Open

3 Trik Membuat Desain Rumah Minimalis yang Nyaman


Bagi sebagian orang, memiliki rumah dengan desain minimalis merupakan sebuah impian. Dibandingkan dengan rumah mewah yang berharga mahal, rumah kecil dengan konsep minimalis kini semakin banyak disukai oleh pembeli. Meski harganya relatif lebih terjangkau, harga jual rumah minimalis ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh fasilitas-fasilitas yang ditawarkan.

Tren rumah minimalis memang sudah booming beberapa tahun terakhir ini. Jika sedang mencari rumah untuk keluarga kecil, rumah dengan desain minimalis bisa menjadi pilihan yang cocok. Rumah minimalis biasanya terdiri dari tiga tempat tidur, ruang tamu, teras, dapur, ruang makan, dan halaman rumah yang tidak begitu luas. Meskipun terkesan kecil, rumah minimalis dinilai sangat nyaman bagi keluarga kecil dengan dua orang anak.

Nah, jika kamu tertarik untuk mendesain rumah dengan konsep minimalis, inilah beberapa trik yang harus kamu lakukan:

Satu, pilih warna yang kalem.

Warna memang memiliki peranan yang penting untuk menciptakan kesan dalam sebuah rumah. Selain berfungsi untuk mempercantik interior rumah, warna juga dapat mempengaruhi suasana hati (mood) seseorang. Kombinasi warna yang tepat dapat berpengaruh terhadap suasana hati pemilik rumah. Misalnya saja seperti penggunaan cat tembok warna hijau yang dapat memberikan kesan damai dan tenang atau warna kuning yang dapat membangkitkan perasaan ceria atau bahagia.

Jika rumah tersebut memiliki ruangan yang sempit, cobalah untuk menggunakan cat berwarna putih untuk menimbulkan kesan lebih luas. Selain itu, kamu juga dapat menyiasatinya dengan penggunaan kaca-kaca lebar dalam ruang tamu. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna ruangan dengan warna perabot-perabot yang ada. Warna yang selaras antara cat tembok, lantai, dan perabot yang ada di dalam rumah tentunya akan membuat pemilik semakin nyaman.

Dua, tentukan desain jendela yang tepat.

Selain berfungsi sebagai sarana ventilasi untuk keluar masuknya udara, jendela juga dapat digunakan sebagai komponen dekorasi interior dan eksterior. Untuk memperkuat kesan minimalis rumah, pilihlah jendela yang berbentuk simple, namun tetap unik.

Kamu dapat memilih jendela dengan bingkai kayu berukuran persegi yang  lebar. Biarkan jendela itu tampak alami dengan cara menonjolkan warna kayunya. Selain itu, kamu juga bisa memilih jendela berukuran persegi panjang yang memiliki detail ukiran atau hiasan bunga. Untuk menambah kesan minimalis, maka kamu dapat menambahkannya dengan tirai berwarna lembut seperti putih tulang, cream, atau coklat muda. Penambahan material-material yang terkesan sederhana seperti ini justru akan menambah nilai jual sebuah rumah.

Tiga, atur perabot rumah dengan tepat.

Mengatur perabot rumah memang bukan hal yang mudah. Meski begitu, sebenarnya perabot rumah dapat mendukung kesan atau desain yang ingin ditonjolkan oleh sebuah rumah. Jangan menempatkan perabot rumah yang terlalu banyak. Pilihlah perabot rumah yang benar-benar kamu dibutuhkan. Misalnya saja, di ruang tamu tidak harus diberi rak buku atau majalah jika rak tersebut tidak memiliki warna atau desain minimalis yang mendukung desain rumah tersebut.

Penempatan perabot rumah yang tidak sesuai dengan desain rumah akan membuat kesan yang tidak teratur atau berantakan. Dampaknya, tampilan interior akan menciptakan kesan yang kurang nyaman. Sebaliknya jika penempatannya tepat, tentunya ruangan akan lebih rapi dan lebih indah dilihat sehingga kesan yang ditimbulkan pun semakin nyaman.


Nah, itulah beberapa trik yang dapat kamu lakukan untuk mengatur desain rumah minimalis. Dengan menguatkan desain minimalis di rumah, otomatis harga jual sebuah rumah pun akan semakin tinggi nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat mendesain rumah nyamanmu!

No comments:

Post a Comment