10 Web Browser Terpopuler yang Paling Sering Digunakan


Peramban web atau web browser diciptakan untuk mempermudah sekaligus membuat nyaman aktifitas berselancar kita di dunia maya. Kebanyakan orang pasti akan memilih web browser yang tampilannya bagus, mudah digunakan, dan yang pasti dapat diandalkan untuk berbagai aktifitas berinternet seperti menyimpan atau bookmark halaman tertentu, mendukung fitur pembaca atau reader view, dan berbagai kelebihan lainnya.

Mungkin untuk orang yang awam mereka hanya tau browser seperti Firefox buatan Mozilla ataupun Chrome ciptaan Google, tapi sebenarnya ada banyak lagi web browser yang digunakan oleh para peselancar dunia maya di berbagai penjuru dunia dan mungkin beberapa di antaranya baru kamu dengar namanya. Berikut ini adalah 10 web browser terpopuler yang paling sering digunakan untuk mengunduh informasi di dunia maya…

Mulai dari nomor sepuluh, ya.

Sepuluh, CriOS Browser

Mungkin di pikiran kamu masih bertanya-tanya apa itu CriOS Browser. Bagi beberapa kalangan terutama bloger pasti sering melihat tulisan CriOS di beranda blog mereka, tapi untuk orang yang tidak terlalu memperhatikannya pasti akan sedikit bingung.

Ternyata, CriOS Browser adalah kepanjangan dari Chrome for iOS. Jadi, CriOS adalah sebutan untuk browser Chrome yang dikhususkan untuk pengguna yang menggunakan perangkat iOS. Memang banyak di luar sana pengguna gadget berbasis iOS dan OS X yang tidak terlalu suka dengan tampilan browser bawaan dari produk Apple itu sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan browser buatan Google, Chrome, yang didesain khusus untuk para pengguna produk Apple.

Sembilan, Internet Explorer

Internet Explorer atau IE adalah web browser bawaan produk Microsoft yaitu Windows. Intenet Explorer sendiri mencapai versi 12 dan masih digunakan pada Windows 8.1 sebelum akhirnya diubah total oleh Micrsoft sendiri menjadi EDGE dan diperkenalkan bersamaan dengan sistem operasi terbaru mereka yaitu Windows 10.

Dulu, ada anekdot yang mengatakan kalau Internet Explorer adalah browser yang hanya digunakan untuk mengunduh web browser lain karena fiturnya tidak semenarik browser lainnya. Tapi jangan salah, Internet Explorer hingga saat ini masih banyak digunakan untuk aktifitas di dunia maya.

Internet Explorer sendiri sudah ada sejak 20 tahun lalu dan sampai sekarang pengguna sistem operasi Windows sebelum Windows 10 masih bisa memanfaatkannya.

Delapan, Samsung Browser

Samsung Browser lebih spesifik ke pengguna ponsel atau smartphone. Tapi hal ini cukup masuk akal mengingat kebanyakan pengguna smartphone di dunia saat ini menggunakan produk Samsung.

Samsung Browser sendiri sudah resmi diselipkan pada semua produk smartphone Samsung sejak tahun 2012. Hal ini dilakukan Samsung karena melihat fakta bahwa apa pun jenis dan merk gadget yang digunakan, browser adalah aplikasi yang paling sering digunakan. Tentu saja tujuannya untuk mencari data atau informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, sehingga Samsung berinisiatif untuk membuat web browser-nya sendiri.

Tujuh, Safari

Bagi pengguna iPhone dan MacBook pasti tidak asing lagi dengan web browser satu ini. Safari adalah peramban web atau web browser yang dibuat khusus oleh Apple untuk pengguna OS X di tahun 2007. Tapi sebelum menggunakan web browser milik sendiri, produk Apple juga sempat menggunakan Internet Explorer dari Microsoft antara tahun 1997 hingga 2003 sebagai web browser yang bersifat default.

Enam, Mobile Safari

Ya, beda Safari dan Mobile Safari. Mobile Safari adalah peramban web khusus untuk pengguna iOS atau iPhone. Sama seperti Samsung yang menciptakan Samsung Browser, Apple pun membuat mobile web browser khusus untuk para pengguna smartphone-nya. Meskipun demikian, baik Samsung maupun Apple tetap memberi pilihan kepada pengguna untuk menggunakan browser lain yang diinginkan pengguna. Hal ini tentu saja karena selera Apple dan Samsung tidak mutlak sama dengan miliaran penggunanya untuk urusan browser.

Lima, UC Browser

UC Browser adalah web browser buatan UCWeb Inc. yang mana adalah penyedia teknologi software internet mobile dan layanan aplikasi terdepan. UCWeb yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini mempunyai misi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada penggunanya yang mereka klaim sudah melewati angka satu miliar di seluruh dunia.

UC Browser sendiri menggunakan kernel U3 yang mampu membuat kecepatan browser itu meningkat hingga tiga kali dari browser lainnya dan keamanannya tetap terjaga. Barangkali hal inilah yang membuat pengguna nyaman dan betah menggunakan UC Browser untuk aktifitas berinternet mereka.

Empat, Firefox

Firefox buatan Mozilla dulunya bernama Phoenix dan sempat berganti nama sebentar menjadi Firebird sebelum akhirnya kembali ke nama yang masih eksis sampai sekarang yaitu Firefox.

Firefox adalah web browser gratis yang dapat dinikmati oleh pengguna dengan platform apa pun mulai dari pengguna Windows, Linux, Apple, Solaris, FreeBSD hingga smartphone dengan berbagai sistem operasi. Dalam sejarahnya, versi 1.0 Firefox diunduh lebih dari 5juta kali hanya dalam waktu 12 hari setelah dirilis ke publik pada tahun 2004. Ratusan sukarelawan yang mengembangkan Firefox menjadikannya salah satu web browser yang paling banyak digunakan terutama oleh pengguna rumahan.

Tiga, Opera

Opera mungkin lebih banyak dikenal oleh pengguna ponsel dengan nama Opera Mini. Opera Mini memang sempat booming ketika kebanyakan handphone masih menggunakan sistem operasi Symbian milik Nokia. Tapi ternyata Opera untuk pengguna komputer dan laptop juga tidak kalah populernya.

Banyak hal yang membuat Opera tidak akan tergantikan oleh web browser lainnya, salah satu di antaranya adalah karena Opera adalah satu-satunya web browser komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii.

Dua, QT Browser

Sama seperti CriOS Browser, mungkin kamu cukup heran dengan nama QT Browser dan kenapa bisa menempati posisi kedua sebagai web browser terpopuler yang paling sering digunakan.

QT Browser adalah web browser yang bersifat portable dan mudah dijalankan dengan antarmuka yang menarik dan super aman. Ukurannya hanya sekitar 6MB dan bisa dijalankan di perangkat apa pun dan bisa dibuka sekalipun melalui USB. Banyak pengguna yang menggunakannya untuk kegiatan hacking karena browser ini diklaim dapat membaca program yang berhubungan langsung dengan sistem yang berjalan di komputer yang digunakan.

Satu, Chrome

Chrome adalah peramban web atau web browser open-source lisence yang dikembangkan oleh Google, anak perusahaan Alphabet yang paling besar dan paling terkenal saat ini. Chrome sendiri dikembangkan dengan mesin rendering WebKit.
Chrome versi beta pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 dan sekarang sudah tersedia untuk perangkat OS X dan Linux serta mendukung lebih dari 30 bahasa. Kepopuleran Google berhasil membawa Chrome menjadi web browser terpopuler yang paling banyak digunakan sejagat maya.


Itulah 10 daftar web browser terpopuler yang paling sering digunakan oleh pengguna untuk menunjang aktifitas berselancar mereka di dunia maya. Paling tidak di komputer kamu pasti ada satu atau lebih web browser yang disebutkan di atas, kan?

No comments:

Post a Comment