Open

5 Keunggulan yang Hanya Bisa Kamu Dapat Kalau Ngeblog Menggunakan Top Level Domain




Gue udah punya blog sejak tahun 2010.

Gue langsung mulai menulis  di blog lalu vakum karena tidak begitu mengerti kegunaannya saat itu. Gue tidak berpikir kalau blog akan menjadi profesi yang keren dan menjanjikan sekarang ini. Bahkan, saking digandrunginya blog, setidaknya sekarang ada lebih dari 30 komunitas blogger secara umum yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua sana. Dan gue yakin, setiap komunitas memiliki anggota yang tidak kurang dari 100 orang. 

Well, balik ke cerita. Kira-kira sekitar dua tahun atau lebih gue meninggalkan blog dan hanya menerbitkan tulisan-tulisan di notes di Facebook. Puluhan tulisan gue dilihat dan dibaca hanya oleh teman-teman Facebook gue, kebanyakan keluarga dan teman-teman dekat. Dan sisanya adalah teman dari teman yang akhirnya berteman dengan gue juga.

Sekitar tahun 2013 akhir, gue menyadari kalau pembaca tulisan gue di notes Facebook begitu terbatas. Akhirnya gue mencari platform lain yang lebih universal dan ketemulah gue kembali dengan blog yang gue tinggalkan bertahun-tahun lalu.

Setelah beberapa bulan menulis kembali di blog, gue memutuskan untuk beli domain .com (dotcom) untuk dipasang di blog gue. Sebelumnya gue sempat mempertimbangkan antara domain dotcom atau dotnet, tapi kemudian gue memilih #DotComForBlogging dengan alasan personal. Di tahun itu, bisa punya Top Level Domain di blog sendiri jelas sangat keren, bahkan sampai sekarang. Tapi kemudian gue menyadari bahwa domain blog gue waktu itu namanya kurang “menjual” dan agaknya susah diingat. Selain itu, setiap mengetikkan nama domain gue di Google Search Engine, tidak pernah muncul di halaman pertama padahal usianya sudah hampir setahun. Akhirnya gue memutuskan untuk ganti domain lagi dan jadilah nfirmansyah.com yang sedang kamu baca ini, sampai sekarang.

Lalu, setelah domainnya dotcom dan namanya gampang diingat, selanjutnya apa?

Banyak.

Banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari ngeblog dengan menggunakan Top Level Domain seperti domain dotcom, bukan hanya bikin blog kamu terlihat keren atau sekadar untuk menunjukkan eksistensi. Tapi lebih dari itu.
 
5 keunggulan yang hanya bisa kamu dapat kalau ngeblog menggunakan Top Level Domain
Berikut ini akan gue jelaskan 5 keunggulan yang hanya bisa kamu dapatkan kalau ngeblog dengan menggunakan Top Level Domain .net atau .com:

Satu, blog terlihat lebih profesional.


Dibandingkan blog dengan embel-embel dotblablabla dotcom di belakangnya, blog dengan Top Level Domain seperti namakamudotcom atau namakamudotnet jelas kelihatan lebih profesional. Jika nanti tidak sengaja ada orang bertanya, “kamu punya blog, nggak?” jawabnya juga pasti akan lebih percaya diri daripada ketika blog kamu masih nebeng domain gratisan.

Profesional
Biasa saja


Karena itu, Top Level Domain seperti dotnet atau dotcom penting banget untuk menunjukkan profesionalitas.

Dua, menunjukkan keseriusan dalam dunia blogging.


Gue rasa nggak mungkin setelah mengganti domain gratisan jadi Top Level Domain seperti dotnet atau dotcom lalu ditinggalin gitu aja. Logikanya, kalau gue menggunakan domain gratisan gue bisa aja ngeblog kapan-kapan, terserah gue. Nggak ada ruginya juga karena gue nggak keluar uang sedikit pun kecuali kuota internet yang itu pun gue dapat gratis setelah membeli kopi seharga 3ribu rupiah di warkop.

Beda halnya ketika menggunakan Top Level Domain seperti dotnet atau dotcom yang sudah dibeli meskipun dengan harga yang tidak terlalu mahal. Tentu saja itu akan jadi cerita yang berbeda, sudah pasti dengan menggunakan Top Level Domain menunjukkan bahwa seseorang itu serius menggeluti dunia blogging.

Tiga, memotivasi diri untuk terus aktif menulis di blog


Untuk gue pribadi, sayang banget kalau sudah beli dan pasang domain dotcom di blog sehingga terlihat profesional, tapi nggak diisi dengan konten yang bermanfaat. Uang untuk beli domain habis percuma. Karena itu, gue menggunakan Top Level Domain dotcom untuk memotivasi diri untuk membagikan apa pun lewat tulisan kepada para pembaca blog gue.

Tidak perlu hal-hal yang selalu serius, prinsipnya adalah gimana caranya setelah orang baca blog gue, mereka bisa mendapatkan minimal satu pengetahuan baru. Toh, satu demi satu lama-lama jadi banyak, kan?

Empat, lebih gampang dapat tawaran kerja sama.


Faktanya adalah, perusahaan atau digital agency 90% lebih tertarik bekerja sama dengan blog yang menggunakan Top Level Domain seperti dotcom atau dotnet daripada blog yang masih menggunakan domain gratisan atau bawaan dari platform yang digunakan. Bahkan, beberapa klien dengan tegas dan terang-terangan menolak bekerja sama dengan blog yang belum menggunakan Top Level Domain. Jadi, Top Level Domain juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki.

Gue bukan bermaksud mau pamer, tapi kalau mau lihat halaman Bukan Portofolio di blog gue ini, di sana sudah ada banyak brand dan perusahaan yang bekerja sama dengan gue untuk menuliskan tentang brand dan perusahaan mereka di blog gue ini. Kapan semua itu dimulai? Ya, jujur, segera setelah gue memutuskan untuk mengganti domain gratisan gue jadi domain dotcom seperti sekarang.

Dengan menggunakan Top Level Domain juga, bukan tidak mungkin tawaran kerja sama yang masuk di email kalian bisa lebih banyak daripada yang sudah ditawarkan ke gue, kan?

Lima, bisa digunakan untuk membangun personal branding.


Bagaimana caranya agar perusahaan atau digital agency bisa melirik blog yang sudah menggunakan Top Level Domain seperti dotnet atau dotcom untuk diajak kerja sama? Salah satu caranya adalah dengan membangun personal branding. Personal branding sangat penting untuk memudahkan calon klien mengingat kita. Misalnya blog gue ini, gue membangun personal branding dengan membuat semua cover tulisan yang ada di blog ini bertema hitam-putih. Maka, ketika membahas soal hitam-putih, orang akan langsung teringat dengan blog gue. Sederhananya, jika orang-orang mengenakan baju  berwarna putih dan hitam, jadilah beda dengan mengenakan baju merah.

Tidak berhenti sampai di blog, untuk menguatkan personal branding, gue pun melakukan hal yang sama di media sosial yang gue punya seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Tapi ingat, membangun personal branding tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu yang cukup lama dan juga butuh konsistensi. Menurut gue, jika kita sudah punya blog dengan Top Level Domain, konsisten dalam menulis dan membangun personal branding, perlahan para klien akan datang dengan sendirinya dan rezeki pun akan mengalir dengan perlahan dan pasti. 

Kamu sudah punya personal branding tapi masih bingung beli domain di mana? Gue sarankan beli di DotComForMe aja. Bisa dibilang sekarang mengganti domain gratisan jadi Top Level Domain seperti dotcom atau dotnet sekarang sudah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak perlu beralasan tidak mengerti ini dan itu, yang penting adalah.. mulai saja.

Sebenarnya ada banyak lagi keunggulan yang bisa kamu dapatkan kalau ngeblog menggunakan Top Level Domain seperti dotnet atau dotcom, 5 hal di atas hanyalah pembukaan, dan semua itu sudah gue rasakan sendiri sejak gue memutuskan untuk ngeblog menggunakan Top Level Domain.

No comments:

Post a Comment