Open

Yang Bisa Kamu Lakukan Kalau Punya Kuku Panjang




Orangtua jaman dulu memang punya banyak pantangan-pantangan yang sekarang kita kenal dengan mitos. Salah satu contoh larangan orangtua jaman dulu adalah melarang anak-anaknya untuk memotong kuku di dalam rumah, memotong kuku pada malam hari, terlebih lagi kalau memotong kuku di dalam rumah pada malam hari. Bagi para orangtua itu hukumnya haram. Nyokap gue bisa ngomel-ngomel sampai pagi kalau gue sampai ketahuan.

Orangtua dulu selalu menghubungkan hal-hal semacam itu dengan sesuatu yang sulit dijelaskan secara ilmiah. Misalnya nggak boleh motong kuku pada malam hari karena nanti akan mimpi buruk atau liat setan. Padahal aslinya karena malam itu identik dengan gelap, takutnya salah potong dan tangan berdarah, panik, darahnya abis, mati, jadi setan. Maklum layaw, jaman dulu kan listrik belum ada, penerangan masih seadanya jadi wajarlah kalau potong kuku malam-malam bisa bikin jari berdarah akibat salah potong. Atau orangtua yang melarang kita untuk memanjangkan kuku karena katanya bisa jadi tempat persinggahan makhluk halus. Kalau orang Jawa sering menyebutnya dengan pamali. Padahal aslinya kuku jangan panjang biar nggak banyak kuman di tangan.

Tapi kamu tau nggak sih (a la acara TV), kalau kuku panjang itu bukan hanya sekadar untuk gaya-gayaan. Sebenarnya kuku panjang itu ada banyak fungsinya. Di antaranya seperti…

Pengganti sedotan aka pipet buat bolongin minuman kemasan gelas.

Untuk anak futsal pasti paham banget soal yang satu ini. Sering kali kalau main futsal, pipet atau sedotan yang disediakan di pinggir lapangan itu 97% nggak digunakan. Tinggal dicolok pake kuku yang panjang, dan minum. Habis minum setengah, gelasnya langsung dilempar. Kalau kamu nggak punya kuku yang panjang, akan jadi cukup sulit untuk membuka air minum gelas yang permukaannya datar dan licin itu. Sedangkan ngambil sedotan bakal menyita waktu apalagi kalau sedotannya masih dibungkus plastik lagi. Jadi kuku yang panjang bisa jadi alat yang sangat bermanfaat.

Selain itu dengan kuku panjang kamu bisa membuka jasa melubangi air minum kemasan gelas. Dari sana kamu bisa dapat uang, jadi kaya, naik haji, pulang-pulang bisa pamer ke tukang bubur.

Pengganti pick gitar.

Kalau lagi nongkrong sama teman-teman, biasanya gitar adalah teman yang asyik. Nah, karena sangat jarang ada yang bawa pick ketika lagi ngumpul, maka anak-anak nongkrong memanfaatkan panjangnya kuku di jari tangan sebagai pengganti pick tersebut. Coba bayangkan memetik gitar tanpa pick dan kuku yang baru saja dipotong di malam hari di dalam rumah, pasti rasanya sakit dan suara gitarnya terancam fals. Metik sayur aja kalau nggak ada kuku kadang bikin ujung jari jadi biru-biru, Broh1.

Bisa buat ngupil.

Salah satu nikmat hidup yang pernah diberikan Tuhan adalah ngupil pakai jari. Nikmatnya ngupil nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ngupil bisa dilakukan di mana saja. Taruh upilnya juga bisa di mana saja. Bahkan nggak sedikit orang yang nggak sadar ngupil dengan khidmat di depan umum, saking enaknya.

Alangkah lebih enaknya ngupil ini ketika apa yang dicari di lubang hidung bisa didapatkan dengan mudahnya. Lega banget rasanya. Seperti habis buang angin yang udah ditahan dua hari. Buang angin aja lega, apalagi ngungkapin perasaan yang sudah lama terpendam ya

Nah, enaknya ngupil dan mudahnya mendapatkan ‘sesuatu’ itu tentu saja dibantu oleh kuku (biasanya kelingking, tergantung besarnya lubang hidung juga, sih)  yang cukup panjang. Kalau kuku jari nggak panjang biasanya agak susah mendapatkan ‘sesuatu’ itu.

Sebagai alat penggaruk.

Kalau gatal di bagian punggung, biasanya kita akan sulit menggapainya. Mau nyuruh orang tapi lagi sendiri. Terpaksa pake tangan sendiri deh2. Udah digaruk tapi masih gatal karena belum “pas kena di hati” sering banget terjadi kalau nggaruknya nggak pake kuku atau benda yang tajam-tajam gimana-gitu. Ya kayak kuku ini lah.

Kadang-kadang juga, faktor panjangnya kuku juga jadi nilai tambah karena dapat menjangkau lebih jauh ke belakang dibanding kalo nggak punya kuku. Semakin kuku panjang, semakin garuknya nikmat.

WOW! Luar biasa ya ternyata fungsi kuku kita ini. jadi alat penggaruk, pengganti pick gitar dan banyak lainnya. Sayangnya ia tetap nggak bisa menggantikan dia yang sangat kamu sayang dan telah pergi dengan yang lain. Ouch!

1berdasarkan pengalaman pribadi.
2jangan berpikiran kotor.

No comments:

Post a Comment