Mau Pinjam Uang? Uang Teman Aja!


Charles Francis Feeney

Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi

Jon Huntsman Sr.

Andai gue mengenal dengan baik satu saja dari tiga nama yang gue sebutkan di atas, mungkin sekarang gue sudah bisa mencatatkan diri sebagai salah satu orang kaya termuda di Indonesia atau bahkan mungkin di dunia. Bisa menikmati liburan kapan pun, dan bebas menentukan keinginan serta kebutuhan hidup.

Sayangnya, mereka terlalu jauh untuk gue jangkau. Makanya sekarang gue cuma jadi blogger biasa yang tak sempurna dan kadang salah.

Charles Francis Feeney adalah pendiri Atlantic Philantropies, sebuah organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan, kesehatan, ilmu pengetahuan, dan hak sipil. Organisasi milik Freeney ini sudah lama berdiri, bahkan lebih lama dari umur gue ditambah umur adik gue; 1984.

Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi adalah pendiri bank Al Rajhi, sebuah bank berbasis Islam yang berdiri tahun 1957 dan bertumbuh dengan sangat pesat. Hasilnya, Al Rajhi menjadi bank berbasis Islam yang terbesar di seluruh dunia.

Sedangkan, Jon Huntsman Sr. adalah Co-Founder dan Excevutive Chairman sebuah perusahan besar yang memproduksi bahan kimia bernama Huntsman Corp.

Lalu, kenapa dengan tiga nama itu?

Charles Feeney, Al Rajhi, dan Jon Huntsman adalah tiga dari dua puluh orang yang menyumbangkan hartanya dalam jumlah terbanyak. Hari ini, tepat setahun lalu mereka menyumbangkan uang mereka untuk kegiatan amal dan kemanusiaan, dan jika digabung total sumbangan ketiganya bisa mencapai angka USD13.2 miliar!

Seandainya gue adalah bagian dari garis keturunan salah satu dari tiga orang itu, pastilah saat ini gue sudah jadi orang kaya berikutnya. Gue tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan masalah hidup yang berhubungan dengan uang. Semuanya akan teratasi dengan mudah dan cepat. Hidup dalam perandaian memang menyenangkan. Sayangnya, kenyataan tidak pernah seandai-andai itu. Feeney, Al Rajhi, dan Huntsman juga menderita-jatuh-bangun sebelum meraih kekayaan sebesar itu.

Gue jadi ingat dulu ketika masih kecil.

Ini adalah curhatan financial #TemanNgeblog dan solusi yang bikin #UrusanBeres. Setiap kali gue butuh uang untuk kebutuhan sekolah dan harian gue, gue tidak pernah perlu repot-repot berusaha sendiri. Gue tinggal bilang ke ibu lalu ibu gue akan bilang ke bapak dan gue akan menerima uang sejumlah yang gue butuhkan. Semuanya nyaris tanpa usaha yang berat, apalagi sampai berdarah-darah.

Lalu gue beranjak dewasa, mulai mengenal dunia kerja, dan jauh dari orangtua. 

Kebutuhan gue pun tidak lagi sebatas barang-barang murah seperti yang selalu bisa dikabulkan orangtua saat gue masih kecil. Tapi, gue masih punya teman-teman yang bisa gue pinjami setiap saat kalau-kalau gue butuh uang. Gue punya satu orang teman yang selalu mengerti kekurangan gue, dan dia selalu tau apa yang gue butuhkan. Jadi gue tidak perlu panik-panik amat ketika keuangan gue menipis dan punya kebutuhan mendadak yang harus segera dipenuhi.

Beberapa tahun berlalu, kemudian gue harus pindah ke luar kota. Semakin jauh dari orangtua, jauh dari teman yang selalu ada untuk gue, dan parahnya lagi, gue harus tinggal sendirian.

Awalnya gue cukup menikmati kesendirian dan dunia baru itu. Semua yang baru memang selalu menyenangkan. Tetapi, semua manusia pasti pernah berada di masa-masa sulit, dan masa sulit itu akhirnya menghampiri gue beberapa bulan setelah gue pindah. Gue mengalami kesulitan finansial dan kesulitan mencari pinjaman. Teman yang dulu selalu membantu gue saat kesusahan, sudah tidak bisa lagi gue hubungi. Mau minta bantuan orangtua, gue malu setengah mati.

Untunglah gue cepat ketemua dengan Uang Teman.

Bukan, bukan uang punya teman gue, tapi UangTeman.com. Uang Teman adalah bagian dari PT Digital Alpha Indonesia dan Digital Alpha Group Pte Ltd, salah satu perusahaan digital keuangan wilayah Asia Tenggara yang menyediakan pinjaman jangka pendek untuk keperluan konsumsi atau bisnis. Saat ini Uang Teman melayani pinjaman untuk masyarakat Indonesia khususnya yang berdomisili di daerah Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang dan Klaten. Tujuan dari Uang Teman adalah untuk menyediakan pembiayaan online, di mana saja dan kapan saja sebagai alternatif dari model peminjaman konvensional bank atau perusahaan pembiayaan lainnya. Layanannya sangat sederhana, transparan, dan tentu saja fleksibel.


Berikut adalah delapan langkah mudah untuk meminjam di Uang Teman.

Satu, memulai pengajuan pinjaman.

Sebelum memulai pengajuan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Warga Negara Indonesia

Berdomisili di Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang dan Klaten

Berusia 21 s/d 65 tahun

Memiliki penghasilan minimum Rp.2.300.000,- untuk Jabodetabek dan Rp.2.000.000,- untuk Yogyakarta, Solo, Magelang dan Klaten

Menyampaikan dokumen berupa KTP, slip gaji/bukti penghasilan, dan foto pribadi. Ingat, foto pribadi bukan foto mantan.

Memiliki rekening tabungan atas nama nasabah, dan

Pastikan sudah punya email sebelum mendaftar dan melakukan pengajuan pinjaman.

Dua, Cek Biaya.

Uang Teman menyediakan kalkulator di website-nya untuk menentukan berapa besar biaya yang akan dipinjam dan kapan pinjaman tersebut akan dikembalikan.

Tiga, ajukan aplikasi online.

Saat melakukan pengajuan aplikasi online, ada beberapa tahap yang harus dilewati seperti:

Pengisian data lengkap pada form onlines sesuai dengan petunjuk yang sudah tersedia. Isikan data dengan lengkap dan benar, dan pastikan kamu sudah membaca seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kamu akan menerima SMS dan email berupa notifikasi atas status pengajuan pinjaman kamu bahwa pengajuan kamu disetujui atau tidak.

Jika pengajuan kamu disetujui, pihak Uang Teman akan melakukan verifikasi kembali lewat telepon terhadap data-data yang sudah kamu input ke database Uang Teman.

Jika pengajuan pinjaman kamu disetujui oleh pihak verifikasi, selamat, dana pinjaman kamu akan ditransfer hari itu juga.

Empat, penyetujuan.

Penyetujuan pemberian pinjaman tersebut dilihat dari data-data yang kamu berikan. Perlu diingat, Uang Teman memberikan pinjaman kepada kamu karena mereka percaya kamu mampu mengembalikannya tepat waktu. Mereka memiliki tanggung jawab sosial agar nasabah tidak terjerat hutang yang tidak perlu.

Lima, pengembalian pinjaman hanya satu kali.

Sistem pengembalian pinjaman yang diberlakukan oleh Uang Teman adalah sistem pembayaran satu kali. Jadi, pada tanggal jatuh tempo harus melunasi pokok pinjaman beserta kewajiban biaya layanan.

Enam, kalau kamu adalah nasabah yang baik.

Seperti komitmennya, Uang Teman memberikan penurunan biaya layanan kepada nasabah yang membayar tepat waktu (tidak menunggak) jika mengambil pinjaman kembali di masa yang akan datang.

Tujuh, jika kamu terlambat mengembalikan pinjaman.

Ya, setiap tindakan pasti ada risikonya. Apabila kamu mengembalikan pinjaman atau membayar tagihan melewati tanggal jatuh tempo, maka kamu akan dikenakan tambahan biaya keterlambatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Uang Teman.

Delapan, semudah itu.

Ya, tujuh poin gue rasa sudah cukup jelas.

Pada poin enam di atas, gue sempat menyinggung tentang komitmen. Uang Teman punya tiga komitmen untuk para nasabahnya.

Pertama, seperti yang gue bilang sebelumnya, memberikan pinjaman kembali dengan penurunan biaya layanan pada nasabah yang mampu menyelesaikan pinjaman dengan tepat waktu sesuai yang telah disepakati saat melakukan pengajuan.

Kedua, memperlakukan konsumen dengan adil. Karena Uang Teman melihat data, jadi tidak akan ada istilah pilih kasih pada nasabah. Semuanya akan diberikan sesuai kemampuan berdasarkan data yang ada.

Dan ketiga, membantu meningkatkan pengetahuan pengetahuan nasabah. Dengan cara apa? Dengan cara memberikan informasi lewat tulisan di blog Uang Teman, mulai dari berita seputar asuransi, berita bank, berita bisnis, berita dunia, berita uang, funny money, kartu kredit, dan informasi lainnya yang akan menambah wawasan seputar keuangan.



Kenapa meminjam uang yang berbunga?

Karena dengan begitu kita jadi termotivasi dan berusaha lebih keras untuk bisa mengembalikannya sebelum waktu jatuh tempo.

Kenapa harus meminjam Uang Teman?

Karena pengajuan pinjaman mudah.

Pengajuan pinjaman di Uang Teman bisa dilakukan secara online, berarti kita dapat mengjaukan pinjaman dari mana pun dan kapan pun. bisa dari rumah, kantor, dan bisa mengajukan saat pagi hari ataupun malam hari dan waktu berharga bersama keluarga tetap bisa dinikmati.

Karena prosesnya cepat.

Sudah dijelaskan juga di atas, jika permohonan pinjaman disetujui maka uang pinjaman yang diberikan akan ditransfer langsung ke dalam rekening nasabah.

Karena transparan dan fleksibel.

Biaya yang dibebankan dari awal akan diberitahukan secara utuh kepada calon nasabah sebelum memutuskan untuk meminjam. Selain itu, Uang Teman memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk untuk mengatur periode dan biaya layanan menyesuaikan dengan periode pinjaman. Berarti, semakin cepat maka semakin kecil biaya layanan yang harus dibayarkan.

Persis seperti tagline-nya: Uang Teman, Pinjaman Online Cepat dan Terpercaya. Jadi, kalau mau pinjam uang, di Uang Teman aja!

No comments:

Post a Comment