Open

Aku Anak Sekolah!



 
FOTO: TEMAN SEKOLAH GUE
Pagi tadi, gue terpaksa bangun pagi seperti anak sekolahan padahal gue masih libur. Semua demi nganter adik gue terkampret ke sekolahnya yang sebenarnya dia bisa aja jalan kaki. Gue sempat bilang, “Bukannya lo masih libur?” dengan nada yang fals. Dia malah membalas ucapan gue lewat sms yang isinya kayak gini:



Gue tiba-tiba jadi seperti kena hipnotis. Mata gue langsung melek dan kantuk hilang entah ke mana. Dengan iming-iming uang jajan yang dibagi dua gue akhirnya mau nganterin adek gue ke sekolah setelah ngecek dompet dan ternyata isinya sisa SIM dan KTP gue.

Tapi sebenarnya bukan itu. Bukan.

Sampai di sekolahan, tepat di depan pagar sekolah adek gue, banyak banget anak sekolahan yang nongkrong di luar area sekolah padahal gue liat jam, udah jam delapan lewat. Gue jadi teringat something. Something I wanna tell #tsah!

Pertama, hari pertama masuk sekolah setelah libur semester itu sebenarnya bikin galau. Beberapa kelas nggak langsung terjadi proses belajar-mengajar. Biasanya siswa cuma datang, bengong lalu pulang. Guru-guru yang datang baru beberapa. Kalau pun datang, nggak ngajar, numpang eksis doang.

Kedua, siswa dan siswi gue yakin sudah tau tentang itu. Itu sudah menjadi rahasia umum. Anehnya, mereka tetap datang (meskipun nggak semua).

Kesimpulan sementara gue, mereka-mereka yang masuk sekolah di hari pertama itu adalah mereka yang udah nggak sabar pengen ketemu gebetan atau pacar mereka setelah libur sekian lama. Tapi biasanya dalam suasana kayak gitu bukan isi kelas yang ramai, tapi belakangnya.

Ada juga yang saling curi-curi pandang. Senyum-senyum sendiri dan nggak sadar nabrak tembok. Tapi saking senangnya karena senyumnya dibalas sama doi, sakitnya nggak terasa walaupun jidatnya memar.
Dan perhatikan aja. Yang nggak masuk sekolah di hari itu cuma ada dua jenis. Yang pertama yang nggak (atau belum) punya pacar, dan yang kedua yang cintanya bertepuk sebelah tangan alias disalip sama temannya. Percaya aja, gue pernah ngalamin kok.

No comments:

Post a Comment