Open

3 Langkah Mudah Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC dan Kipas Angin


Membeli rumah di kota-kota besar yang memiliki iklim dan cuaca yang terkenal panas membuat orang banyak berpikir untuk membuat rumah mereka tetap nyaman untuk ditinggali. Lihat saja rumah dijual di Jakarta Selatan, Surabaya, Medan, dan Makassar atau kota lain yang memiliki iklim dan suhu udara yang panas biasanya orang-orang menjual rumah yang sudah dilengkapi dengan air conditioner atau AC. Hal ini dilakukan agar rumah tidak terasa gerah, pengap, dan sumpek karena udara yang panas.

Bagi mereka yang memiliki kocek lebih, tentu saja nggak akan menemui masalah ketika di rumah mereka harus dipasang AC agar temperatur udara yang panas bisa jadi lebih sejuk. Mereka nggak akan mempersoalkan harga AC yang mahal, biaya listrik yang bertambah, juga dengan biaya perawatan AC itu sendiri. Namun, bagi mereka yang nggak memiliki biaya lebih tentu ini akan menjadi permasalahan baru.

Sebenarnya ada beberapa yang bisa dilakukan agar rumah menjadi lebih sejuk walau udara panas. Di antaranya adalah dengan membuat ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, menggunakan lantai marmer atau kayu, dan juga cara lainnya. Namun, cara tersebut tetap saja memerlukan biaya yang nggak sedikit.

Oleh karena itu, simaklah tiga cara yang dapat dilakukan agar rumah tidak panas tanpa AC dan kipas angin berikut ini…

Pertama, gunakan jendela dua lapis.

Dengan jendela dua lapis, maka sebuah ruangan akan terjaga temperatur ruangannya; tetap sejuk, dan juga segar. Kamu bisa memilih untuk menggunakan lapisan film yang dapat ditempel ke jendela. Dengan kaca film, kamu bisa dengan mudah mengaplikasikan jendela berlapis. Cara ini sangat sederhana, murah, dan juga tentu saja mudah untuk dilakukan. Tidak hanya itu, dengan kaca film, privasi kamu juga dapat terjamin. Walaupun menggunakan kaca film, kamu nggak perlu khawatir ruangan akan menjadi lebih gelap, karena dengan kaca film maka sinar matahari akan tetap masuk ke dalam ruangan tanpa membuat sebuah ruangan menjadi panas.

Kedua, buat taman di dalam ruangan.

Dengan mendesain sebuah rumah memiliki taman di bagian tengah rumah, maka rumah tersebut akan terasa lebih sejuk. Di taman tersebut kamu dapat menanam sebuah tumbuhan yang dapat membuat rumah terasa semakin sejuk. Dengan adanya tanaman di tengah rumah, sirkulasi udara yang dihasilkan tanaman juga dapat tersebar merata di dalam rumah.

Ketiga, pasang dinding Styrofoam.


Dinding Styrofoam memilik keunggulan yaitu berbiaya murah dan juga dapat menangkal suara sehingga ruangan tidak terlalu bising. Tapi, nggak cuma itu, Styrofoam juga memiliki sifat yang tidak menghantarkan panas dengan baik. Hal ini membuat dinding Styrofoam dapat menjaga suhu di dalam ruangan dengan sangat baik; apakah itu dingin atau panas. Kamu bisa memilih untuk menggunakan Styrofoam yang polos atau bermotif untuk nantinya dipasang di dalam rumah.

No comments:

Post a Comment