jakarta dengan berbagai prodi atau jurusan yang bisa kamu pilih. Namun, jika kamu masih bingung, kamu bisa mengikuti tips memilih kampus pascasarjana di Jakarta seperti berikut:

Mulai Kumpulkan Data dan Buat Daftar


Ketika kamu sudah mantap ingin melanjutkan studi S2, maka mulailah mengumpulkan data dan buat draft kampus pascasarjana di Jakarta terbaik sesuai dengan program studi yang kamu inginkan. Jangan lupa mempertimbangkan berbagai aspek pada setiap kampus dan carilah informasi sebanyak-banyaknya. Hal ini penting sebelum memutuskan. Bagaimanapun juga setiap universitas memiliki standard yang berbeda-beda. Sehingga jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena tidak melakukan survey di awal.

Kontak Atau Kunjungi Langsung Kampus Potensial

Setelah kamu memiliki draft kampus pascasarjana di Jakarta yang sesuai, lakukan sortir kembali kampus-kampus mana saja yang potensial bagi kamu. Bila dibutuhkan kamu bisa langsung mengunjungi kampus sambil mengamati bagaimana proses perkuliahan, sistem manjemen kampus, dan lingkungan sekitar. 

Minta Pendapat Alumni

Setalah kamu melakukan sorting, kamu akan mendapat beberapa list kampus pascasarjana di Jakarta sesuai harapan dan potensial. Lalu bagaimana memilih satu di antara list tersebut. Caranya adalah cari rekam jejak atau alumni yang pernah kuliah di kampus tersebut lalu mintalah pendapat. Tanyakan bagaimana dosen-dosen, gaya hidup mahasiswa, keamanan kampus, dan lain-lain. Gali informasi sebanyak-banyaknya.

Tentukan Kampus

Terakhir setelah lengkap data yang kamu terima, saatnya menentukan kampus mana yang kamu pilih. Pertimbangkan berbagai hal dan aspek yang telah kamu dapat. Pertimbangkan juga tentang finansial, kondisi lingkungan, dan faktor-faktor eksternal lainnya. Pastikan kamu yakin dan tidak menyesal.

No comments:

Post a Comment