Open

Bukan Review: ASUS ZenFone 3 ZE520KL: Built for Photography



Keberadaan smartphone di pasaran yang sangat beragam tidak jarang bikin pusing calon penggunanya sendiri karena saking banyaknya. Berbagai macam keunggulan yang dimiliki setiap smartphone membuat pengguna harus mempertimbangkan lebih jauh lagi sebelum menjatuhkan pilihan. Menurut gue, setidaknya, ada paling tidak 7 poin pertimbangan sebelum memilih sebuah smartphone, baik itu untuk digunakan dalam urusan pekerjaan, ataupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita.

Pertama, sistem operasi.

Saat ini di pasaran setidaknya ada 3 sistem operasi yang paling laku dan paling banyak digunakan oleh vendor smartphone di seluruh dunia yaitu Android, Windows Phone, dan iOS. Sebelum membeli sebuah smartphone, jelas perlu dilihat dari sistem operasi yang user friendly dan dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari. Dengan kata lain, sistem operasi yang digunakan dapat membuat waktu pekerjaan jadi lebih efisien dan tentu saja efektif.

Kedua, performa.

Performa sebuah smartphone tentu saja sangat penting, baik dalam hal pekerjaan atau penggunaan sehari-hari. Paling tidak, sebuah smartphone yang kinerja dan performanya bagus harus memiliki RAM minimal 2GB dan CPU minimal sudah Quad-Core. Jika bisa lebih, pasti performanya akan semakin stabil dan terlihat gagah.

Ketiga, daya tahan baterai.

Kesibukan membuat kita tidak bisa selalu berada di dekat colokan untuk mengisi daya baterai smartphone yang kita miliki, jadi sangat penting melihat sebuah smartphone dari sisi daya tahan baterai sebelum membelinya meskipun besar dayanya bukan satu-satunya alasan. Paling tidak sebuah smartphone harus memiliki daya baterai 2600 mAh ke atas agar bisa tahan lama digunakan. Dan satu hal yang paling penting, smartphone tersebut harus punya teknologi fast charging agar waktu kita tidak banyak habis di bagian pengecasan karena secara logika semakin tinggi daya baterai maka pengecasannya pun akan memakan waktu yang lama. Jadi teknologi fast charging juga harus masuk dalam pertimbangan.

Keempat, kapasitas penyimpanan.

Kapasitas penyimpanan atau storage juga masuk dalam pertimbangan. Kita pasti tidak ingin saat sedang asyik-asyiknya mengoperasikan smartphone lalu di layar tiba-tiba muncul pemberitahuan bahwa memori penyimpanan penuh dan segala aktivitas kita terhenti hanya karena masalah sekecil itu. Standarnya, kapasitas memori untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari adalah tidak kurang dari 32GB dan sebaiknya didukung oleh memori eksternal yang bisa di-up hingga setidaknya 128GB.

Kelima, layar.

Layar yang dimaksud mencakup ukuran dan resolusi. Idealnya sebuah smartphone harus memiliki ukuran layar yang berbanding lurus dengan resolusi. Layar besar dengan resolusi rendah akan membuatnya tidak nyaman digunakan, begitu pun jika sebaliknya karena akan membuat penggunaan baterai menjadi boros. Sebaiknya, layar smartphone memiliki ukuran 5 inchi dengan resolusi layar di atas 1280 x 720 pixels demi kenyamanan dan keamanan penggunanya sendiri. Selain berpengaruh pada kesehatan mata, juga berpengaruh pada tampilan gambar smartphone itu sendiri.

Keenam, harga.

Ada harga ada kualitas. Jelas. Untuk mendapatkan sebuah smartphone berkualitas baik seperti yang dijelaskan di atas tentu saja membutuhkan budget yang tidak sedikit. Tapi, tidak perlu khawatir. Sekarang banyak smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Yang kita perlukan hanyalah kejelian dalam melihat mana yang terbaik di antara yang ada di pasaran.

Dan ketujuh, kamera.

Kamera tidak boleh luput dari pertimbangan. Sebagai manusia yang hidup di era media sosial, kamera sebuah smartphone dituntut untuk memiliki kualitas tinggi. Setiap saat kita pasti ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau lingkungan sekitar lalu membagikannya ke media sosial seperti Facebook, Twitter ataupun Instagram. Tapi jika kualitas kamera smartphone yang kita miliki kurang mumpuni, orang-orang tidak akan menunggu-nunggu kapan kita membagikan foto terbaru. Jadi, kualitas kamera sangatlah penting agar tetap eksis. Setidaknya kamera smartphone harus beresolusi minimal 8MP dan dilengkapi dengan berbagai fitur pengeditan untuk membuat hasil tangkapan kamera bersih, jernih dan tajam.

Bicara soal kamera, baru-baru ini ASUS mengumumkan ketersediaan produk ASUS ZenFone 3 ZE520KL yang sudah lama dinanti-nantikan. ASUS Zenfone 3 ZE520KL merupakan produk smartphone berbasis Android generasi ketiga dari ASUS yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para fotografer baik pemula maupun profesional dengan spesifikasi yang sangat tinggi namun tetap dengan harga yang sangat terjangkau. Berfitur desain yang mutakhir, kamera canggih dan generasi prosesor Qualcomm terbaru, seri ZenFone 3 mendorong pengguna untuk mengeksplorasi hobi fotografi, lebih menikmati multimedia, dan melakukan makin banyak hal dengan smartphone.
ASUS ZenFone 3 ZE520KL tampak dari depan
ASUS ZenFone 3 ZE520KL tampak dari belakang

Seri ZenFone 3 tersedia dengan desain terbaru yang menggunakan material premium, teknik konstruksi baru dan detail desain yang jenius. ZenFone 3 ZE520KL punya bezel yang sangat tipis untuk mengoptimalkan screen-to-body ratio, sehingga menjadikannya sebagai salah satu smartphone tertipis dan paling kompak untuk ukurannya.

Sisi depan dan belakang ZenFone 3 ZE520KL dibalut lapisan kaca yang sangat indah namun kuat. Panelnya mendukung kontur sudut 2.5D yang merekat pada metal frame untuk menghadirkan daya genggam yang lebih baik. Sensor sidik jari pada body ZenFone 3 memungkinkan perangkat bisa dibuka dengan cepat dan ia sekaligus berfungsi sebagai otentifikasi biometrik.

 “ZenFone 3 telah menjadi sensasi global saat pertama kali diungkapkan ke publik pada Computex 2016,” sebut Juliana Cen, Country Product Group Leader ASUS Indonesia. “Untuk itu, dengan gembira kami mengumumkan bahwa lini ZenFone 3 kini telah hadir di Indonesia,” sebutnya.

Lalu, kenapa harus ASUS? Bukannya di pasaran banyak smartphone dengan spesifikasi lebih tinggi?

Ya, memang. Tapi sesuai dengan tujuh pertimbangan dasar yang dijelaskan di atas, smartphone dengan spesifikasi gahar dengan harga terjangkau sangat sulit ditemukan di pasaran. Karena itulah ASUS hadir dengan ZenFone 3 yang dibekali spesifikasi tingkat dewa dengan harga rendah dan tentu saja, didesain khusus untuk para pecinta fotografi sesuai dengan tagline-nya: ASUS ZenFone 3, Built for Photography.

Kok ngotot banget sih nyuruh milih ASUS ZenFone 3?

Tenang, tenang. Berikut ini akan gue jelaskan sebanyak 20 alasan kenapa harus memilih ASUS ZenFone 3 ZE520KL.

Ya, tentu saja yang pertama adalah kamera. Sensor kamera ASUS ZenFone 3 ZE520KL menggunakan teknologi SONY Exmor RS IMX298 dengan 16MP (kamera belakang) dan 8MP (kamera depan) yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk mendukung kegiatan fotografi. Salah satu keunggulan lainnya adalah fitur-fiturnya sangat mudah digunakan terutama untuk para pemula di dunia fotografi.




Dengan bantuan Pixel Master, kamera dengan resolusi 16MP yang tertanam di dalam ASUS ZenFone 3 ZE520KL mampu menghasilkan gambar dengan resolusi total hingga 64MB. Bayangkan ketajaman sebuah foto dengan resolusi sebesar itu, ASUS ZenFone 3 ZE520KL memungkinkan setiap pengguna mendapatkan hasil gambar setinggi itu.

ASUS ZenFone 3 ZE520KL dilengkapi lensa dengan largan 6 elemen aperture f/2.0 dan juga lensanya dilapisi kaca sehingga sangat aman. Kita tidak perlu takut saat menggunakannya untuk mengambil gambar di tempat-tempat ekstrim dan mudah terbentur.

Pernah ingin mengambil gambar tapi pada saat sudah fokus tiba-tiba seseorang mengagetkan dan gambar jadi tidak fokus lagi? Tidak perlu khawatir, berkat image stabilizer 8 arah di ZenFone 3 ZE520KL, fokus objek yang akan difoto tidak akan terpengaruh sekalipun smartphone bergerak secara ekstrim ke kiri-kanan atau ke atas-bawah maupun ke depan-belakang.

Setiap smartphone yang ada di pasaran saat ini memang sudah menggunakan kamera dengan teknologi auto-focus. Bedanya, ZenFone 3 ZE520KL mengadopsi 3 teknologi auto-focus sekaligus yaitu Auto-Focus Laser, Phase Detection AF, dan Auto-Focus continue yang memungkinkan kita untuk mengunci objek yang akan difoto sehingga kita tidak perlu takut akan ketinggalan momen langka yang tidak bisa terulang lagi. ASUS ZenFone 3 saat ini adalah satu-satunya smartphone yang memiliki tiga teknologi auto-focus dalam satu smartphone sekaligus.

High Dynamic Range atau HDR pada ZenFone 3 memungkinkan kita untuk mengambil gambar yang sama persis dengan asilnya. Biasanya, pada mode HDR jika objek yang akan difoto gelap, hasilnya akan jadi terlalu gelap dan sebaliknya jika objek yang akan difoto terlalu terang, hasilnya akan terlampau terang. Fitur HDR di kamera ZenFone 3 menyeimbangkan keduanya dan menjadikannya lebih natural, persis dengan objek aslinya.


HDR di ASUS ZenFone 3 ZE520KL


Hampir sama dengan HDR, tapi bedanya adalah fungsi Real Tone Flash akan terlihat ketika kita menggunakan flash. Flash di ZenFone 3 ZE520KL tidak berwarna kuning seperti kebanyakan flash di smartphone pada umumnya sehingga hasil gambarnya pun terlihat lebih alami dan sesuai dengan objek aslinya.

Bagi yang sering menggunakan kamera profesional atau DSLR Camera, pasti sudah tidak asing lagi dengan mode manual. Mode manual memungkinkan kita untuk mengatur komposisi objek sebelum difoto seperti mengatur kecerahan, ISO, dan lain sebagainya. Di ZenFone 3 ZE520KL pun memiliki manual mode yang berlaku sama seperti kamera digital profesional dan tentu saja dapat dioperasikan dengan lebih mudah.

Pernah melihat hasil foto slow speed seperti gambar di bawah ini?


Ya, itu adalah hasil tangkapan kamera dengan fitur slow speed yang bertumpu pada satu cahaya yang menjadi fokus. Slow speed pada ZenFone 3 ZE520KL dapat digunakan hingga 32 detik yang berarti dapat menghasilkan gambar yang lebih wow dan lebih menakjubkan dari yang hanya 2 sampai 5 detik.

Fitur low light di ZenFone 3 ZE520KL bisa meminimalisir noise pada foto yang diambil dalam cahaya minim hingga 400%. Pengguna akan sangat terbantu untuk memotret pada malam hari atau pada tempat yang minim cahaya.

Sekarang ini, kita sangat banyak menghabiskan waktu kita dengan smartphone. Kebanyakan pengguna smartphone lebih banyak melakukan aktivitas online dan chatting dari smartphone. Alasannya, smartphone lebih portable dan lebih mudah diakses, dan kebutuhan bandwidth juga tidak perlu terlalu besar. Malah, aplikasi yang terpasang di smartphone sudah lebih banyak dibanding aplikasi yang penulis pasang di komputer.

Selain itu juga sekarang streaming kebanyakan dilakukan di smartphone. Data statistik menunjukkan, jumlah pengguna YouTube mobile sudah mencapai 40% dibanding jumlah keseluruhan pengguna YouTube pada tahun 2013. Kenaikan yang signifikan ini mengakibatkan tahun ini, pengguna YouTube dari perangkat mobile juga kemungkinan sudah melewati 50%.

Kita tau bahwa konten di YouTube itu sangat banyak. Mulai dari review, unboxing, live video dan juga bahkan serial drama juga bisa tayang di sana. Karena semakin banyaknya konten video yang kita lihat di YouTube, ini mengakibatkan kita berubah kebiasaan dari yang menggunakan desktop jadi shifting ke mobile.

Kondisi ini dimanfaatkan ASUS untuk menghadirkan layar smartphone berkualitas di ASUS Zenfone 3 ZE520KL. Kualitas tersebut ditunjukkan dengan menggunakan layar berkualitas IPS+ sehingga layar akan lebih terang dari biasanya dan tentu saja lebih hemat daya.

Sesuai dengan namanya, bentang layar dari ASUS Zenfone 3 ZE520KL adalah sebesar 5.2 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi FullHD atau 1080p dengan kerapatan pixel sekitar 424 ppi. Kerapatan pixel layar ini sudah lebih dari cukup untuk menikmati konten video melalui ponsel.

ASUS ZenFone 3 ZE520KL memiliki resolusi layar Full HD 1920 x 1080 dengan Super IPS+ display dengan 178’ wide view angle dan dilengkapi dengan pertahanan layar dari Corning Gorilla Glass 3.

Layar di atas 5 inchi dengan resolusi 1920 x 1080 berarti sudah memenuhi kriteria standar untuk sebuah smartphone yang dikategorikan bagus. ZenFone 3 ZE520KL juga dibekali layar Super IPS+ 178’ wide view angle yang memungkinkan pengguna masih dapat melihat keseluruhan isi layar meskipun dimiringkan hingga 178 derajat.


Bentangan layar FullHD ini juga asik diajak gaming. Ini disebabkan kecerahan layar yang 600nits sehingga game-game grafik bagus akan terlihat sangat detail dan efek yang dihasilkan mendekati sempurna. Ditambah lagi warna yang dihasilkan oleh layar juga pas.

ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah dilengkapi dengan 3 aplikasi kamera yang makin mempercantik hasil tangkapan kamera. 3 aplikasi itu adalah…

Pixel Master

Pixel Master yang tertanam di dalam ASUS ZenFone 3 adalah versi 3.0 atau yang paling baru. Fitur-fitur unggulan yang terdapat di dalam Pixel Master 3.0 di antaranya adalah Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.

11 efek
Ya, ada 11 efek paling mutakhir yang sudah ada di dalam ZenFone 3 ZE520KL sehingga pengguna tidak perlu lagi mendownload efek kamera dari pihak ketiga.

Beautification
Mode cantik ini sangat cocok untuk pengguna yang suka selfie dan menyebut dirinya self photographer. Ada berbagai macam fitur dan efek di dalamnya yang dapat dimanfaatkan untuk menjadikan foto semakin menarik dan cantik seperti nama aplikasinya.

Desain, bahan dan warna ZenFone 3 terinspirasi dari gagasan mencampurkan kesederhanaan yang menenangkan yang merupakan sifat dari Zen, dengan keindahan alam. Hasilnya, sebuah smartphone monolithic block yang rata, dengan sudut melengkung manis yang tidak jauh lebih besar dibanding display yang ditampung, dengan profil yang sangat tipis, yakni 7,7 milimeter.

Varian warna ASUS ZenFone 3


Lebih lanjut, desain ZenFone 3 ZE520KL yang simpel, bersih dan tenang diberi aksen konstruksi kombinasi antara material aluminium dan kaca yang premium. Efeknya, secara keseluruhan, ZenFone memiliki penampilan yang indah, cerdas, yang jauh melampaui harganya yang terjangkau untuk semua.

Loh, smartphone punya otak? Tentu saja. Otak di balik performa lincah ZenFone 3 ZE520KL adalah prosesor octa-core terbaru Qualcomm Snapdragon 625. Prosesor yang sangat bertenaga ini merupakan versi pertama dari lini produk Snapdragon 600 series yang diproduksi dengan teknologi proses FinFET 14 nanometer dan ZenFone 3 adalah salah satu smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan prosesor bertenaga super ini.

Dibanding prosesor Qualcomm Snapdragon 617 terdahulu, prosesor yang digunakan pada ZenFone 3 menawarkan efisiensi energi hingga 35 persen lebih tinggi. Artinya, selain menawarkan peningkatan performa, masa aktif baterainya saat melakukan berbagai aktivitas multimedia juga menjadi jauh lebih panjang meski besaran kapasitas baterainya tetap.

Untuk kecepatan performa internet, ASUS ZenFone 3 ZE520KL memanfaatkan modem Qualcomm Snapdragon X9 LTE modem yang terintegrasi dan juga konektivitas Multi User-Multiple Input Multiple Output (MU-MIMO) berbasis Wi-Fi 802.11ac. Secara teoritis, interkoneksi Wi-Fi ini mampu menawarkan kecepatan transfer hingga 7Gbps atau 900MBps namun tetap tidak terlalu berpengaruh pada performa baterai karena didukung dengan prosesor tinggi dan kapasitas RAM yang besar.

Grafis Adreno 506 yang setara dengan performa grafis PC, dikombinasikan dengan RAM hingga sebesar 4GB mampu melengkapi kinerja tinggi yang disediakan oleh CPU. Adapun pengamanan berbasis sidik jari yang terdapat di bagian belakang smartphone mampu membuka kunci ZenFone 3 dengan lincah, hanya dalam waktu 0,22 detik.

Biasanya dalam sebuah smartphone dual-SIM jika salah satu SIM-nya menggunakan jaringan 4G maka SIM yang lainnya akan mentok pada jaringan 2G. ASUS ZenFone 3 ZE520KL memungkinkan pengguna untuk menikmati jaringan 4G dan 3G dalam waktu bersamaan.

Teknologi audio yang digunakan ZenFone 3 di antaranya adalah ASUS SonicMaster yang membuat suara jadi lebih jernih dan jelas serta 5 magnet sound chamber yang membuat suara bass 40% lebih baik. Oh iya, ada juga NoiseZero yang mampu meredam suara bising yang juga disematkan ke dalam ZenFone 3 dan semakin melengkapi kesempurnaan suara pada smartphone generasi ketiga ASUS ini.

Smartphone yang mampu merekam video 4k pastinya sangat dibutuhkan terutama bagi para pelaku pembuat video kreatif seperti Vlogger dan YouTuber. ZenFone 3 pun sudah mendukung teknologi tersebut di mana pengguna dapat merekam video hingga 60 frame per detik atau full HD.

Fitur Electronic Image Stabilizer memungkinkan pengguna untuk mengedit video langsung dari perangkat ZenFone 3 sehingga tidak perlu repot-repot lagi memindahkannya ke perangkat lain sebelum mengunggahhnya ke blog atau ke YouTube.

Fitur ini jelas tidak akan pernah bisa dimiliki oleh smartphone lain. Ditiru? Boleh-boleh saja, tapi ASUS sudah lebih dulu memperkenalkan konsep ini.
Zen UI 3.0 di perangkat ASUS ZenFone 3

Di dalam Zen UI 3.0 sendiri terdapat ratusan tema yang bisa digunakan di-custom oleh setiap pengguna ZenFone. Selain itu, terdapat beberapa aplikasi yang hanya bisa dinikmati khusus pengguna ZenFone seperti ZenCircle, ZenTalk, Mini Movie, dan Mobile Manager.

ZenCicrle adalah tempat berkumpulnya para pengguna ZenFone untuk berbagai momen-momen lucu dan seru seperti foto, video, dan sebagainya.

ZenTalk adalah tempat untuk berbagi suka-duka ataupun tips dan trik terbaru ke sesama pengguna ZenFone. Setiap member akan dengan senang hati membantu sesama pengguna ZenFone yang kesulitan dan juga berbagi tips dan trik secara gratis di forum tersebut. Hingga saat ini, tercatat sudah ada sekitar 295ribu member ZenTalk yang dikenal dengan sebutan ZenFans.

Mini Movie adalah sebuah aplikasi yang juga berguna untuk mengedit kumpulan foto menjadi sebuah video. Aplikasi ini mungkin cocok untuk digunakan di waktu luang saat sedang bersantai atau beristirahat di rumah bersama keluarga.

Mobile Manager berfungsi untuk membersihkan cache dan file-file sampah yang masih tertinggal di dalam perangkat ZenFone. Pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga karena ZenFone 3 sudah menyediakannya dan dapat digunakan secara gratis.

Selain itu, ASUS ZenFone 3 ZE520KL juga sudah didukung oleh sistem operasi terbaru dari Android yaitu Marshmallow yang membuatnya semakin kekinian.


Masih belum yakin untuk memilih ZenFone 3 setelah 20 alasan tersebut di atas? Berikut spesifikasi lebih lengkap dan harga resmi ASUS ZenFone 3 ZE520KL dalam bentuk tabel.

Spesifikasi lengkap ASUS ZenFone 3 ZE520KL

ASUS ZenFone 3 ZE520KL smartphone kelas menengah yang memberikan kesan premium. Selain itu, dengan spesifikasi kamera segahar itu, pastinya akan memberikan pengalaman fotografi yang sejatinya bisa didapatkan pada smartphone kelas atas.

Untuk ukuran sebuah smartphone kelas menengah, menurutu gue ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah mendekati kata sempurna. Masih berpikir dua kali untuk punya ASUS ZenFone 3? Oh, I dont think so.

No comments:

Post a Comment