Open

Ternyata Gampang Bikin Quote Picture




Zaman kekinian memang edan. Belum selesai “menguliti” satu barang, muncul lagi baru yang lebih edan. Belum sempat nyobain iPhone 6, iPhone 7 sudah mau rilis lagi. Belum sempat punya pacar, mantan sudah punya pacar baru lagi. Edan.

Tapi tenang, kita nggak sedang mau bahas mantan kok kali ini.

Dulu, mau bikin quote kudu ketik “quote keren” di mesin pencari Google dulu terus dikopas ke Facebook biar banyak yang like. Sekarang quote-quote keren bukan lagi dalam bentuk tulisan yang bisa di-copy-paste, tapi dalam bentuk gambar yang lebih keren dan lebih menarik. Tapi, tetap saja masih dengan gampangnya bisa di-copy-paste. Makanya sekarang setiap quote picture dikasih watermark sebagai hak kepemilikan. Jadi siapa pun yang posting quote picture itu nantinya, si empunya nggak perlu khawatir karena udah ada namanya di situ, di situ, dan di situ.

Untuk tulisan kali ini, gue mau berbagi gimana caranya bikin quote picture sendiri tanpa harus repost quote milik orang lain. Karena, sekeren-kerennya quote adalah quote bikinan dan ide sendiri. Bukan hasil copy-paste kayak Da**lan atau P**h Indonesia. Gue mau berbagi tips ini karena ngelihat banyak orang kekinian yang ngerasa keren dari hasil copy-paste karya orang lain. Udah gitu sok-sok-an tulis nama, nge-klaim kalo itu miliknya.

Karena gue suka bikin quote picture pake HP, jadi bakalan bagi tips bikin quote picture pake HP. Selama ini, gue udah bikin quote picture sebanyak… dua! Iya dua. Nggak papa, kan, daripada copy-paste? :p

Oke.

Pertama, download dulu aplikasi Photo Editor di Store masing-masing. Biar lebih gampang, pake PicsArt aja. PicsArt Photo Editor sudah tersedia untuk perangkat berbasis iOS, Android dan Windows Phone. Gratis.

Kedua, buka aplikasinya. Tampilannya bakal kayak gini.


Ketiga, pilih background. Tinggal pilih, mau langsung ambil gambar dari aplikasinya atau pilih gambar dari galeri. Bebas. Asalkan kalo kamu pilih dari galeri, pastikan kamu udah ngambil gambar buat dijadikan background. Sebagai contoh, kita pake background yang polos dulu aja. Kayak gini.
 
Ini baru background, belum jadi
Sebenarnya background ini gak sepolos yang kamu kira. Gambar aslinya sebenarnya kayak gini.
Ini meja kerja bokap

Karena gue nggak nemu background bagus, gue foto aja meja kerja bokap buat dijadiin objek. Kan bisa di-crop
 
Crop sendiri ya
Keempat, klik huruf A yang di bawahnya ada tulisan “add text” buat nulis quote kamu. Jangan lupa pilih font keren dan justified teks-nya biar nggak berantakan kayak muka mantan kamu.
 
Atur sendiri ya
Kelima, tinggal sesuaikan ukurannya sesuai keinginan kamu. Asal jangan lebih besar aja dari background-nya. Nanti susah upload-nya.

Terakhir, jangan lupa bikin watermark versi kamu sendiri biar nggak ada yang kopas dan nge-klaim sebagai miliknya. Tips watermark: jangan taruh watermark di pojok gambar karena gampang di-crop lagi. Taruh di bawah tulisan atau di tempat yang nggak mungkin untuk di-crop.
 
TADAAAA!!!
Selesai.

Jadi kesimpulannya, bikin quote picture itu gampang. Yang susah itu merebut hati calon mertua. Gitu. Selamat mencoba!

Dan, selalu ingat tulisan di quote yang gue bikin:

"Sekeren-kerennya quote, adalah quote bikinan sendiri." - N Firmansyah. 
 

No comments:

Post a Comment