Open

Penulis Hebat Bersahabat Versi Gue



Berbicara tentang penulis hebat, sudah ada ratusan ribu bahkan jutaan di Indonesia. Kehebatannya itu, menurut gue relatif. Mereka hebat pada bidangnya masing-masing. Ada yang hebat menulis fiksi, ada yang hebat menulis non-fiksi, dan ada yang hebat menulis keduanya.

Kali ini gue mau berbagi tentang penulis-penulis hebat yang bersahabat versi gue.


VINDY PUTRI


Kalo penulis yang ini mungkin gak terlalu banyak dikenal orang. Ya, mungkin karena dia nggak pernah pasang poster atau baliho di pinggir jalan, jadi nggak terkenal. Tapi soal karya, Vindy udah bikin banyak banget buku untuk cewek seusianya. Buku-buku karyanya yang gue tau adalah Ikunenmo, Hasrat Terdalam, Nek Klewek, Pesona Si Minah, Barbore Si Cabe Rawit (mungkin adeknya si cabe-cabean), dan Pelukan yang Tak Lagi Ada. Banyak kan? Pasti gak bisa dihafal dalam sekali liat. Bukan karena terlalu banyak, tapi judulnya susah-susah.

HARDY ZHU


Kalo yang ini... dia senior gue di kampus. Yang gue tau, dia baru jadi penulis sejak setahun lalu tapi buseetttt... sekarang udah hampir jadi buku ketiganya—Angela. Sebelumnya gue baca bukunya yang Cooklas dan Beda Tapi Cinta.

JACOB JULIAN

Nah, kalo bahas penulis yang nge-fans sama Real Madrid ini gue jadi lebih semangat. Gue nggak tau ya, tapi gue suka banget tekhnik-tekhnik penulisan bapak #SkepticTank yang satu ini. Imajinasinya—yang nggak terlalu ditonjolkan—bikin gue bisa berimajinasi lebih tinggi dari yang diharuskan karyanya. Bleeding Survivor adalah buku yang paling suka gue baca dari Jacob.

DION YULIANTO

Kalo Mas Dion, mungkin fokusnya dia adalah lebih banyak ke membaca dan mengedit. Yang gue tau, dia masih sementara dalam tahap menyelesaikan buku pertamanya. Mungkin terlalu sibuk me-review dan mengedit tulisan orang sehingga karyanya sendiri terbengkalai. Kalo diibaratkan, dia kayak Farhat Abbas. Suka ngurusin urusan orang, tapi nggak mau urusannya diurusin orang. Pft...

FITRAWAN UMAR

Kalo Fitra, dia penulis senior yang ya... emang bener, dia baik hati. Sayangnya, gue kayaknya belum pernah baca buku hasil tulisan tangannya deh. Tapi, gue tau dia hebat waktu ada festival menulis se-Indonesia yang diadakan di Ubud, Bali 2013 kemarin. Saat itu, Fitra diundang sebagai tamu kehormatan bersama Bernard Batubara dan banyak penulis hebat lainnya.

NOEY MOORE

Kalo nyari penulis yang konsisten, inilah orangnya. Sekadar info, dia pernah jadi finalis Miss Indonesia tahun dua ribu.... *mikir keras...* dua ribu... aduh lupa. Pokoknya pernah deh. Cari aja di Google. Cewek tjantik yang biasa dipanggil Iyen sama followers-nya ini buku pertamanya Almost Twilight, lalu Beyond Twilight, dan yang baru-baru ini terbit, Dark Twilight. Mungkin kalo buku keempatnya keluar, judulnya Always Twilight. Twilight addicted nih!

EDI AKHILES

Nah, kalo kalian penulis tapi nggak kenal Edi Akhiles, ke laut aja dulu berenang, kali aja dijepit kepiting.
Beliau ini (dipanggil beliau karena udah tua) CEO-nya Diva Press Group, penerbit mayor yang hobi banget ngadain lomba menulis. Hampir setiap saat ada lombanya dan hadiahknya nggak tanggung-tanggung. Mulai dari free ongkir buku gratis sampai free UMROOOHHHH..... ini kan, gila!

Nah, sekarang udah gue certain hebatnya. Terus bersahabatnya di mana?

Kesemua penulis di atas tadi, gue sering banget kontekan dengan mereka. Entah via email, Twitter, SMS, dan media lainnya. Gue sering bertanya, konsultasi soal tulisan-tulisan gue dan hal-hal mengenai sastra lainnya. Dan, mereka selalu merespons dengan ramah. Jadi, buat yang mau jadi penulis hebat juga (gue bakal nyusul, aminin aja), silakan pedekate sama mereka-mereka itu dulu. See ya!

10 comments:

  1. Dari semua yang disebutin, gue kenalnya sama yang terakhir, sama Pak Edi meski kenalnya lewat dumay aja. Perjuangannya beliau itu loh yang selalu ngedukung anak-anak muda biar berkembang...gila banget. Ga pelit ngasih ilmu, ramah juga. Empat jempol dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kenal Pak Edi di dumay kok. Tapi orangnya emang welcome ke siapa aja :)

      Delete
  2. wah.. pengen deh seperti penulis2 hebat diatas.

    ReplyDelete
  3. wah, referensi yang bagus nih. Saya suka sama Mira W hehe

    ReplyDelete
  4. dari sekian yang disebutkan Cuma Pa' Edi Akhiles doang yang saya kenal, beliau memberi kesempatan bagi penulis-penulis pemula yg ingin berkarya :)

    ReplyDelete
  5. wih..
    yang dikenal lumayan banyak ya..
    Lah aku sendiri cuma "tau" sama pak Edi,
    buat komunikasi gitu rasanya gak berani deh -_-
    apa lagi tentang nulis,
    ya, walaupun sampe saat ini udah pernah 7 kali ikutan jadi kontributor dalam buku antologi cerpen, tapi tetep aja gak pernah punya nyali untuk ikutan event nulis yg sering beliau adakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja dulu. Pak Edi orangnya welcome ke siapa aja yang punya niat nulis kok.

      Delete