Open

Kenapa Indonesia Kalah?




Tanda tanya besar ini muncul setelah Indonesia takluk 0-1 dari Thailand pada partai final cabang sepak bola Sea Games ke-27 Myanmar 2013 tadi malam. Kabar yang beredar, terakhir kali Indonesia meraih emas di cabang sepak bola adalah sebelum Negara Api menyerang. Kesimpulan dari kacamata gue, Indonesia kalah karena mereka nggak dilatih Maradona belajar dari kesalahan.


Sebelumnya, di babak penyisihan grup, Indonesia kalah telak 1-4 juga dari Thailand. Dari kekalahan itu, harusnya Indonesia bisa berbenah. Tapi pada kenyataannya, unggul ball possession nggak bisa bikin Indonesia menang. Berikut, gue punya beberapa alasan yang sebaiknya nggak usah dipercaya.

SATU. BERMAIN DI BAWAH TEKANAN.
Sejak awal pertandingan, Indonesia mencoba menekan namun selalu gagal sebelum masuk ke kotak penalti Thailand. Kata komentator, Indonesia bermain di bawah tekanan. Ini kan, kurang bener kalo menurut gue. Seharusnya yang bermain di bawah tekanan itu, Thailand. Mereka harus bisa mempertahankan kemenangan besar mereka dari Indonesia di pertemuan pertama.

DUA. SALAH FORMASI.
Pola permainan yang sama ditunjukkan Indonesia seperti saat dikalahkan Thailand juga di babak penyisihan. Mengandalkan penguasaan di lini tengah dan mendorong bola ke arah sayap dan… gagal.

TIGA. MALAYSIA JUGA KALAH.
Sebagai kawan yang baik, Indonesia kalah dari Thailand karena di pertandingan lain, perebutan perunggu, Malaysia juga kalah dari Singapura. Jadi, Indonesia juga mengalah biar senasib sependeritaan, gitu.

EMPAT. STASIUN TV GAK KOMPAK.
Kalo ada yang mindahin channel TV pas pertandingan sedang berlangsung, ternyata pertandingan ini disiarkan di dua TV Nasional. SCTV dan TVRI. Gak kompak banget. Ini kan bikin penonton pusing, mau nonton FTV atau Upin Ipin…

LIMA. KOMENTATORNYA GAK GAUL.
Tadi malam, gue nggak denger sama sekali komentator neriakin “Jebreettt!” atau pun “Ahay!”. Gak gaul banget.

ENAM. KORUPTOR MASIH BANYAK.
Oke. Mungkin yang ini nggak ada hubungannya sama kekalahan Indonesia tadi malam. Oke.

3 comments:

  1. Sumpah bikin gw ngakak baca postingan ini ;-)

    ReplyDelete
  2. Sambarang tong... Hahaha tapi asik tawwa. :")

    ReplyDelete
  3. ahahahhaha ,,, tak ada "ahahai hampir saja bung" komentator kemarin harus berguru tuh dengan komentator Stasiun tv sebelah :)

    ReplyDelete